Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kualitas yang Harus Dipenuhi Agar Jadi Pengusaha Sukses

Berikut Bisnis ulas sejumlah kualitas dan karakteristik seorang pengusahawan yang sukses
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  09:49 WIB
5 Kualitas yang Harus Dipenuhi Agar Jadi Pengusaha Sukses
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang entrepreneur atau pengusaha yang sukses tentu melewati perjalanan yang panjang.

Namun, ada beberapa kualitas atau karakteristik diri yang bisa mendorong dan membantu Anda agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan persaingan.

Jika saat ini Anda memiliki bisnis yang tidak berjalan sesuai dengan harapan atau merasa tidak berkembang, maka penting bagi Anda untuk melihatnya sebagai suatu motivasi dibanding melihatnya sebagai kekurangan.

Berikut Bisnis ulas sejumlah kualitas dan karakteristik seorang pengusahawan yang sukses, dikutip dari Entrepreneur, Rabu (03/08/2022).

1. Kesediaan untuk gagal

Tentu saja, membuat usaha dari awal itu pasti ada tantangannya atau kegagalan selama berjalannya usaha. Alasan seseorang takut gagal, biasanya disebabkan kekhawatiran akan dikucilkan oleh lingkungan sekitar. Bahkan, ekstrimnya seseorang yang takut gagal karena merasa ini menjadi ancaman sosial dan takut akan dijauhi karena dianggap tidak berguna bagi orang terdekat.

Namun, sebagai pengusaha, sifat pantang menyerah wajib dimiliki agar kita tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan. Dari kegagalan tersebut dapat dijadikan pelajaran dan motivasi untuk Anda kedepannya agar meminimalisir gagal dalam berpengusaha. Kegagalan adalah anugerah. Setiap pengusaha sudah harus menghadapi zona tidak nyaman dan memahami itu adalah sebagai bagian dari proses.

Jika Anda tidak gagal, Anda tidak melakukannya dengan benar!

2. Berpikir kritis

Tentunya keinginan setiap orang adalah terus tinggal bersama orang terdekat dan tidak melawan arus atau anggapan orang sekitar. Sayangnya, terkadang orang sekitar menjadi lebih mudah meragukan dan mempertanyan keputusan Anda. Sehingga, dibanding harus diragukan, baiknya Anda keluar dari zona nyaman.

Ini artinya, menjadi pengusaha, membuat Anda harus kreatif dan inovatif. Namun, itu tidak cukup, apalagi persaingan bisnis kini semakin meningkat.

Sehingga untuk menjadi sukses, Anda juga harus mulai berpikir kritis. Berpikir kritis adalah kemampuan menganalisa fakta yang ada untuk membuat gagasan dan mempertahankannya dan membuat perbandingannya.

Dengan membuat perbandingan tersebutlah Anda dapat menarik kesimpulan dan membuat sebuah solusi dari masalah yang ada dan menilai suatu secara lebih objektif. Jangan sampai Anda terlalu nyaman untuk mengikuti tiap arus di lingkungan sekitar, sebab dengan mengikuti sekawanan orang, biasanya tidak bisa membawa Anda untuk berkembang lebih jauh.

3. Kejelasan visi

Adanya hasil yang tidak sesuai dengan harapan, biasanya akan membuat kebanyakan orang menjadi frustasi. Hal ini, disebabkan karena perilaku menyabotase diri sendiri seperti menunda- nunda hingga ke alam bawah sadar. Sebab, dia merasa takut akan perubahan dan tidak menyukai ketidakpastian seperti masa depan usahanya.

Padahal, selaku pengusaha, Anda bertanggungjawab penuh atas bisnis yang dijalankan. Penting, bagi setiap pengusaha untuk menciptakan visi yang jelas tentang apa yang ingin mereka capai. Pasalnya, tanpa visi yang jelas, maka bisnis dapat berjalan tanpa arah yang jelas dan membuat Anda sulit mengambil keputusan dan menyelesaikan berbagai permasalahan bisnis tanpa harus menunggu bantuan pihak lain.

4. Yakin terhadap diri sendiri

Friedrich Nietzsche berkata, "Seseorang yang kuat adalah seseorang yang bisa menghadapi segalanya dengan berbagai cara”. Hal ini sama persis dengan salah satu karakteristik seorang pengusaha, yakni keyakinan pada diri sendiri atas hasil yang akan dicapai.
Mereka tahu bahwa mereka akan selalu bergerak menuju tujuan itu terlepas dari kemunduran.

Mereka yakin bahwa diri mereka memiliki pengaruh yang besar dan pemikiran untuk tidak mau maju akan terasa menyakitkan. Sehingga, dengan berbekal ambisi, membuat mereka tak terbendung. Tidak ada yang akan menghalangi mereka.

5. Komunikasi yang baik

Setiap pengusahawan tahu bahwa mereka membutuhkan orang lain untuk berhasil, jadi mereka berusaha mengelilingi diri mereka dengan orang-orang di posisi yang ingin mereka tiru. Tanpa keterampilan komunikasi yang baik, Anda tidak mungkin bisa mendapatkan gambaran akurat soal orientasi hasil bbisnis seseorang. Jika Anda ingin orang lain memahami hasrat, dorongan, dan pengaruh Anda, Anda harus mengomunikasikannya.

Sangat mudah untuk mengungkap hal-hal dengan cepat, apabila Anda bisa kenal dengan banyak orang. Itulah mengapa komunikasi yang kuat adalah kualitas yang harus dimiliki setiap pengusaha.

Tentunya lima kualitas ini hanyalah puncak gunung es. Di bawah semua itu ada sejuta kualitas yang berbeda, sampai ke tingkat individu. Tapi ini tentu awal yang baik. Beberapa akan memiliki kualitas ini secara alami, tetapi mereka juga dapat dikembangkan dari waktu ke waktu.

Apabila Anda sedang berada dalam di tengah perjalanan bisnis, penting bagi Anda untuk melihat area mana yang bisa Anda fokuskan. Lalu, carilah bantuan dan bimbingan tentang bagaimana tumbuh di daerah tersebut. Teruskan dan pertahankan konsistensi Anda pada orientasi pada hasil yang Anda pilih, maka niscaya Anda akan mencapainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis pengusaha tips sukses
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top