Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Tingkatkan Soft Skill? Simak 12 Cara Efektif Ini

Manajemen waktu adalah soft skill yang solid untuk dimiliki di tempat kerja, dan cara yang bagus untuk meningkatkannya adalah dengan datang ke tempat kerja tepa
Soft Skill, keahlian yang harus dimiliki saat memasuki dunia kerja/smadwiwarna
Soft Skill, keahlian yang harus dimiliki saat memasuki dunia kerja/smadwiwarna

Datang Tepat Waktu hingga Refleksi Diri

8. Datang Tepat Waktu

Manajemen waktu adalah soft skill yang solid untuk dimiliki di tempat kerja, dan cara yang bagus untuk meningkatkannya adalah dengan datang ke tempat kerja tepat waktu.

Mematuhi jadwal dapat memberi Anda kemampuan untuk mencapai tujuan, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan tetap teratur, tentunya akan menghasilkan lebih banyak produktivitas dan dapat membantu Anda menonjol dari rekan-rekan Anda.

9. Amati Orang Lain

Salah satu cara paling ampuh, apabila Anda ingin meningkatkan soft skill Anda adalah dengan mengamati orang lain di sekitar. Ini bisa berarti memperhatikan manajer, rekan kerja, dan karyawan dari departemen lain.

Amati cara mereka menyelesaikan tugas, termasuk bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain atau ketika harus menyelesaikan pekerjaan personal yang mungkin melibatkan banyak soft skill.

Sangat penting untuk bersikap terbuka apabila memutuskan untuk mempelajarinya dari orang lain, karena setiap orang pastinya punya keunggulan atas hard skill dan soft skill-nya.

10. Belajar dari Konflik

Tidak jarang konflik terjadi, tetapi yang paling penting adalah bagaimana Anda mengatasinya. Misal, ketika konflik muncul, maka Anda harus pikirkan cara alternatif untuk menyelesaikannya agar tidak mengganggu hubungan Anda dengan rekan kerja dan terus produktif sebagai rekan satu tim.

Dengan belajar melalui konflik, Anda dapat mengasah kemampuan problem solving hingga menunjukkan bahwa Anda punya kemampuan memimpin/leadership.

11. Latih Critical Thinking

Berpikir kritis itu sendiri adalah soft skill. Hal ini bisa dimulai. Dengan mempertanyakan banyak aspek, Anda dapat memberikan penilaian secara logis dan rasional. Critical thinking berbeda dari argumentatif yang sering kali hanya melempar argumen dan berujung pada perdebatan panjang tanpa ujung.

12. Refleksi Diri

Terakhir adalah dengan refleksi diri, di mana praktik ini bermanfaat bagi hampir semua orang, di dunia yang serba cepat.

Pikirkan tentang situasi di mana Anda tidak mendapatkan respons yang Anda harapkan atau di mana seseorang tampaknya membawa Anda ke arah yang salah. Pikirkan tentang apa yang Anda katakan, bagaimana Anda mengatakannya, dan bahkan bagaimana Anda memposisikan diri Anda saat mengatakannya.

Anda mungkin menemukan beberapa pengamatan yang mengejutkan tentang perilaku Anda pada waktu tertentu, dengan menyadari beberapa situasi yang terlewat, maka hal tersebut dapat membantu Anda meningkatkan soft skill Anda dari waktu ke waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper