Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tanda Gagasan Bisnis Kurang Bagus

Perusahaan besar seperti Uber, Airbnb, Bitcoin, bahkan Amazon juga pernah dilanda masalah karena ide yang ambil tidak tepat. Dan maka dari itulah mengapa Anda harus menggali lebih dalam akan ide itu terlebih dahulu.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  13:37 WIB
Pebisnis pemula. Anda mungkin memiliki ide cemerlang di atas kertas, tetapi secara pribadi tidak menimbulkan apa-apa pada diri Anda sendiri.   - syruptrap.ca
Pebisnis pemula. Anda mungkin memiliki ide cemerlang di atas kertas, tetapi secara pribadi tidak menimbulkan apa-apa pada diri Anda sendiri. - syruptrap.ca

Bisnis.com, JAKARTA — Tidak peduli butuh berapa banyak modal, ide merupakan hal terpenting untuk berbisnis. Gagasan bisnis menjadi topik sensitif karena setiap perusahaan memiliki ide berbeda-beda untuk menjadi gairah bisnis mereka.

Melansir dari Entrepreneur, Jumat (7/5/2021), perusahaan besar seperti Uber, Airbnb, Bitcoin, bahkan Amazon juga pernah dilanda masalah karena ide yang ambil tidak tepat. Dan maka dari itulah mengapa Anda harus menggali lebih dalam akan ide itu terlebih dahulu.

Berikut adalah empat tanda negatif sebuah ide atau gagasan bisnis.

1. Ide tidak orisinal dalam bidang yang sangat kompetitif

Akuntansi adalah bidang kewirausahaan yang sangat sulit untuk berhasil di Inggris. Sesuai dengan Kantor Statistik Nasional, ada lebih dari 43.000 bisnis terkait dengan akuntansi yang terdaftar di Inggris pada 2019. Dan jumlahnya terus bertambah.

Praktik akuntansi gagal atau tidak pernah berhasil karena tidak menawarkan sesuatu yang orisinal di bidang yang penuh sesak. Praktik yang berhasil itu karena terus berinovasi di bidang yang tidak mudah untuk inovasi. Jika harus memasuki bidang yang tersumbat, setidaknya cobalah menawarkan sesuatu yang sangat unik.

2. Terlalu banyak waktu yang dibutuhkan untuk produk layak minimum (MVP) dalam startup teknologi.

Teknologi adalah bidang bisnis yang sulit. Gelembung teknologi menunjukkan tanda-tanda meledak, dan arena didominasi oleh segelintir konglomerat Facebook, Alphabet, Apple, dan lain-lain. Tidak butuh waktu lama bagi Facebook untuk menemukan pesaing startup Clubhouse, jejaring sosial berbasis suara yang ramai yang disebut Twitter.

Ini terjadi berkali-kali di bidang teknologi seperti Instagram menyalin cerita Snapchat, yang kemudian disalin oleh LinkedIn. Spotify dan TikTok berhasil melawan upaya untuk menyalin fitur mereka.

Pada saat Facebook dan Twitter mulai menyalin Clubhouse, jejaring sosial baru tersebut sudah memiliki 10 juta pengguna, berkat beberapa nama besar pengguna awal. Tetapi kemampuan Clubhouse untuk bertahan dalam permainan tergantung pada seberapa cepat ia dapat berinovasi dan menambahkan fitur inti ke produknya untuk mempertahankan dan memperluas basis penggunanya.

Jika ide startup teknologi Anda membutuhkan terlalu banyak waktu untuk mengeluarkan MVP atau mengulangi peningkatan, pertimbangkan untuk memperkuat tim pengembangan inti untuk memberikan kaki ide bisnis.

3. Ide membuat bosan

Anda mungkin memiliki ide cemerlang di atas kertas, tetapi secara pribadi tidak menimbulkan apa-apa pada diri Anda sendiri. Itu adalah bendera merah paling merah. Jika Steve Jobs mengajari kita sesuatu, kesuksesan sebuah perusahaan sangat bergantung pada orang yang memimpin.

Akan tetapi penting untuk dicatat bahwa umpan balik negatif dapat berdampak buruk pada ide bisnis yang sehat. Jika Anda ragu tentang sebuah ide bisnis, simpan untuk diri Anda sendiri sampai Anda membuat keputusan yang kuat tentang apakah ingin mengejarnya atau tidak. Jika tidak, umpan balik negatif orang lain mungkin meracuni gagasan sebelum Anda melanjutkan.


4. Ide kereta musik

Ide kereta musik sulit dilakukan kecuali Anda memiliki banyak sumber daya langsung.
Yang saya maksud dengan ide kereta musik adalah ide bisnis berdasarkan sensasi terbaru. Hoverboards adalah contoh yang bagus. Masker Covid-19 adalah satu lagi.
Untuk ide-ide tersebut pengusaha melihat celah di pasar dan kemudian menerkam. Ini sulit untuk dicapai dengan baik kecuali Anda memiliki banyak modal langsung untuk diinvestasikan atau selebriti yang dipanggil untuk meningkatkan penjualannya.

Ide kereta musik sangat bagus untuk mendapatkan uang dengan cepat. Maka berinvestasilah dengan keras, dapatkan laba atas investasi Anda, lalu keluar. Tapi mereka biasanya bukan pilihan bijak untuk usaha wirausaha jangka panjang.

Ide bisnis orang sangat beragam seperti kreativitas pribadi mereka. Tetapi ide bisnis yang sukses harus selalu melakukan hal berikut:

-Memenuhi kebutuhan pasar atau memecahkan masalah.

-Bersikap relatif atau mudah didanai.

-Bersikaplah kompetitif.

-Relatif cepat untuk dieksekusi dibandingkan dengan pesaing.

-Jadilah sesuatu yang menjadi minat wirausahawan.

-Ide bisnis tidak harus sempurna agar bisnis berhasil, tetapi sebagian besar harus terdengar di pasar. Mengingat hal itu, tergantung pada kecerdasan wirausaha, kemampuan memecahkan masalah, dan dedikasi untuk mendapatkan ide.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneurship inovasi model bisnis gagasan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top