Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 4 Ide Bisnis Online dengan Modal Kecil dan Tips Memulainya

Lantas, apa saja peluang bisnis yang menjanjikan di internet? Melansir dari Goobimedia.com pada Senin (11/7/2022) berikut ulasannya 3 Tips Memulai Bisnis.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  16:29 WIB
Ini 4 Ide Bisnis Online dengan Modal Kecil dan Tips Memulainya
Tips bisnis online

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak sekali peluang bisnis di internet yang menawarkan penghasilan cukup menjanjikan bahkan terkadang hasilnya bisa melebihi gaji pokok yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu Anda.

Atau jika Anda sudah cukup berhasil mengambil peluang tersebut, Anda bisa menjadikannya pekerjaan tetap bagi Anda, tanpa harus terikat kontrak dengan suatu perusahaan atau lembaga.

Lantas, apa saja peluang bisnis yang menjanjikan di internet? Melansir dari Goobimedia.com pada Senin (11/7/2022) berikut ulasannya 3 Tips Memulai Bisnis:

1. Yakinkan Diri Sendiri

Sebelum memulai bisnis, mindset adalah hal yang sangat penting. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menguatkan hati sebelum memilih pilihan.

Anda tidak akan bisa membuat suatu bisnis berjalan baik, jika Anda belum punya rasa antusiasme yang tinggi ketika akan memulainya. Apabila, kita punya keyakinan yang kuat, maka secara otomatis seseorang akan secara cermat menentukan keputusan yang harus diambilnya.

Rasa percaya diri akan menjadi kekuatan Anda, ketika menghadapi kegagalan san kesulitan. Tentu, secara tidak langsung Anda dapat mengurai sebuah permasalahan yang terjadi secara tenang.

2. Rencanakan Visi dan Misi Bisnis Anda

Adanya visi misi yang jelas akan sangat membantu setiap tim dan anggota untuk mengetahui kemana arah bisnis yang akan Anda tuju. Biasanya, visi dan misi ini akan mempengaruhi pengambilan keputusan.

Selain itu, kehadiran visi dan misi ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan langkah-langkah yang tepat

3. Tetapkan Model Bisnis

Jika Anda melihat bahwa bisnis yang Anda pilih mengalami banyak stabilitas, maka cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti.

Model bisnis di sini maksudnya adalah platform apa yang akan Anda gunakan dalam bisnis. Dengan membuat website khusus, melalui akun media sosial di beberapa platform sekaligus, atau dari marketplace? Atau malah semuanya?

Ide Bisnis Online

1. Dapatkan penghasilan dari Youtube dan Blog

Blog dan Youtube adalah sebuah platform yang tidak bisa dipisahkan dari bisnis online. Blog adalah platform informasi atau media membaca untuk menyalurkan informasi. Sementara, Youtube adalah platform video.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari Blog dan Youtube? Jawabannya adalah dengan memasang Google AdSense. Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif untuk setiap iklan yang diklik.

Tentunya, membuat Blog dan Youtube memang mudah tapi yang perlu anda ingat adalah bagaimana Anda secara konsisten dan rajin, mampu menghasilkan sebuah konten secara rutin kedepannya agar klien tertarik menyewa spot pada blog atau Youtube Anda untuk pemasangan iklan.

2. Lakukan Penjualan Foto di Internet

Pernahkah Anda berpikir menjual foto-foto hasil jepretan Anda di website? Itu bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa foto adalah sebuah karya seni, sehingga bukan tidak mungkin bisa menghasilkan uang.

Kini situs web flickr.com, unsplash.com, shutterstock.com dapat menjadi alternatif website yang memungkinkan Anda untuk menjual foto atau gambar yang Anda miliki menjadi uang.

3. Bisnis Online Dropship Tanpa Modal Besar

Usaha modal kecil yang kedua adalah menjadi dropshipper. Dropship merupakan teknik pemasaran online menjual produk tanpa harus menyimpan stok barang.

Cara kerjanya mudah, Anda hanya perlu mempromosikan produk yang dijual hingga mendapat pesanan, lalu meneruskan pesanan tersebut ke pihak distributor.

Pihak distributor inilah yang akan mengatur pengiriman pesanan ke customer-customer Anda.

Dropship menjadi andalan bagi mereka yang mencari usaha modal kecil, karena modal utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dropshipper hanya relasi untuk menjual produk tersebut.

Namun dalam menjalankan bisnis ini, Anda juga harus tekun dan dapat mengelolanya dengan baik. Anda harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah agar customer merasa puas membeli barang dari Anda.

4. Lakukan Sistem Affiliate Marketing

Apa itu afiliasi? Afiliasi adalah cara pemasaran produk dengan menggunakan URL atau link khusus yang mengarah ke produk atau layanan khusus yang dijual oleh sebuah merchant.

Jadi, Anda tidak harus membuat atau memiliki produknya. Cukup pilih produk orang lain yang menurut Anda bakal laris, lalu pasarkan.

Produk yang dipasarkan biasanya berbentuk digital, seperti; ebook, video, dan membership. Namun, banyak juga produk fisik yang dipasarkan dengan cara affiliate marketing.

Itulah peluang bisnis yang menjanjikan di internet. Mudah dan praktis bukan? Berani mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis Bisnis Online tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top