Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Buka Toko Bangunan, Berikut 6 Kiat yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda kemudian tertarik untuk membuka toko bangunan, berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan agar Anda dapat membangun dengan tepat.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  19:04 WIB
Petugas menata contoh keramik di etalase - BISNIS
Petugas menata contoh keramik di etalase - BISNIS

Bisnis.com, JAKARTA - Toko bangunan selalu ramai karena tidak memperhatikan masa tertentu dan selalu dibutuhkan, terutama jika di lokasi yang tepat.

Hal ini dikarenakan banyaknya orang-orang yang ingin membangun rumah, merenovasi rumah, ataupun memerlukan beberapa material untuk memperbaiki rumah. Terkadang, material yang dibutuhkan juga bukan hanya saja untuk bangunan.

Jika Anda kemudian tertarik untuk membuka toko bangunan, berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan agar Anda dapat membangun dengan tepat. Pastikan Anda menerapkannya, agar dapat membangun toko bangunan yang lebih maksimal, terutama untuk menggaet pelanggan.

1. Tentukan lokasi yang tepat

Lokasi menjadi hal yang penting, terutama untuk aksesibilitas dan jangkauan para pelanggan. Jika Anda menjual bahan bangunan, maka Anda perlu dekat dengan tempat pemukiman ataupun dekat dengan pusat bisnis.

Selain akses, Anda juga memerlukan lahan yang cukup luas. Hal ini untuk menaruh barang-barang seperti pasir, pipa, batu, besi, dan lain-lainnya.

Anda juga perlu mempertimbangkan tempat parkir seperti mobil, motor, atau mobil pick up untuk mengangkut barang Anda.

2. Menjual barang yang lengkap

Dalam membeli bahan bangunan, biasanya para konsumen perlu membeli beberapa barang sekaligus. Untuk itu, jika Anda menjual cukup lengkap, maka para konsumen dapat memilih berbelanja di toko Anda karena lebih praktis.

3. Harga yang murah

Tentunya hal yang penting adalah harga yang bersaing. Dengan Anda menjual dengan harga yang bersaing, maka para pelanggan dapat memilih Anda ataupun berlangganan di tempat Anda.

Untuk memperolehnya, maka Anda dapat mencari supplier dengan memberikan harga yang terjangkau, dengan bahan yang berkualitas.

4. Berikan pelayanan yang baik

Tentunya konsumen juga akan senang dengan pelayanan yang baik dari penjualnya. Hal ini seperti memberikan kesan yang ramah, komunikatif, kejujuran dan juga kooperatif.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pelayanan yang mungkin tidak dimanfaatkan dari toko lain. Hal ini seperti menyediakan layanan secara online dengan biaya pengiriman gratis untuk minimum pembayaran tertentu.

5. Lakukan promosi

Anda dapat melakukan promosi di hari-hari tertentu, ataupun pada periode tertentu. Agar terlihat, Anda juga dapat memasangkan spanduk di depan toko yang cukup besar, agar terlihat oleh konsumen yang lewat.

6. Catatlah keuangan dengan baik

Hal yang paling penting adalah mencatat keuangan dengan baik. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda mengetahui arus keuangan yang masuk dan juga yang keluar.

Selain itu, terkadang dalam mencatat barang bahan bangunan bisa menjadi lebih sulit. Anda dapat selalu mencatat transaksi atau hal lainnya agar Anda dapat memantaunya dengan baik.

Anda juga dapat melihat tren penjualan melalui catatan yang Anda buat. Dengan ini, maka Anda juga dapat menambahkan stok barang tertentu di masa tertentu, atau mempertimbangkan membuat promo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangunan tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top