Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Biaya Franchise Ritel Modern Otomotif Shop & Drive, Syarat dan BEP

Untuk mendirikan toko Waralaba Shop&Drive, dana yang dibutuhkan yakni sekitar Rp414 juta dan belum termasuk PPN. Biaya ini diluar dari biaya untuk memperoleh dan merenovasi bangunan tokonya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  15:15 WIB
Biaya Franchise Ritel Modern Otomotif Shop & Drive, Syarat dan BEP
Shop & drive - Shopanddrive.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shop&Drive merupakan outlet ritel modern otomotif, dengan menyediakan suku cadang yang umum, banyak digunakan dan memiliki kualitas yang dapat dipercaya.

Shop&Drive menyediakan tiga produk utama yang dijual yakni Oli, Aku & Shockbreaker (peredam kejut). Selain itu, Shop&Drive juga menyediakan beberapa produk pelengkap dan aksesoris.

Untuk keunggulannya, Shop&Drive menjamin bahwa produk yang dijualnya asli dan akinya bergaransi hingga 18 bulan, sesuai dengan syarat yang berlaku dan memiliki mekanik standar Astra.

Shop&Drive juga memberikan servis-servis tambahan secara gratis, pelayanan dan penggantian barang yang dilaksanakan relatif cepat, memiliki transaksi yang tersistem, dan memiliki kelebihan lainnya.

Untuk mendirikan toko Waralaba Shop&Drive, dana yang dibutuhkan yakni sekitar Rp414 juta dan belum termasuk PPN. Biaya ini diluar dari biaya untuk memperoleh dan merenovasi bangunan tokonya.

Selain itu, jangka waktu tercapainya BEP & Balik Modal Investasi tergantung dengan kondisi lokasi dan potensi pasar di sekitar. Jika lokasi Anda cukup baik dan potensi pasarnya lumayan besar, maka BEP secara tunai dapat dicapai dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, dan balik modal investasi dicapai dalam waktu tiga tahun lebih.

Jika Anda tertarik, maka proses waralaba yang perlu Anda ikuti adalah sebagai berikut.

1. Pemberian informasi

Anda akan mendapatkan informasi mengenai lokasi, persyaratan dan ketentuan waralaba. Jika Anda berminat dan telah memiliki lokasi, maka Anda dapat mengajukan dan membayar survey lokasi sebelum survey dilakukan.

2. Survey lokasi

Anda akan melanjutkan kunjungan ke lokasi, mempelajari potensi pasar yang ada di sekitar lokasi dan membuat perhitungan kelayakan usaha di lokasi tersebut.

3. Penginformasian hasil survey

Anda akan menerima penjelasan hasil survey, dan jika kedua pihak setuju maka akan dilanjutkan ke persiapan kerjasama.

4. Persiapan kerjasama & penandatanganan perjanjian

Pihak dari calon franchise akan membuat badan usaha dan melengkapi perizinannya. Jika sudah, maka calon franchisee akan membayar initial fee. Setelahnya, maka Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai seluruh ketentuan kerjasama, penandatanganan perjanjian, dan franchisee menyetorkan dana untuk pengadaan perlengkapan tokonya.

5. Pendirian toko

Dalam tahap ini, pihak Franchisee akan merenovasi bagunan sesuai dengan standar yang diberikan Franchisor, Training Tenaga Kerja dan Pengadaan perlengkapan toko standard oleh Franchisor, dan Pembuatan fasad toko oleh Franchisor.

Kemudian, untuk persyaratannya Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

1. Memiliki lokasi yang strategis
2. Memiliki dana yang mencukupi
3. Berbentuk badan usaha (CV/PT/Koperasi/Yayasan)
4. Mematuhi segala ketentuan yang ditetapkan oleh pemberi waralaba

Anda juga memerlukan besaran bangunan idealnya 8x13m, dengan panjang halaman parkir di depannya sebesar 5 m. Ukuran bangunan yang lebih kecil dapat dimungkinkan dengan minimal lebar 4,5 meter, namun lebar bangunan akan mempengaruhi daya tampung kendaraan yang akan ditangani.

Kini Shop&Drive sudah memiliki lebih dari 370 outlet dan tersebar di 83 kota di 20 provinsi. Shop&Drive juga telah cukup dikenal oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu memikirkan dalam membangun merek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba franchise
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top