Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Multitasking Bikin Pekerja Sulit Fokus Bekerja

Hanya 2 persen dari populasi pekerja di dunia yang benar-benar melakukan dua tugas kognitif pada saat yang bersamaan. Mereka disebut supertaskers dan itu jarang terjadi.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  16:58 WIB
Multitasking dalam Pekerjaan Sulitkan Pekerja Sulit Fokus Bekerja - Entrepreneur
Multitasking dalam Pekerjaan Sulitkan Pekerja Sulit Fokus Bekerja - Entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA — Deep work adalah saat Anda sepenuhnya tenggelam dan fokus dalam mengerjakan sebuah tugas, tanpa mengerjakan hal yang lainnya.

Dilansir dari Healthline, hanya 2 persen dari populasi pekerja di dunia yang benar-benar melakukan dua tugas kognitif pada saat yang bersamaan. Mereka disebut supertaskers dan itu jarang terjadi.

Menurut tinjauan penelitian 2019, otak manusia tidak memiliki blok kognitif dan saraf untuk melakukan dua tugas sekaligus. Hal itu menunjukkan bahwa multitasking membuat aliran informasi yang tidak relevan bersaing untuk menarik perhatian orang, mengakibatkan gangguan kinerja dan peningkatan kesalahan.

Lompatan terus-menerus dari satu tugas ke tugas lainnya mengurangi kemampuan kita untuk fokus dan dapat mengakibatkan perasaan stres dan kewalahan.

Singkatnya, multitasking justru bisa berimbas buruk seperti berikut ini :

  1. Gangguan kinerja
  2. Peningkatan kesalahan
  3. Rentang perhatian berkurang
  4. Kreativitas berkurang
  5. Produktivitas menurun
  6. Stres dan kewalahan
  7. Monotasking, bagaimanapun, mendorong kita untuk hadir di satu tempat, memberikan perhatian kita pada apa yang kita lakukan, dan masuk ke kondisi kerja yang mendalam.

Keuntungan dari deep work sangat banyak. Anda akan lebih bersenang-senang dan melakukan segalanya dengan lebih baik. Anda akan lebih produktif, membuat lebih sedikit kesalahan, dan membuat koneksi yang tidak Anda sadari dalam keadaan multitasking dan terganggu.

Cara Berlatih Deep Work

Jika Anda adalah tipe orang yang selalu berusaha menyelesaikan lima hal sekaligus, memusatkan perhatian hanya pada satu tugas akan terasa sulit. Cobalah tips ini:

1. Hilangkan Gangguan

Gangguan mengalihkan fokus Anda dari tugas yang ada, tetapi Anda dapat menghindari sebagian besar gangguan dengan beberapa hal kecil. Sebagai permulaan, tutup email Anda sehingga Anda tidak langsung melihatnya saat menerima pesan baru.  Anda juga dapat mencoba meletakkan ponsel Anda pada mode pesawat dan memasukkannya ke dalam laci di mana Anda tidak dapat melihatnya.

2. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah obat yang efektif untuk writer's block. Inspirasi, kreativitas, dan fokus tampaknya datang secara alami setelah menghabiskan 20 menit atau lebih jalan kaki.

3. Coba Binaural Beats

Frekuensi binaural beats tertentu dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Binaural beat terdiri dari dua nada yang frekuensinya berbeda. Frekuensi ketukan ini dapat mengubah aktivitas gelombang otak. Paling tidak, dapat menghilangkan gangguan dari luar, yang pada gilirannya dapat membantu Anda fokus.

4. Rencanakan ke Depan

Alih-alih membagi pikiran Anda pada beberapa tugas yang berbeda, mundurlah selangkah dan rencanakan. Anda dapat menuliskan semua yang perlu Anda lakukan hari itu dan mengaturnya ke dalam daftar tugas yang diprioritaskan.

5. Jadikan Monotasking Sebagai Kebiasaan

Monotasking dapat membantu kita menjadi lebih produktif dan mengurangi stres. Semakin kita melakukannya, semakin baik kita menjadi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top