Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ide Bisnis Menggiurkan Jelang Lebaran ini Bisa Anda Coba

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Biasanya, menjelang Lebaran dihabiskan dengan kegiatan konsumtif, seperti belanja bahan makanan hingga baju lebaran. Namun, momentum lebaran juga dapat menjadi lahan bisnis yang menggiurkan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  15:05 WIB
Katering. Banyak orang yang malas masak untuk sahur, sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.   - Bisnis.com
Katering. Banyak orang yang malas masak untuk sahur, sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Biasanya, menjelang Lebaran dihabiskan dengan kegiatan konsumtif, seperti belanja bahan makanan hingga baju lebaran. Namun, momentum lebaran juga dapat menjadi lahan bisnis yang menggiurkan.

Apalagi dengan adanya larangan mudik Lebaran yang membuat banyak orang tidak dapat bersilaturahmi secara langsung di satu sisi, dan di sisi lain membuka peluang bisnis.

Berikut beberapa ide bisnis menggiurkan jelang Lebaran seperti dilansir Shopback, Senin (10/5/2021).

1. Kue Kering

Kue kering tidak pernah absen dibeli, sehingga sangat identik dengan Lebaran. Nastar, kastangel dan kue-kue kering lainnya menjadi peluang bisnis yang paling banyak diminati oleh pebisnis kuliner karena tingginya permintaan menjelang lebaran. Ketika menjalankan bisnis kue kering, pastikan untuk memberikan nilai jual yang unik, agar bias dilirik konsumen di tengah ramainya penjualan kue kering.

2. Kreasi Kartu Ucapan Lebaran

Selain menjadi hidangan di rumah, kue Lebaran juga diberikan untuk sanak keluarga dan biasanya diiringi dengan memberikan kartu ucapan lebaran. Bagi Anda yang memiliki hobi gambar atau lettering, kesempatan ini bisa Anda manfaatkan dengan membuat custom kartu Lebaran agar terlihat berbeda dari yang dijual di toko atau supermarket.

3. Bisnis Parsel

Bisnis parsel menjadi salah satu yang mengalami lonjakan permintaan menjelang Lebaran. Apalagi di musim pandemi seperti ini, parsel sangat cocok diberikan kepada sanak saudara atau rekan kerja. Tanpa keahlian khusus, Anda bisa menawarkan berbagai variasi isi parsel, misalnya parsel kue kering, parsel buah dan sebagainya.

4. Katering Khusus untuk Sahur dan Katering Hidangan Khas Lebaran

Anda suka memasak? Maka membuka katering adalah pilihan terbaik. Banyak orang yang malas masak untuk sahur, sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Tidak berhenti di situ saja, Anda bisa melanjutkan bisnis ini ketika hari Lebaran tiba. Anda bisa menawarkan paket menu Lebaran bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan hidangan Lebaran. Ditambah lagi, saat Lebaran banyak warung makan atau restoran tutup, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan pesaing Anda.

5. Jasa Bersih-bersih Rumah

Di hari Lebaran, biasanya banyak ART yang mudik ke kampung halaman. Anda bisa memanfaatkan momen ini, dengan membuka jasa bersih-bersih rumah. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengajak teman-teman Anda yang mau ikut dalam bisnis ini. Anda juga harus professional dan bertanggung jawab, agar jasa Anda dipilih oleh pelanggan.

6. Jasa Penukaran Uang

Permintaan penukaran uang sangat tinggi menjelang Lebaran. Tidak heran, bank pun biasanya ramai dengan orang-orang yang ingin melakukan penukaran uang. Mereka yang tidak memiliki waktu untuk antre, lebih memilih untuk mencari penyedia jasa penukaran uang. Inilah kesempatan Anda untuk terjun dalam bisnis tersebut. Jasa ini bisa Anda pasarkan melalui media sosial, atau berjejeran di tepi-tepi jalan.

7. Jasa Suster dan ART Infal

Saat musim Lebaran, tentu banyak keluarga yang ditinggal ART untuk pulang kampung. Jika Anda punya banyak kenalan suster maupun ART, Anda bisa berkoordinasi untuk bisnis jasa infal. Jasa infal atau ART sementara ini merupakan jasa yang kerap di cari setiap musim Lebaran. Tidak heran jasa infal ini menjadi lading bisnis yang subur.

8. Kuota Internet

Adanya pembatasan sosial dan larangan mudik dari pemerintah, membuat masyarakat menggunakan teknologi, sebagai pengganti bersilahturahmi secara langsung, dengan video call dan menelepon. Kegiatan video call dan menelepon tentu membutuhkan kuota internet sehingga bisnis berjualan kuota internet menjadi lading bisnis yang menjanjikan. Apalagi menjalankan bisnis ini sangat mudah, dan tidak memerlukan modal yang besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha penukaran uang Larangan Mudik Lebaran
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top