Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenali Bedanya Unicorn, Decacorn dan Hectocorn di Industri Startup

Istilah munculnya unicorn, decacorn dan hectocorn muncul dari Co-founder Cowboy Ventures yakni Aileen Lee
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/

Bisnis.com, JAKARTA - Unicorn, decacorn dan hectocorn menjadi istilah yang ramai di dalam dunia startup, terutama di Indonesia. 

Istilah munculnya unicorn, decacorn dan hectocorn muncul dari Co-founder Cowboy Ventures yakni Aileen Lee. Di dalam techcrunch.com, yakni artikelnya dalam lima tahun yang lalu,, Aileen Lee menyebutkan “unicorn club”.

1. Unicorn

Unicorn merupakan sebutan untuk perusahaan startup yang telah memiliki valuasi sebesar US$1 miliar. Dilansir dari CBInsight, per Desember 2021 diketahui terdapat 959 total perusahaan yang telah memasuki kategori ini. 

Untuk di Indonesia, perusahaan yang telah masuk dalam sebutan unicorn adalah Gojek, Bukalapak, Traveloka, dan juga Tokopedia. Baru-baru ini yang telah masuk ke dalam Unicorn adalah Kopi Kenangan. 

2. Decacorn

Lebih tinggi dari Unicorn, Decacorn merupakan perusahaan yang memiliki valuasi lebih dari US$10 miliar. Dilansir dari whatisthebusinessmodelof.com, Decacorn sendiri termasuk di dalam komunitas yang lebih eksklusif dan terdiri lebih dari 30 lebih perusahaan pada pada tahun 2021. 

Dalam Decacorn, perusahaan ini termasuk seperti Uber, Airbnb, SpaceX, dan lain-lainnya.

3. Hectocorn

Hectocorn merupakan startup yang memiliki valuasi lebih dari US$100 miliar, yakni level startup tertinggi. Kategori dalam perusahaan ini adalah Google, Cisco, Facebook, Apple dan lain-lainnya. 

Namun selain tiga level ini, sebenarnya terdapat level startup lainnya yakni Cockroach, perusahaan yang baru saja berdiri dan valuasinya kecil, Ponies dengan valuasi sebesar US$10 juta dan Centaurus yakni sebesar US$100 juta dolar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper