Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat Memulai Bisnis dengan Modal dari THR Lebaran

Berikut beberapa tips dalam memanajemen uang yang dapat Anda terapkan dalam dana THR Anda, yang telah dirangkum oleh Bisnis.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 18 April 2022  |  13:08 WIB
Ilutsrasi- Tunjangan hari raya (THR) - Antara
Ilutsrasi- Tunjangan hari raya (THR) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pada bulan Ramadan terutama lebaran, tak jarang banyak orang yang mendapatkan dana Tunjangan Hari Raya (THR).

Tentunya kesempatan ini dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis, terutama jika Anda telah memiliki keinginan untuk membangun bisnis cukup lama.

Agar dana THR dapat Anda manfaatkan dengan baik untuk modal bisnis, tentunya Anda perlu memiliki strategi agar dapat digunakan dengan maksimal.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dalam memanajemen uang yang dapat Anda terapkan dalam dana THR Anda, yang telah dirangkum oleh Bisnis.

1. Tentukanlah bisnis Anda

Sebelum merencanakan modal Anda, Anda perlu menentukan bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Pastikan bisnis Anda tidak terlalu jauh dengan THR yang Anda dapatkan. Tidak apa-apa jika Anda dapat memulainya dengan sederhana, asalkan dengan perencanaan yang matang agar tetap bertumbuh.

2. Buatlah skala prioritas

Bagilah modal usaha yang Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Buatlah prioritas dan janganlah tergesa-gesa agar kebutuhan Anda tetap terpenuhi dan tidak merasa kesulitan.

Jika sudah, hitunglah modalnya dengan mendetail dan bandingkan dengan dana THR yang Anda butuhkan.

3. Mencoba opsi pinjaman

Jika Anda merasa ingin membutuhkan modal yang lebih besar, Anda dapat mempertimbangkan opsi pinjaman. Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan arus kas Anda.

Namun, pastikan Anda telah melunasi hutang lainnya. Bayarlah dengan tepat waktu dan jagalah skor kredit Anda dengan baik. Hal ini perlu terutama jika Anda membutuhkannya kembali di kemudian hari.

Sebagai catatan, ambilan pendanaan atau pinjaman yang dapat Anda bayar kembali dengan cepat atau mudah. Janganlah untuk mengambil pinjaman dengan suku bunga yang tidak mampu Anda bayarkan.

3. Jangan habiskan seluruh dana untuk modal bisnis

Sisihkanlah dana THR Anda untuk kebutuhan di lain hari sebagai langkah antisipasi. Contohnya seperti jika Anda membutuhkan modal tambahan untuk bisnis Anda.

Jika Anda sudah memanfaatkan dana THR untuk modal bisnis Anda secara maksimal, hal yang dapat Anda terapkan berikutnya adalah memanajemen uang Anda.

Untuk itu, berikut beberapa tips agar modal THR Anda dapat kembali lebih cepat.

1. Investasi dalam pertumbuhan

Pastikan Anda menyisihkan dana untuk pertumbuhan bisnis Anda. Hal ini perlu agar bisnis Anda dapat berkembang lebih cepat dan bergerak ke keuangan yang lebih sehat.

2. Berikan lebih banyak nilai

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak, Anda dapat memikirkan bagaimana cara untuk memberikan nilai lebih banyak kepada pelanggan Anda. Contohnya seperti dalam meningkatkan keterampilan, memecahkan masalah, dan lainnya.

3. Selalu awasi arus keuangan Anda

Sisihkan waktu untuk meninjau keuangan Anda. Hal ini membuat Anda menjadi lebih paham mengenai bisnis Anda dan menghindari adanya potensi ‘kejahatan’ keuangan seperti penipuan ataupun adanya resiko.

4. Selalu terapkan kebiasaan finansial yang baik

Pastikan Anda juga memiliki waktu untuk menerapkan kebiasaan finansial yang baik untuk bisnis Anda. Selalu meninjau, memperbarui informasi bisnis Anda dan kebiasaan baik lainnya untuk menjaga kesehatan bisnis Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis modal usaha ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top