Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Baru Memulai Bisnis, Intip 5 Kunci Kelola Modal Anda

Jika Anda baru memulai bisnis, maka hal ini menjadi hal yang baik dikarenakan Anda dapat membangun kebiasaan mengelola modal dari awal.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 17 Februari 2022  |  14:23 WIB
Baru Memulai Bisnis, Intip 5 Kunci Kelola Modal Anda
Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Jakarta, Selasa (5/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengelola modal menjadi hal yang penting, terutama bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Tentunya untuk mengelola uang modal dengan mudah, Anda juga perlu terorganisir agar dapat mengetahui uang yang Anda keluarkan, pemasukan Anda, dan juga untuk memisahkan dari kebutuhan pribadi.

Jika Anda baru memulai bisnis, maka hal ini menjadi hal yang baik dikarenakan Anda dapat membangun kebiasaan mengelola modal dari awal.

Untuk itu, berikut beberapa tips dalam cara mengelola modal bisnis Anda.

1. Pisahkan rekening modal usaha dengan rekening pribadi

Dengan memisahkan modal usaha, maka arus keuangan Anda akan terpantau menjadi lebih baik. Hal ini akan membantu Anda untuk memantau pengeluaran Anda, pendapatan Anda, dan uang yang dapat Anda sisihkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

2. Mengurangi berhutang

Berhutang akan menjadi masalah terutama jika Anda tidak bisa memprediksi atau merencanakan dengan tepat. Hal ini tentunya dapat menimbulkan masalah untuk modal Anda.

Jika Anda memang membutuhkan, Anda dapat melihat beberapa opsi alternatif yang dapat meminimalisir Anda untuk berhutang. Jika benar-benar membutuhkan, pastikan Anda berhutang dengan opsi yang tidak memberatkan Anda.

3. Catatkan keuangan Anda

Anda dapat mencatat keuangan berdasarkan setiap bulannya, atau setiap tiga atau enam bulan sekali. Hal ini membantu Anda untuk memonitor keuangan Anda.

Untuk memudahkan pencatatan per bulannya, pastikan Anda juga selalu mencatat pengeluaran dan uang yang Anda dapatkan. Anda juga akan mengetahui jika terdapat permasalahan, ataupun mengetahui dominasi pengeluaran terbanyak Anda.

4. Lakukan konsultasi

Dengan berkonsultasi dengan keluarga, teman kerja, ataupun partner atau mentor bisnis, maka Anda akan mengetahui beberapa tips dan saran mereka dalam mengatur modal berdasarkan pengalaman mereka.

Dengan mengetahui atau memperoleh saran dari yang berpengalaman, maka Anda akan lebih tahu beberapa langkah di depan atau lebih awal.

5. Membuat perencanaan

Jika Anda ingin mengelola bisnis Anda dengan baik, maka Anda perlu untuk membuat perencanaan terutama untuk kedepannya. Hal ini akan baik terutama dalam merencanakan atau mempersiapkan tantangan untuk kedepannya.

Jika Anda berencana untuk membuat bisnis kembali, pastikan Anda telah memiliki manajemen yang baik untuk bisnis pertama Anda. Anda juga dapat bertanya kepada teman, keluarga, atau partner bisnis Anda yang telah memiliki beberapa bisnis, dan tanyalah cara memanajemennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top