Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Bisnis Menjanjikan untuk Anak Muda, Simak Peluangnya

Anak muda saat ini bisa memulai menjadi wirausaha melalui empat bisnis yang menjanjikan.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 12 Juni 2022  |  16:07 WIB
Redaktur Senior Kumparan Bisnis Angga Sukma Wijaya  dalam ada acara Bisnis Muda Day 2, Minggu (12/6/2022). - Khadijah Shahnaz
Redaktur Senior Kumparan Bisnis Angga Sukma Wijaya dalam ada acara Bisnis Muda Day 2, Minggu (12/6/2022). - Khadijah Shahnaz

Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pemuda di Indonesia saat ini mencapai 64,29 juta atau 23,90 persen dari total populasi. Dari 100 orang pemuda, ternyata hanya 18 orang atau 3,47 persen yang berwirausaha.

Jumlah wirausaha pemuda Indonesia ini pun dinilai masih rendah dibandingkan negara tetangga yaitu Singapura 8,7 persen dan Thailand sebanyak 4 persen.

Redaktur Senior Kumparan Bisnis Angga Sukma Wijaya mengatakan wirausaha merupakan salah satu tulang punggung untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2045. Angga pun menjelaskan anak muda saat ini bisa memulai menjadi wirausaha melalui empat bisnis yang menjanjikan.

Berikut ini empat bisnis yang menjanjikan bagi wirausaha:

  1. Kuliner
  2. Content Creator
  3. Reseller dan Dropshipper
  4. Pertanian.

Angga menilai keempat bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan, di mana diiringi dengan riset dan memahami pangsa pasar yang sesuai. Dia pun memberikan beberapa tips agar bisnis dapat bertahan dan berkembang.

Angga menjelaskan konsisten menjadi poin penting dalam mengembangkan bisnis. Angga pun mengatakan meskipun pendanaan dalam menjalani wirausaha mengalami kesulitan tetapi selalu ada jalan keluar, yakni melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank.

Angga juga mengatakan wirausaha harus selalu mengenali peluang pasar dan mengetahui strategi marketing yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Dia pun mencontohkan keripik Maicih pada 2009 yang menggunakan platform media sosial Twitter sebagai ladang berjualan keripik pedas tersebut.

"Inget jelas, Keripik Maicih menurut saya merupakan pelopor digital marketing. Mereka berjualan di tahun 2009 menggunakan Twitter," ujar Angga dalam ada acara Bisnis Muda Day 2, Minggu (12/6/2022).

Dia pun menutup dengan mengatakan bisnis yang dapat berkembang dan bertahan harus memiliki manfaat bagi banyak orang dan para wirausaha mau diberikan masukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha peluang bisnis tips bisnis
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top