Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta Sundar Pichai, Bos Google yang Hobi Bangun Siang

Sundar Pichai sudah menjadi CEO Google sejak tahun 2015 dan memimpin perusahaan induknya, Alphabet pada 2019 lalu.
Sundar Pichai/populix.co
Sundar Pichai/populix.co

Bisnis.com, SOLO - Nama Sundar Pichai bisa jadi masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, ia memiliki peranan yang begitu besar di balik mesin pencari Google.

Bagaimana tidak? Pemilik nama asli Pitchai Sundararajan ini adalah seorang bos dari perusahaan multinasional Google. Diketahui, sebelum menempati posisi yang strategis di perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin itu ia adalah kepala manajemen dan pengembangan produk.

Pada tahun 2012, lelaki kelahiran Tamil Nadu ini lalu diangkat menjadi wakil presiden senior di Google. Dua tahun berselang, ia lalu didapuk sebagai kepala produk di Google dan sistem operasi smartphone Android.

Kiprahnya tak hanya sampai di situ, pada tahun 2014, Pichai juga telah membantu menegosiasikan kesepakatan Google senilai USD3,2 miliar untuk mengakuisisi Nest Labs. Keberhasilannya dalam menangani sejumlah proyek besar di Google lantas membuatnya menjadi CEO pada tahun 2015.

Nah, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Pichai.

1. Tinggal di rumah bersama penyewa

Dikutip dari Tempo, Pichai mengatakan bahwa dahulu ia tinggal di rumah sederhana bersama dengan seorang penyewa. Dirinya bahkan kerap tidur di ruang tamu.

"Ada kesederhanaan dalam hidup saya, yang sangat bagus dibandingkan dengan dunia saat ini. Kami tinggal di rumah sederhana, bersama dengan penyewa. Kami akan tidur di lantai ruang tamu,” katanya.

2. Gemar bermain kriket di jalanan

Selain suka membaca, Pichai ternyata juga gemar bermain kriket.

"Saya punya banyak waktu untuk membaca. Saya banyak memproses. Saya membaca apa pun yang bisa saya dapatkan. Saya membaca karya Charles Dickens. Bermain kriket jalanan, membaca buku—itu adalah totalitas kehidupan [saya],” ucapnya, dikutip dari Tempo.

3. Diperebutkan oleh Microsoft

Dilansir dari timesnownews.com, Pichai terpilih sebagai pesaing CEO Microsoft pada 2014. Kala itu, ia berencana bekerja untuk Microsoft, kecuali jika Google mau mempertahankannya dengan menjanjikan saham senilai USD50 juta per tahun.

4. Hobi bangun siang

Siapa yang menyangka bahwa Sundar Pichai memiliki hobi unik, yaitu bangun siang. Namun, bangun siang untuk ukurannya adalah pukul 06.30-07.00 pagi.

5. Menyendiri sehabis bangun tidur

Setelah bangun pagi, Sundar Pichai biasanya memilih untuk menyendiri dengan membaca koran maupun minum teh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper