Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Agar Menjadi Networker yang Handal

Memiliki jaringan sendiri kini menjadi penting, dikarenakan cukup sulit untuk melakukan sesuatu hal sendiri. Kita semua membutuhkan bantuan dalam beberapa cara, dan memiliki jaringan adalah strategi yang sempurna untuk mencapai pendekatan kolaboratif untuk mencapai tujuan Anda.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  19:58 WIB
5 Cara Agar Menjadi Networker yang Handal
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Di dalam bisnis, berjejaring menjadi hal yang sering dilakukan sepanjang waktu.

Memiliki jaringan sendiri kini menjadi penting, dikarenakan cukup sulit untuk melakukan sesuatu hal sendiri. Kita semua membutuhkan bantuan dalam beberapa cara, dan memiliki jaringan adalah strategi yang sempurna untuk mencapai pendekatan kolaboratif untuk mencapai tujuan Anda.

Contohnya, di dalam bisnis, terdapat bagian seperti distribusi, validasi, peluncuran, kemitraan, dan lainnya. Hal ini dapat membantu Anda untuk ‘menutupi lubang’ yang tidak dapat Anda isi sendiri.

Jaringan sendiri tidak selalu berarti meminta bantuan dari orang-orang. Berjejaring sendiri adalah seperti hal timbal balik atau saling membantu.

Dilansir dari Entrepreneur, berikut 5 cara untuk menjadi networker yang lebih baik.

1. Tambahkan nilai terlebih dahulu

Anda dapat terhubung dengan orang-orang dan menawarkan untuk membantu mereka dalam beberapa cara.

Anda dapat mengirimkan artikel yang dapat membantu mereka, memberikan alat yang berguna untuk menghemat waktu atau meningkatkan produktivitas, ataupun hubungkanlah orang tertentu dengan salah satu kontak Anda dan sebutkan bahwa Anda merasakan sinergi di antara mereka dan yakni bahwa dapat saling membantu.

2. Jangan memusatkan pada diri Anda di pertemuan

Saat Anda bertemu seseorang di suatu acara atau rapat, topik favorit orang tersebut adalah dirinya sendiri. Pastikan Anda memusatkan percakapan di sekitar mereka dan jangan membuat semuanya tentang Anda.

Anda dapat berbicara seperti “Ceritakan tentang bisnis Anda?”, “Ceritakan tentang akhir pekan Anda”, ataupun “Ceritakan tentang tantangan Anda”.

3. Tindak lanjuti dengan orang-orang yang Anda temui

Setiap kali Anda bertemu seseorang yang ingin Anda tambahkan ke jaringan, Anda dapat memastikan untuk menemukannya di media sosial atau mengunjungi situs web mereka dan mengirim email atau mengirim pesan kepada mereka.

Anda dapat mengirimkan pesan seperti betapa senangnya atau berterima kasih dengan mereka pada saat pertemuan, dan beritahu mereka bahwa ketika mereka membutuhkan bantuan, maka Anda merasa terhormat untuk membantu.

4. Biarkan orang berbicara

Saat Anda berada di sebuah acara dan Anda terlibat dalam percakapan, biarkan orang berbicara. Jangan menyela dan dengarkan. Mengangguk dengan antusias, tatap mata mereka dan jadilah tulus.

Dengan mendengarkan, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan mengetahui bagaimana Anda dapat berpotensi membantu mereka di masa depan.

5. Tawarkan bantuan di akhir pertemuan

Dalam akhir pertemuan, Anda dapat mengatakan berterima kasih atas waktunya, dan tawarkan bantuan.

Contohnya seperti “Terima kasih atas waktunya. Apa cara lain yang dapat saya bantu untuk bisnis Anda? Saya di sini untuk membantu dengan cara apa pun yang saya bisa.”

Anda dapat menawarkan bantuan pada akhir pertemuan, untuk menambahkan nilai pada Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis jaringan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top