Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pebisnis Kecil Ternyata Bisa Gunakan Blockchain, Ini 4 Manfaatnya

Di tengah hiruk pikuk perkembangan teknologi, blockchain akan sangat berguna bagi bisnis kecil sebagai cara untuk melakukan transaksi atau bahkan mendapatkan tambahan modal.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  15:23 WIB
Platform blockchain global Ethereum adalah yang pertama memperkenalkan kontrak pintar ke komunitas kripto.  - ethereum.org
Platform blockchain global Ethereum adalah yang pertama memperkenalkan kontrak pintar ke komunitas kripto. - ethereum.org

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini sebagian besar pemilik bisnis kecil tengah gencar mencari efisiensi dan cara yang lebih baik untuk melayani pelanggan.

Di tengah hiruk pikuk perkembangan teknologi, blockchain akan sangat berguna bagi bisnis kecil sebagai cara untuk melakukan transaksi atau bahkan mendapatkan tambahan modal.

Sementara masih ada pebisnis kecil yang beranggapan bahwa teknologi ini hanya dapat diakses oleh perusahaan yang cukup besar untuk membayar pengembang mahal, biaya untuk memasukkan teknologi blockchain ke dalam operasi bisnis kecil ternyata tidak semahal yang Anda bayangkan.

Dilansir melalui Entrepreneur, teknologi blockchain bukan hanya untuk bisnis daring atau digital-first businesses saja.

Restoran, gym, salon kecantikan, toko roti, dan kategori bisnis kecil lainnya yang mengandalkan ruang fisik dapat mulai menggunakan blockchain hari ini.

Mari kita lihat beberapa manfaat yang diberikan blockchain kepada para wirausahawan yang ingin membawa bisnis mereka ke level berikutnya:

1. Memperkenalkan bentuk pembayaran baru.

Hal pertama yang dapat dilakukan bisnis untuk mengadopsi teknologi blockchain adalah menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran.

Ada beberapa keuntungan bagi bisnis ketika mereka menerima mata uang blockchain.

Pelanggan dapat melihat bentuk pembayaran ini sebagai kesediaan untuk memperluas layanan Anda. Cryptocurrency juga memungkinkan bisnis untuk secara langsung berurusan dengan pelanggan, yang mengurangi biaya transaksi.

Keuntungan besar lainnya dari blockchain adalah pembayaran bersifat permanen dan tidak dapat diubah, membuat pelanggan tidak punya pilihan selain menghubungi bisnis secara langsung jika mereka menginginkan pengembalian dana.

2. Blockchain menyediakan penyimpanan cloud yang lebih aman dan lebih murah.

Bisnis dan pengguna pribadi menghabiskan lebih dari US$20 miliar setiap tahun untuk penyimpanan cloud. Aplikasi penyimpanan blockchain memungkinkan pengguna, termasuk bisnis kecil, untuk menyimpan data dengan cara yang aman dan dengan harga yang wajar, tanpa mengorbankan keamanan data atau pengeluaran berlebihan.

3. Bisnis dapat memanfaatkan smart contracts.

Bisnis dapat menggunakan blockchain untuk kontrak pintar (smart contracts), yang pada dasarnya adalah kontrak yang dapat diverifikasi dan diberlakukan sendiri.

Contoh kontrak pintar itu di antaranya sewa komersial, perjanjian dengan vendor atau pemasok, dan bahkan kontrak karyawan. Kontrak pintar menawarkan bisnis kecil tingkat perlindungan yang tidak akan pernah mampu mereka beli.

Platform blockchain global Ethereum adalah yang pertama memperkenalkan kontrak pintar ke komunitas kripto, dan dianggap sebagai salah satu platform yang lebih maju untuk pengkodean dan pemrosesan kontrak pintar.

4. Bisnis dapat menggunakan blockchain untuk menambah modal.

Teknologi blockchain memberi pemilik bisnis metode alternatif untuk meningkatkan modal melalui initial token offerings (ITOs).

Sebagai alternatif dari penggunaan bank tradisional, pemberi pinjaman, perusahaan ekuitas swasta, dan bahkan situs crowdfunding, ITO adalah token yang tersedia untuk pertukaran tempat mereka dapat berdagang dengan bebas. Token ini sebanding dengan ekuitas atau bagi hasil di perusahaan biasa.

Blockchain telah memperkenalkan cara baru untuk membangun kepercayaan. Alih-alih dilihat sebagai cara bagi individu untuk merahasiakan transaksi mereka, orang-orang mulai melihat nilai teknologi blockchain dan cryptocurrency di bidang privasi dan keamanan.

Pelanggan yang memahami manfaat blockchain cenderung secara serius mempertimbangkan untuk membeli dari bisnis yang memanfaatkan teknologi ini, dan bisnis kecil dapat menggunakan ini dalam strategi pemasaran mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm go online cryptocurrency blockchain
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top