Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Beli Bisnis Franchise

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulainya.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 Juni 2021  |  14:00 WIB
Ilustrasi franchise
Ilustrasi franchise

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis waralaba akhir-akhir ini meningkat pesat.

Mengutip dari KBBI, franchise atau juga disebut waralaba merupakan tipe bisnis yang dimiliki dan dijalankan oleh individu-individu yang berbeda tetapi memiliki nama merek yang sama, sehingga merek tersebut terlihat sangat besar dan tersebar dimana-mana.

Menjadi pemilik waralaba baru lebih terjamin dibandingkan membangun bisnis sendiri. Hal ini dikarenakan Anda memiliki merek yang kuat dari perusahaan mapan di belakang Anda. Sebagai pemegang waralaba, Anda mendapat manfaat dari produk atau layanan yang sudah dikenal dan digunakan oleh pelanggan.

Di mata pelanggan, mendatangi Anda sebagai gerai baru kurang berisiko karena pelanggan sudah terbiasa dengan apa yang telah disediakan merek tersebut. Terlepas dari keuntungan ini, memulai waralaba baru tentu memiliki tantangan.

Berikut adalah beberapa saran bagi pemilik waralaba baru untuk membantu mereka mendapatkan jalur dengan usaha baru mereka, melansir dari situs Score, Rabu (6/2/2021).

1. Kenali Pasar Anda

Meskipun Anda tidak perlu memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai pebisnis dalam industri yang Anda pilih, penting untuk memiliki kesadaran akan pasar yang Anda masuki. Bagi sebagian orang, ini bisa datang dari waktu yang dihabiskan untuk bekerja di tingkat yang lebih rendah dalam industri pilihan Anda misalnya, sebagai barista daripada pemilik kafe.

Jika Anda tidak memilikinya, sebaiknya bicarakan dengan pemilik waralaba lain untuk merasakan industri ini dan bagaimana waralaba baru Anda cocok dengannya. Menyadari lanskap pasar sangat penting untuk memiliki bisnis yang sukses.

2. Pilih Lokasi Anda dengan Hati-hati

Seperti halnya bisnis bata dan mortir, lokasi yang tepat adalah kunci untuk waralaba Anda. Apakah Anda tahu di bagian kota mana Anda harus membangun bisnis Anda? Pemilik waralaba Anda mungkin dapat membantu memilih lokasi yang ideal untuk bisnis Anda agar dapat berkembang.

3. Pastikan Anda Memiliki Tim yang Baik di sekitar Anda

Jika Anda memutuskan untuk memulai waralaba yang akan melibatkan lebih dari satu orang, Anda harus mengawasi perekrutan dengan cermat. Sebagai penerima waralaba, pemilik waralaba Anda dapat membantu Anda dengan pelatihan karyawan baru — ini harus menjadi bagian dari biaya waralaba Anda.

Manfaat utama memiliki karyawan dan tim dalam waralaba Anda adalah bahwa orang yang berbeda dapat menyumbangkan keterampilan yang berbeda untuk bisnis. Hasilnya, Anda akan dapat menyatukan pikiran dan mencapai tujuan yang Anda inginkan untuk waralaba Anda dengan bantuan orang lain yang memiliki keahlian yang bervariasi dan saling melengkapi.

4. Pilih Dari Mana Anda Mendapatkan Keuangan Anda dengan Hati-hati

Tidak selalu mudah untuk mengamankan pembiayaan waralaba. Sementara setiap peluang waralaba akan datang dengan biaya waralaba, jumlah pastinya bisa sangat bervariasi. Dalam beberapa keadaan, pemilik waralaba Anda akan meminta Anda untuk membayar dengan jumlah penuh di awal, sedangkan yang lain memungkinkan Anda untuk membayar sebagian di muka, dan membayar sisa biaya di periode yang lebih lama.

Beberapa bank menawarkan pembiayaan waralaba tetapi sangat penting untuk membaca persyaratan dengan sangat hati-hati. Apakah Anda menggunakan uang dari saku Anda sendiri, membuat kesepakatan dengan pemilik waralaba, atau mencari dana dari bank, pastikan Anda sepenuhnya mengetahui syarat pembayaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba franchise
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top