Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Ide Bisnis di Bidang Layanan Kesehatan yang Berpotensi Cuan

Ketika Anda memutuskan untuk menjual alat kesehatan, maka otomatis Anda akan menyediakan barang-barang yang berhubungan dengan kesehatan
Tenaga kesehatan laboratorium sedang mengambil sampel tes./primed.co.id
Tenaga kesehatan laboratorium sedang mengambil sampel tes./primed.co.id

Bisnis Alat Kesehatan hingga Lab Medis

1. Bisnis Alat Kesehatan

Ketika Anda memutuskan untuk menjual alat kesehatan, maka otomatis Anda akan menyediakan barang-barang yang berhubungan dengan kesehatan baik kepada penyedia jasa medis, seperti dokter, klinik, rumah sakit bahkan penyedia layanan kesehatan lainnya ataupun langsung ke konsumen.

Misalnya, Anda dapat menjual produk massal seperti jarum suntik atau cairan infus ke rumah sakit. Atau Anda bisa membuka toko retail yang menjual perlengkapan medis seperti arm sling (selempang lengan), dan walker, jenis alat bantu jalan yang umum digunakan lansia.

2. Layanan Tagihan Medis

Banyak rumah sakit dan klinik menggunakan outsourcing penagihan medis untuk menangani dokumentasi keuangan untuk bisnis mereka. Hal ini memungkinkan, apabila mereka terfokus untuk melayani pasien saja.

Sementara, Anda tidak memerlukan pelatihan medis khusus untuk melakukan pekerjaan ini, tapi Anda harus menguasai software catatan kesehatan elektronik secara hati-hati. Karena, data pasien harus tetap terjaga privasinya. Anda pun dapat bekerja dari jarak jauh dan melayani banyak klien.

3. Layanan Transkripsi Medis

Layanan transkripsi medis adalah sebuah proses menyalin laporan medis yang disuarakan oleh dokter, perawat, dan lainnya guna membuat file yang mewakili riwayat pengobatan pasien.

Sebenarnya, laporan medis bisa berupa file suara, catatan saat kuliah, atau materi lisan lainnya. Bahkan, mereka mungkin melalui telepon, diunggah secara digital melalui internet, atau melalui aplikasi smartphone. Namun, kini sebagian dari industri layanan kesehatan membuat dan mengedit laporan, prosedur, dan catatan dokter ini dalam format elektronik.

4. Klinik Hewan

Bagi Anda yang mencintai hewan atau mungkin sempat menempuh studi kedokteran hewan, maka mendirikan klinik hewan menjadi sebuah rencana bisnis yang ideal. Tentunya, hal yang perlu diperhatikan adalah memilih partner yang cocok untuk memulai eksekusi.

5. Spesialis Asuransi Kesehatan

Lini bisnis asuransi kesehatan terus bertumbuh seiring dengan peningkatan kebutuhan akan proteksi. Dengan Anda menjadi spesialis asuransi kesehatan, maka Anda dapat bekerja secara langsung dengan para pasien dan menawarkan produk-produk asuransi kesehatan yang cocok sesuai rencana dan benefit pertanggungannya.

6. Bisnis Kesehatan Online

Banyak para ahli kesehatan membuka layanan konsultasi kesehatan secara daring atau telemedisin. Alasannya, terjadi perubahan perilaku mendorong industri melakukan transformasi digital dan kini konsumen lebih customer-centric dan berhati-hati memilih layanan kesehatan yang aman, serta tanpa mendapat risiko terpapar virus. Anda dapat mengatur klinik yang hanya melakukan obrolan video dengan pasien.

Bahkan, agar makin komplit, Anda juga bisa menawarkan pengiriman resep dan produk-produk kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, suplemen, disinfektan, dan obat herbal,

7. Jasa Pengembangan Software untuk Penagihan Medis

Dengan adanya jasa ini dapat memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan medis.
Pembuatan sebuah sistem tentunya akan memberikan kemudahan dengan pengaksesan yang dilakukan secara online melalui website atau aplikasi terkait urusan transaksi pasien dan ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan keuangan pada rumah sakit yang menjadikan keuangan lebih efektif dan terperinci.

Ide Bisnis Lainnya di Sektor Kesehatan

Selain ide bisnis perawatan kesehatan umum yang tercantum di atas, ada banyak ide dan pilihan yang muncul untuk Anda pertimbangkan ketika akan terjun di industri ini

8. Layanan Pembersihan Medis

Layanan ini berupa jasa yang diberikan kepada klinik, rumah sakit, dan bisnis medis lainnya dengan menyediakan layanan pembersihan dan sanitasi penuh. Ini adalah spesialisasi pembersihan yang penting karena dapat mengurangi infeksi dan penularan penyakit bagi pasien yang rentan.

9. Jasa Software Pengembang Telehealth

Apabila Anda punya kemampuan dalam IT, maka Anda bisa menawarkan keahlian Anda dalam mendesai sebuah program yang menawarkan obrolan langsung, panggilan video dan suara, serta pengiriman pesan untuk memfasilitasi interaksi jarak jauh.

10. Bisnis Apotek Ritel

Jika Anda ingin memulai bisnis tatap muka, baiknya pertimbangkan salah satu bisnis, yakni apotek. Tentunya, Anda memerlukan seorang profesional farmasi untuk benar-benar mendistribusikan obat-obatan. Namun, bisnis ini juga biasanya menawarkan produk lain seperti makanan beserta kartu ucapan

11. Lab Medis

Laboratorium medis bekerja dengan penyedia untuk menguji sampel dan memberikan info akurat untuk diagnosis. Spesialisasi ini memang membutuhkan pelatihan medis, tetapi biasanya tidak bekerja secara langsung dengan pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper