Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perjalanan Karir Kusumo Martanto, hingga Menjadi CEO & Co-Founder Blibli

Kusumo Martanto merupakan lulusan dari Lowa State University dalam teknik industri. Dirinya kemudian lulus pada tahun 1995 dan mengambil S2 di Georgia Institute of technology, dengan jurusan yang sama.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  10:21 WIB
CEO Blibli Kusumo Martanto
CEO Blibli Kusumo Martanto

Bisnis.com, JAKARTA - Kusumo Martanto, merupakan CEO dan Co-Founder Blibli yang baru-baru ini menerima penghargaan penghargaan the Best Industry Marketing Champion 2021 di sektor e-commerce dengan kepemimpinannya yang mengedepankan nilai tambah.

Sukses membawa Blibli menjadi salah satu ecommerce besar di tanah air, bagaimana profil dan perjalanan karir Kusumo sebelum menjadi CEO Blibli?

Kusumo Martanto merupakan lulusan dari Lowa State University dalam teknik industri. Dirinya kemudian lulus pada tahun 1995 dan mengambil S2 di Georgia Institute of technology, dengan jurusan yang sama.

Setelah selesai berkuliah, Kusumo kemudian bergabung dengan perusahaan Honeywell, yakni perusahaan penerbangan di Amerika. Namun pada masa ini, nama perusahaan tersebut masih bernama Allied Signal Inc.

Tahun 1999, kemudian Kusumo bekerja sebagai product manager di perusahaan i2 Technologies Inc. Dirinya berperan dalam pengembangan produk dari konsep hingga peluncuran, melihat peluang pasar, menjembatani bisnis dan teknologi dan lain-lainnya.

Setelah menjalani sebagai product manager selama dua tahun, Kusumo kemudian menjadi senior product manager di tahun 2003. Selang dua tahun, pada 2006 Kusumo bekerja di Intel Corporation.

Di Intel, Kusumo bergabung sebagai Enterprise Business Architect. Kemudian pada tahun 2008, dirinya memegang jabatan sebagai program manager dalam memandu program, memberikan kepemimpinan, dan lain-lainnya.

Tahun 2009, Kusumo kemudian bergabung dengan PT Djarum. Dirinya bergabung sebagai business development dan diversification manager. Pada tahun 2010, Kusumo kemudian menjadi COO dalam GDP Venture yang juga merupakan anak usaha dari PT Djarum.

Masih memegang kepemimpinannya sebagai COO dalam GDP Venture, Kusumo kemudian memegang jabatan sebagai senior business development manager. Dirinya berperan dalam mengevaluasi peluang bisnis baru, membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan tim, dan lainnya.

Dengan kinerja dari Kusumo, kemudian dirinya ditunjuk untuk menjadi CEO dari Blibli. Blibli berdiri pada tahun 2011 yang memiliki model bisnis B2B, B2c dan B2BB2C.

Dalam kepemimpinannya di Blibli, Kusumo selalu melihat dari ajaran dari orang tuanya. Dirinya menerapkan budaya kerja RESPECT, yakni Risk-Taking, Excellence, Serving, Passionate & Proud, Encourage, Growth & Innovation, Customer Focus, dan Teamwork.

Dalam penghargaan yang Kusumo peroleh, dirinya juga mengatakan bahwa hal ini terjadi dikarenakan kerja keras dari seluruh tim.

“Penghargaan ini merupakan ganjaran atas kerja keras seluruh tim Blibli yang tanpa lelah terus memberikan layanan dan solusi yang relevan, juga terbaik secara konsisten ke pemangku kepentingan kami. Untuk itu, mewakili semua yang ada di Blibli, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan merupakan sebuah kehormatan sekaligus motivasi buat kami untuk lebih banyak lagi memberikan dampak berkelanjutan kepada pelanggan, mitra bisnis, juga masyarakat,” ujarnya.

Blibli kemudian juga akan konsisten dalam memperkuat dampak sosial positif bisnis secaara berkelanjutan, melalui inisiatif Blibli Cinta Bumi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blibli.com tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top