Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Pemilik Akang Group, Bawa Jajanan Aci Naik Kelas

Seiring berjalannya waktu, bisnis Baso Aci Akang makin berkembang bahkan Dandi mulai mencoba mengembangkan bisnis baru di luar Baso Aci Akang
Mokhammad Dandi Sepsaditri dan keluarga
Mokhammad Dandi Sepsaditri dan keluarga

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda pecinta kuliner Indonesia, tentunya sudah tak asing mendengar kata Aci bukan? Aci merupakan kuliner asli dari Garut Jawa Barat, berbahan dasar tepung kanji dan diolah menjadi aneka ragam makanan seperti cireng, cimol, cilok dan lainnya.

Pada tahun 2018  Mokhammad Dandi Sepsaditri yang kerap disapa Dandi memberikan sentuhan kecil terhadap dunia kuliner nusantara dengan melakukan inovasi makanan yakni Bakso yang terbuat dari olahan tepung Aci.

Siapa sangka, dari langkah kecil tersebut lahirlah brand Baso Aci Akang yang kini telah memiliki lebih dari 100 cabang dan akan terus bertambah sehingga menjadikan Aci lebih dikenal hingga ke pelosok Indonesia.

Waktu awal memulai, dia memulai bisnis Baso Aci Akang di kawasan perumahan Islamic Village Tangerang dengan menggunakan etalase bekas jualan orang lain dan meminjam dua meja tetangga , masih sewa di tempat seadanya.

"Ya pokonya yang penting bersih, bisa jualan, ya itu aja dulu," tuturnya.

Bahkan pada bulan pertama saat memulai, Dandi masih harus 'nombok' setengah juta untuk menutupi biaya sewa bulan berikutnya.

Setelah 4 bulan berlalu, Baso Aci Akang makin dicintai. Tak disangka antusiasme masyarakat pada saat itu sangat baik sehingga Baso Aci Akang memberanikan diri untuk membuka cabang kedua di Perumas 1 Karawaci.

Saat itu  Dandi baru bisa membayar sewa sebagai tenant kecil tetapi yang penting baginya bisa membuka sedikit lapangan pekerjaan.

“Modal pada saat itu sangat minim sekali, sampai sampai saya harus meminjam meja makan dari tetangga dan menggunakan etalase bekas dari orang lain, masih belanja ke pasar, masak dan ngelayanin konsumen sendiri lalu gimana caranya bisnis ini harus jalan dan bermanfaat bagi orang banyak," kenangnya.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Baso Aci Akang makin berkembang  bahkan Dandi mulai mencoba mengembangkan bisnis baru di luar Baso Aci Akang, hingga pada tahun 2021 terbentuklah Akang Group yang kini sudah memiliki 5 brand antara lainnya Baso Aci Akang (2018), Iga Kokojo (2019), Toko Kopi Pasar Lama (2021) dan Acihuy (2021).

Dalam kurun waktu 3 Tahun, M. Dandi Sepsaditri berhasil membuat Brand Baso Aci Akang yang memiliki tagline “Baso Aci Paling Populer di Indonesia” dikenal seluruh lapisan masyarakat dan beberapa kali viral di social media.

Dibuktikan dengan ide ide segar marketing seperti menggandeng musisi Indonesia Lale Ilman Nino dalam menciptakan lagu “Sayang” di awal tahun 2021, menggaet Youtuber terkenal Arief Muhammad sebagai Chief Marketing Officer Akang Group yang terbukti mampu memberikan image baru terhadap kuliner Aci sehingga Baso Aci Akang dijuluki “Aci naik kelas” oleh netizen Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper