Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Miliarder Dunia yang Rugi Besar Selama 2021, Termasuk Jack Ma

Kekayaan Lei, salah satu pendiri dan ketua Xiaomi, salah satu merek smartphone paling populer di dunia, hampir setengahnya tahun ini.
Lei Jun/Istimewa
Lei Jun/Istimewa

Lei Jun hingga Zhong Huijuan

6. Lei Jun dari China

Kekayaan bersih Lei Jun mencapai US$16,3 miliar dan turun: $14 miliar. Kekayaan Lei, salah satu pendiri dan ketua Xiaomi, salah satu merek smartphone paling populer di dunia, hampir setengahnya tahun ini.

Xiaomi berjuang dengan masalah rantai pasokan yaitu kekurangan chip global bersama dengan persaingan ketat yang menyusutkan pangsa pasarnya. Ini mencatat laju pertumbuhan penjualan paling lambat sejak awal 2020 dalam pendapatan kuartal ketiga pada November.

7. Masayoshi Son dari Jepang

Kekayaan bersih US$25,1 miliar dan turun US$13,6 miliar. Ketidakpastian yang mengganggu perusahaan China juga berdampak besar pada Masayoshi Son, pendiri dan CEO raksasa investasi Jepang Softbank Group.

Serangan pemerintah China terhadap perusahaan-perusahaan, ditambah dengan anjloknya nilai beberapa IPO Softbank yang paling terkenal, menyebabkan rekor kerugian sebesar US$7,3 miliar untuk Dana Visi Softbank dalam tiga bulan yang berakhir pada 30 September.

8.  Daniel Gilbert dari Amerika Serikat

Kekayaan bersih US$29,6 miliar dan turun US$13,2 miliar. Dan Gilbert, Rocket Companies, sempat menjadi salah satu dari 10 orang terkaya di dunia ketika kekayaannya melonjak menjadi US$80 miliar selama tekanan singkat di bulan Maret. Tetapi saham pemberi pinjaman online telah jatuh 62% sejak puncaknya pada 15 Desember.

9.  Zhang Bangxin dari China

Kekayaan bersih US$1,2 miliar dan turun US$11,3 miliar. Zhang, salah satu pendiri dan ketua perusahaan layanan pendidikan TAL Education merasakan kerugian yang anjlok.

Hal ini dirasakan ketika regulator meluncurkan aturan baru yang ketat, termasuk larangan meningkatkan modal dari investor luar negeri dan melalui daftar publik, serta persyaratan bagi perusahaan bimbingan belajar yang mengajar mata pelajaran sekolah untuk mendaftar sebagai organisasi nirlaba.

10.  Zhong Huijuan dari China

Kekayaan bersih US$10 miliar dan turun US$10,4 miliar. Zhong adalah pendiri, ketua dan CEO dari produsen obat Cina Hansoh Pharmaceutical. Dia menjadi salah satu wanita terkaya di dunia setelah membimbing perusahaan melalui IPO 2019, setelah itu sahamnya naik lebih dari 130%. Tetapi saham telah jatuh lebih dari 50% pada tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper