Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 10 Franchise Global, Didominasi Industri Makanan dari McDonald’s Hingga Pizza Hut

Brand franchise didominasi dari negara Amerika Serikat dan kebanyakan berfokus di industri makanan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 08 November 2021  |  15:08 WIB
Top 10 Franchise Global, Didominasi Industri Makanan dari McDonald’s Hingga Pizza Hut
Papan tanda menyala pada malam hari di restoran McDonald's Corp. di Los Angeles, California, AS - Bloomberg/Kyle Grillot

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis franchise menjadi salah satu opsi yang disukai dikarenakan Anda tidak perlu membangun bisnis dari awal, terutama untuk merek-merek ternama.

Dengan berbisnis franchise dengan merk yang sudah dikenal, maka para pelanggan akan datang dengan sendirinya, terutama jika merk tersebut terkenal secara internasional dan belum ada di Indonesia.

Franchise Direct menampilkan daftar Top 100 Global Franchises di tahun 2021. Dari daftar pertama hingga kesepuluh, brand franchise didominasi dari negara Amerika Serikat dan kebanyakan berfokus di industri makanan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 10 urutan teratas franchise global di tahun 2021.

1. McDonald’s

Asal: Amerika
Industri: Makanan

McDonald’s mengawali restoran fast foodnya di California pada tahun 1955. McDonald’s sendiri masuk di Indonesia pertama kali pada tahun 1991, yakni di Sarinah, Thamrin. Kini, McDonald’s telah memiliki ribuan restoran lebih dari 100 negara termasuk Indonesia. Produk unggulan dari McDonald’s sendiri adalah Bigmac.

Dilansir dari laman resmi McDonald’s US, umumnya Anda memerlukan biaya sebesar US$500.000 sumber daya pribadi non-pinjaman. Jika memiliki dana tambahan, maka mungkin Anda juga lebih siap untuk peluang tambahan atau multi-restoran.

2. Kentucky Fried Chicken (KFC)

Asal: Amerika
Industri: Makanan

KFC merupakan makanan cepat saji yang dikenal dalam produk makanan ayam gorengnya. KFC sendiri pertama kali membuka gerainya di Melawai, Jakarta Selatan pada tahun 1979.

Dilansir dari laman resmi KFC Indonesia, kini KFC membuka kerjasama lokasi dalam bentuk yakni sewa penuh dan revenue sharing. KFC pada saat kini tidak melakukan kerjasama dalam bentuk sub-waralaba atau franchise

3. Burger King

Asal: Amerika
Industri: Makanan

Burger King didirikan pada tahun 1954. Saat ini, Burger King Indonesia juga telah mengoperasikan lebih dari 170 restoran di Indonesia. Dilansir dari laman resmi Burger King Indonesia, Burger King merupakan rantai hamburger makanan cepat saji terbesar kedua di dunia. Burger King sendiri mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2007. Produk andalannya adalah The Whopper.

Dilansir dari laman resmi Burger King, biaya waralabanya sendiri sebesar US$50.000 per resotran per jangka waktu 20 tahun. Biaya royalti sebesar 4,5 persen dari penjualan kotor bulanan dan dana iklan sebesar 4 persen dari penjualan kotor bulanan. Biaya ini juga untuk Amerika Serikat, dan harganya akan berbeda berdasarkan negara Anda.

4. 7 Eleven

Asal: Amerika
Industri: Retail

Merek 7 Eleven telah dikenal di seluruh dunia. 7 Eleven sendiri menawarkan produk populernya yakni SLURPEE, BIG GULP dan BIG BITE. 7 Eleven sendiri juga dikenal dengan 24 jam dalam beroperasi.

5. Domino’s

Asal: Amerika
Industri: Makanan

Domino’s dikenal dengan produk handtossed yang dibuat secara manual dengan tangan, bukan dari mesin. Pada 22 Agustus 2008, Domino’s Pizza membuka toko pertamanya di pondok Indah dan kini memiliki lebih dari 120 toko di 8 kota yang tersebar di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi, sebanyak 95 persen pemilik waralaba mempelajari dalam menjalankan, mengoperasikan dan mengawasi toko. Jika anggota tim Domino saat ini yang tertarik dengan waralaba, maka dapat mengunjungi halaman Sekolah Manajemen Waralaba di situs internal perusahaan Domino’s yakni PieNet.

6. Ace Hardware

Asal: Amerika
Industri: Perlengkapan rumah

Perseroan didirikan pada tahun 1955 yang berfokus pada perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup. Dilansir dari laman resminya, ACE Hardware mencantumkan bahwa Anda perlu menyiapkan biaya investasi sebesar US$650.000 - US$1.000.000, tergantung dengan besarnya toko Anda.

Namun untuk di Indonesia, PT Kawan Lama Sejahtera telah memiliki anak usaha yakni PT ACE Hardware Indonesia Tbk yakni pemegang lisensi atau master franchise merk ACE Hardware di Indonesia yang ditunjuk oleh ACE Hardware Corporation.

7. Century 21

Asal: Amerika
Industri: Real Estate

Dilansir dari laman resmi Century 21 Indonesia, Century 21 Real Estate LLC merupakan perusahaan broker properti terbesar dengan berskala internasional. Setiap member nantinya akan diikutkan dalam training skala internasional. Sistem operasional kantor sendiri berbasis web dan Century 21 Sendiri berada di bawah naungan pengembang properti Ciputra Group.

8. Papa John’s

Asal: Amerika
Industri: Makanan

Papa John’s merupakan rantai pizza terbesar keempat di Amerika Serikat. Papa John’s sendiri memiliki 5.000 unit di seluruh dunia. Papa John’s telah memulai sistem franchise dari tahun 1986 dan saat ini belum ada retail Papa John’s di Indonesia.

9. Taco Bell

Asal: Amerika
Industri: Makanan

Taco Bell merupakan makanan dengan khas meksiko yang juga termasuk dalam daftar Entrepreneur Franchise 500 tahun 2021 peringkat pertama dengan biaya investasi awal sebesar US$571.000 - US$3 juta.

Untuk di Indonesia, Fast Food Indonesia menjadi pemegang lisensi tunggal Taco Bell di Indonesia dengan Yum! Brands Inc, yang pada 18 Desember 2020 membuka gerai pertama di Indonesia yakni di Senopati.

10. Pizza Hut

Asal: Amerika
Industri: Makanan

Kisah Pizza Hut dimulai dari tahun 1958. Di Indonesia sendiri, Pizza Hut pertama kali dibuka di gedung Djakarta Theatre pada 1984. Pada masa kini, Pizza Hut telah memiliki lebih dari 500 outlet.

Dilansir dari laman resmi Pizza Hut, biaya franchise sendiri dimulai dari US$40.600 hingga US$2.063.500. Untuk di Indonesia sendiri, PT Sarimelati Kencana Tbk menjadi pemegang lisensi waralaba di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchise mcdonald
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top