Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Keterampilan yang Harus Dimiliki, Agar Sukses di Karier dan Bisnis 2022

Untuk itu, berikut 5 kemampuan teratas yang dicari oleh organisasi teknologi dalam tenaga kerja mereka saat ini dan di masa depan. Keterampilan ini adalah keterampilan yang dapat dipekerjakan pada tahun 2022,
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam membangun karir, keterampilan terkadang menjadi hal yang penting terutama dalam menghadapi berkembangnya teknologi.

Perkembangan teknologi dapat mengancam pekerjaan hingga terkadang keterampilan yang kita miliki dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Selain itu, berdasarkan World Economic Forum, sebesar 50 persen dari semua karyawan akan membutuhkan peningkatan keterampilan pada tahun 2025. Hal ini perlu agar tetap relevan dalam peran pekerjaan mereka di tengah gangguan skala besar.

Untuk itu, berikut 5 kemampuan teratas yang dicari oleh organisasi teknologi dalam tenaga kerja mereka saat ini dan di masa depan. Keterampilan ini adalah keterampilan yang dapat dipekerjakan pada tahun 2022, yang dilansir dari India Today.

1. Keamanan siber

Menurut laporan dari Skillsoft 2021 dalam IT Skills and Salary report, sebanyak 52 persen pengambil keputusan IT di kawasan Asia-Pasifik menganggap keamanan siber sebagai prioritas bagi tim mereka. Untuk itu, perlunya banyak profesional dalam keamanan siber menjadi diperlukan untuk untuk melindungi data berharga para organisasi dan mencegah serangan siber.

2. Cloud computing

Domain ini telah menjadi area investasi penting bagi banyak organisasi sejak 2017, hingga saat ini yakni dunia digital-first yang berkembang pesat.

Selain itu, berdasarkan laporan yang sama, diketahui bahwa cloud computing adalah area investasi utama sebesar 43 persen, dalam pengambilan keputusan. Untuk itu, Anda dapat memperkaya keterampilan Anda dalam DevOps, Arsitektur Tanpa Server, Otomatisasi, dan QA untuk meningkatkan karier Anda.

3. Big Data

Big data merupakan seni dan ilmu dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan data dengan aman untuk membuat keputusan yang tepat. Manajemen data adalah prioritas bagi para pemimpin IT.

Kemampuan ini dicari oleh organisasi untuk menemukan bakat yang memenuhi syarat, dalam mengisi pekerjaan big data.

4. Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin

AI dan ML telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Secara signifikan, mereka mendorong otomatisasi yang menyederhanakan sistem di seluruh industri. Para organisasi juga harus mencari seorang profesional yang terampil di bidang ini.

Peran pekerjaan di segmen ini akan diprioritaskan oleh 34 persen pemimpin Asia-Pasifik.

5. Internet of Things

Dengan semakin banyak perangkat yang terhubung satu sama lain saat ini dan tingkat adopsi yang melonjak, IoT telah menjadi teknologi baru yang populer untuk bisnis.

Selain itu, dari tahun 2015 hingga 2021, perangkat IoT telah meningkat tiga kali lipat dan begitu juga dengan kebutuhan para insinyur IoT. Namun keterampilan ini dianggap salah satu keterampilan yang lemah, dikarenakan kurangnya para profesional yang terampil.

Simpulnya, keterampilan seperti berpikir analitis dan kritis, pemecahan masalah yang kompleks, kepemimpinan, dan pengaruh sosial disebut-sebut sebagai keterampilan masa depan menurut Outlook Keterampilan 2022 dari Forum Ekonomi Dunia. Kembangkanlah kemampuan tersebut, agar dapat memperkaya keterampilan Anda dalam masa teknologi yang terus berkembang dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper