Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Tips Berbisnis Ala Sandiaga Uno Berikut Ini

Sandiaga Uno memberikan beberapa tips yang dapat menjadi catatan anda. Untuk itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  15:29 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). - Antara
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sandiaga Uno, merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) yang juga berpengalaman sebagai pengusaha, memiliki beberapa tips di dalam berbisnis.

Dirinya membagikan beberapa tips terutama bagi Anda yang ingin memulai bisnis kembali ataupun baru saja memulai bisnis. Tips ini kemudian juga dapat Anda terapkan selama menjalankan bisnis Anda, agar tetap berkembang dan naik level.

Selain itu, di masa pandemi juga dapat menjadi peluang bagi Anda untuk memulai bisnis. Hal ini menjadi peluang yang besar bagi seseorang yang pandai dalam melihat peluang.

Dilansir dari Youtube Pandji Pragiwaksono (19/10/20), Sandiaga Uno memberikan beberapa tips yang dapat menjadi catatan anda. Untuk itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

1. Mencari mentor

Sandi mengatakan bahwa mencari mentor menjadi hal yang penting. Hal ini mengingat jika Anda adalah seorang entrepreneur yang memiliki keahlian di satu bidang, maka akan ada kecenderungan bahwa Anda tidak melihat dari sisi lainnya yang juga berpotensi.

Sandi bercerita bahwa pada tahun 2007, jumlah hutang yang ia miliki cenderung lebih besar dibandingkan aset yang ia punya. Dalam kondisi ini, dirinya mencari mentor untuk membantunya.

Dalam hal terkait mencari mentor, hal ini bisa menjadi siapapun bahkan dengan mengobrol biasa layaknya teman.

2. “The People”

Dalam jatuh bangun atau berkembangnya sebuah bisnis, Sandi mengatakan bahwa hal yang perlu dilihat kembali lagi adalah orangnya. Jika Anda sebelumnya telah memiliki bisnis namun gagal, maka Anda memiliki kesempatan untuk me-refresh.

Selain itu, pastikan Anda juga memiliki SDM yang terbaik, dengan memiliki visi dan passion. Hal ini dapat membantu Anda.

3. Pahami tren

Dalam memahami tren, maka Anda akan lebih jeli dalam melihat peluang atau potensi. Memahami tren yang dimaksud Sandi adalah belajar membaca dalam 5-10 tahun kedepan, ataupun mempelajari mengenai unstoppable global tren.

Dalam Youtube ini, Sandi mengatakan bahwa 3 tren yang besar nanti adalah dalam dunia bisnis digital, revolusi data, dan dalam bidang kesehatan.

Tren yang dimaksud juga bukanlah Anda persis untuk membuat bisnis yang mengacu kepada tren tersebut, namun Anda dapat memanfaatkannya di dalam bisnis. Contohnya seperti mencoba berbisnis clothing, namun berbasis digital.

4. Perbanyak koneksi

Sandi mengatakan bahwa salah satu faktor yang juga dapat membantu dalam mengembangkan bisnis adalah memiliki koneksi yang banyak.

Jika Anda tidak memiliki koneksi yang luas, Anda dapat mencoba untuk mengikuti komunitas, sebuah himpunan bisnis, atau memiliki teman baik yang juga berpotensi atau memiliki keahlian di dalam bisnis.

5. Perbanyak investasi pada diri sendiri

Selama pandemi, Sandi mengaku bahwa dirinya mengikuti kembali berbagai seminar ataupun kembali membaca buku. Walaupun Anda telah berpengalaman di dalam dunia bisnis, nyatanya Anda harus tetap belajar untuk memahami hal-hal baru.

Sandi mengatakan bahwa sifat untuk berinvestasi pada diri sendiri menjadi hal yang penting, mengingat ilmu tidak selamanya akan relevan. Jika Anda mempelajari ilmu pada saat ini, mungkin dalam beberapa tahun kedepan ilmu tersebut tidak akan relevan kembali.

Anda dapat mencoba mengikuti berbagai seminar, sekaligus dapat memperkaya koneksi Anda. Pastikan Anda untuk terus belajar sehingga dapat diimplementasikan ke dalam bisnis Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis sandiaga uno
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top