Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa yang Terjadi pada NFT Milik Justin Bieber?

Dalam Federal Trade Commission (FTC), pedoman menyarankan bahwa jika seorang selebriti mendukung sesuatu atas nama pemasar, hubungan itu harus diungkapkan jika tidak jelas.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  15:39 WIB
Hailey Baldwin dan Justin Bieber - Instagram@haileybaldwin
Hailey Baldwin dan Justin Bieber - [email protected]

Bisnis.com, JAKARTA - Kini banyak selebritas yang mulai tertarik dengan NFT, dan bahkan terjun ke dalamnya. Namun, terdapat keanehan yang terjadi pada NFT milik Justin Bieber.

Layanan concierge Moonpay, merupakan layanan khusus orang yang pertama kali masuk. Sseorang pengguna memberi tahu MoonPay aset apa yang mereka inginkan.

MoonPay kemudian membelinya, dan membantu pelanggan mengatur dompet mereka sendiri, melakukan kepatuhan mengenal pelanggan dan anti-pencucian uang dan memasukkan aset ke dalam dompet pelanggan.

Setelah proses tersebut, MoonPay kemudian menagih pelanggan dalam bentuk fiat. Hal ini menjadi masalah besar bagi pelanggan. Hal ini menjadi bagian dari bisnis MoonPay yang lebih luas dan tidak berfokus pada konsumen dengan memungkinkan orang membayar aset digital dengan kartu kredit.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa seorang selebriti bisa mendapatkan NFT secara gratis. Mereka tidak melakukannya, tetapi pembayaran dilakukan di luar catatan blockchain.

MoonPay telah membuat satu kesepakatan dukungan selebriti yakni dengan Post Malon dan The Weeknd. Justin Bieber merupakan salah satu pelanggan MoonPay lainnya. Namun dilansir dari The Verge, transaksi non-MoonPaynya menjadi lebih aneh lagi.

Dompet yang terkait dengan Bieber, yakni bukan dompet MoonPay miliknya, membeli NFT Bored Ape Yacht Club seharga 500 ETH, atau sekitar US$1,3 juta saat pembayaran. Harga tersebut jauh di atas harga dasar yang ditetapkan oleh penjual, sebesar 100 ETH.

Bieber diketahui memposting gambar ape (kera) ke Instagram-nya tetapi tidak mengatakan bahwa dia membelinya.

Jejak transaksi mengalir kembali ke dompet lain, yang terkait dengan proyek NFT yang disebut InBetweeners. Bieber kemudian mendapatkan NFT InBetweeners pada bulan Desember dan membeli lebih banyak lagi nanti. Namun hubungan antara keduanya tidak jelas.

Terdapat beberapa asumsi dalam pembelian tersebut. Apakah orang lain membeli Bieber Bored Ape sebagai pembayaran dalam bentuk barang untuk layanan promosinya dengan InBetweners, apakah transaksi yang menjaga privasinya, atau dan lainnya.

Dalam Federal Trade Commission (FTC), pedoman menyarankan bahwa jika seorang selebriti mendukung sesuatu atas nama pemasar, hubungan itu harus diungkapkan jika tidak jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

justin bieber NFT
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top