Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Kekayaan Vladimir Putin, Presiden Rusia yang Kini Jadi Sorotan Dunia

Portofolio keuangan "resmi" milik Vladimir Putin dilaporkan terdiri dari sekitar US$200.000 dalam rekening tabungan, beberapa mobil dan sebidang tanah seluas 16.000 kaki persegi di pinggiran kota Moskow. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  12:15 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\\r\\n
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak lama, Vladimir Putin, Presiden Rusia disebut-sebut sebagai salah satu pemimpin negara di dunia yang memiliki kekayaan yang fantastis.

Lantas berapa sebenarnya kekayaan pria yang dikenal tegas ini?

Melansir abc.net.au, dan celebritynetworth, data resmi pemerintah Rusia menyebutkan pendapatan tahunannya setara dengan sekitar US$190.000.

Portofolio keuangan "resmi" miliknya dilaporkan terdiri dari sekitar US$200.000 dalam rekening tabungan, beberapa mobil dan sebidang tanah seluas 16.000 kaki persegi di pinggiran kota Moskow. 

Tapi, banyak analis politik mengklaim kekayaan dan keuangan Putin yang sebenarnya jauh lebih besar. 

Dokumen resmi yang dirilis setiap tahun menunjukkan bahwa dia baru-baru ini menjual sebidang tanah kecil, tapi masih memiliki apartemen mewah seluas 77 meter persegi.

Di dalam garasinya, klaim Kremlin, ada dua mobil Volga era Soviet tahun 1960-an dan sebuah Lada Vida, mobil terpopuler di Rusia.

Dia juga disebutkan memiliki properti mewah, dimana salah satunya dijuluki 'istana Putin'.

Di pantai Laut Hitam Rusia terdapat properti besar bergaya Italia yang diperkirakan menelan biaya lebih dari US$1 miliar untuk pembangunannya.

Perkebunan yang luas ini memiliki rumah kaca, helipad, istana es, gereja, amfiteater, pompa bensin, dan "gua anggur" - terowongan yang digali ke gunung yang menampung sebuah ruangan hanya untuk mencicipi anggur.

Rumah itu sendiri sangat besar, berukuran sekitar 17.000 meter persegi.

Di dalamnya juga tersedia fasilitas lengkap. Mulai dari kolam renang dalam ruangan, spa, beberapa sauna dan pemandian Turki, kasino, ruang musik, bar hookah, teater dan bioskop dan sekitar selusin kamar.

Namun pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny menegaskan rumah mewah itu dibangun dengan dana pribadi presiden.

"Tanpa berlebihan, itu adalah fasilitas paling rahasia dan dijaga di Rusia. Ini bukan rumah pedesaan atau tempat tinggal, ini adalah seluruh kerajaan," kata Navalny dalam sebuah film dokumenter yang telah ditonton oleh satu dari empat orang Rusia dilansir dari abc.net.au.

Putin juga dikabarkan seorang kolektor jam tangan mahal dengan koleksi yang dikatakan bernilai US$687.000.

Dia juga disebutkan selalu tampil eksklusif dengan setelan yang dibuat khusus dan dasi Valentino.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin daftar miliarder tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top