Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Salah, Ini 9 Kebiasaan Kelola Uang yang Dianggap Normal Tapi Sebenarnya Berbahaya

Berikut beberapa kesalahan dalam mengelola keuangan yang dianggap normal namun berbahaya untuk finansial Anda
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 28 April 2022  |  22:33 WIB
Tips kelola keuangan
Tips kelola keuangan

Bisnis.com, JAKARTA - Hanya karena Anda terbiasa, bukan berarti kebiasaan tersebut malah baik untuk Anda.

Dilansir dari Gobankingrates, hal ini bisa terjadi pada Anda ketika berinvestasi, menabung atau ketika Anda membelanjakan sesuatu. Anda bisa saja tidak menyadarinya atau sudah mengetahuinya namun sulit untuk dirubah.

Berikut beberapa kesalahan dalam mengelola keuangan yang dianggap normal namun berbahaya untuk finansial Anda :

1. Tidak Mengikuti Anggaran Dasar

Pada tahun 2020, sebuah survei dari Intuit/Mint menemukan bahwa 65% orang tidak tahu berapa banyak uang yang telah mereka habiskan sebulan sebelumnya.

Untuk itu Anda harus mengetahui berapa banyak uang yang Anda hasilkan, yang Anda belanjakan, sektor apa yang paling banyak menghasilkan uang dan lainnya.

2. Mengabaikan Kredit Anda Sampai Itu Penting

Banyak orang masih mengabaikan kredit mereka hampir sepanjang tahun. Untuk itu, Anda perlu memperhatikannya terutama untuk skor kredit Anda.

3. Membawa Saldo di Kartu Kredit

Menurut Lending Tree, sedikit lebih dari setengah pengguna kartu kredit Amerika memiliki saldo di akun mereka. Namun pada nyatanya, hal inilah yang bank ingin mereka lakukan.

Ketika Anda membayar saldo tagihan Anda secara penuh setiap bulan, Anda hanya membayar sebanyak yang diperlukan untuk menutupi pembelian Anda.

Jika Anda tidak membayar seluruh pernyataan Anda dan membawa saldo, di sisi lain, bank akan memukul Anda dengan biaya keuangan.

4. Mengotomatiskan Tagihan Anda

Dengan pembayaran tagihan otomatis, maka akan membuatnya mudah kehilangan jejak dengan apa yang Anda bayar dan kepada siapa. Hal ini akan menjadi kesalahan, terutama jika Anda berlangganan pada aplikasi yang Anda sudah tidak gunakan kembali.

5. Membiarkan Algoritma Memilih Investasi Anda

Perlu diketahui untuk Anda, menurut Forbes, robo-advisors menghilangkan emosi manusia, bias manusia dan, oleh karena itu, kesalahan manusia.

Ketika algoritma melakukan investasi pasif atas nama Anda, Anda tidak hanya menghilangkan kesalahan manusia, tetapi juga perspektif manusia.

6. Berinvestasi untuk cepat menjadi kaya

Investasi sendiri sering dianggap sebagai salah satu cara yang cepat untuk menggapai kesuksesan.

Padahal pada nyatanya, menurut Teachers Insurance and Annuity Association of America-College Retirement Equities Fund (TIAA), cara paling pasti untuk membangun kekayaan adalah dengan berinvestasi secara perlahan dan mantap.

7. Tidak Memanfaatkan Reward Kartu Kredit

Jika Anda memiliki kartu kredit dan tidak menggunakan poin tersebut, maka Anda juga bisa saja membayar lebih untuk barang-barang yang Anda belinya setiap hari.

8. Tidak Berkomunikasi dengan Mitra Anda Tentang Uang

Menurut CNN, diskusi yang jujur dan terbuka tentang uang dapat meningkatkan hubungan. Namun, Anda tidak boleh terlalu mengharapkan pernikahan atau kemitraan pribadi dalam jangka panjang apapun.

9. Menghabiskan uang seperti pada 2019

Pada tahun 2020 dan 2021, orang-orang di seluruh negeri dan lintas tingkat pendapatan menghabiskan lebih sedikit dan menabung lebih banyak. Untuk itu, Anda dapat mempertahankan perilaku ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips tips keuangan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top