Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Pebisnis Terkaya Paling Muda di Dunia Per Agustus 2022

Alexander Andresen adalah seorang putri dari Johan Andresen Jr, merupakan pengusaha bisnis keluarga, perusahaan investasi Ferd.
Gary Wang
Gary Wang

Alexander Andresen hingga Gary Wang

6. Alexander Andresen

Alexander Andresen adalah seorang putri dari Johan Andresen Jr, merupakan pengusaha bisnis keluarga, perusahaan investasi Ferd, yang merupakan salah satu perusahaan swasta terbesar di Norwegia. Adapun, perusahaan Ferd mulai berdiri pada 1849, di mana kakek buyut Alexandra dan Katharina, Johan Henrik Adresen membeli perusahaan tembakau J.L. Tiedemanss. Perusahaan ini pada akhirnya menjadi perusahaan rokok nomor satu di Norwegia selama lebih dari 150 tahun.

Keluarga Andresen menjalankan bisnis industri tembakau hingga menjual sahamnya ke perusahaan Skandinavisk Tobakskompagni sebesar US$500 juta atau sekitar Rp7 miliar. Saat ini, Ferd tidak hanya bergerak di bisnis tembakau, tapi bergerak di bidang ritel, investasi. Di usianya yang menginjak 26 tahun, disebutkan bahwa kekayaan Andresen telah mencapai US$1,2 miliar atau sekitar Rp17 miliar.

7. Austin Russell

Pria yang berusia 27 tahun ini merupakan pendiri perusahaan sensor otomotif Luminar Technologies, yang go public dalam merger SPAC pada Desember 2020. Adapun, Luminar Technologies yang diciptakannya berupa sensor berteknologi tinggi untuk membantu kendaraan self-driving "melihat" lingkungan mereka.

Russell sendiri merupakan ahli optik, di mana dirinya pernah mengembangkan ide untuk Luminar ketika dia baru berusia 17 tahun dan belajar fisika di Universitas Stanford. Namun pada tahun 2012, dia memutuskan untuk tak melanjutkan studinya dan keluar dari perguruan tinggi, setelah menerima dana sebesar US$100.000 atau sebesar Rp1 miliar dari Thiel Fellowship, sebuah program yang didanai oleh miliarder Peter Thiel untuk membina wirausahawan.
kekayaan Russell saat ini mencapai US$ 1,2 miliar atau sekitar Rp17 triliun dan menduduki posisi ke-6 dari daftar orang kaya termuda di bawah usia 30 tahun menurut Forbes.

8. Katharina Andersen

Selain Alexandra, kakak perempuannya Katharina yang berusia 27 tahun juga mempunyai kekayaan yang sebanding dengan dirinya. Sebagai pebisnis, Katharina juga fokus terhadap perkembangan sosial suatu negara. Mahasiswi ilmu sosial di Amsterdam University College ini membuat proyek untuk mengurangi jumlah anak muda pengangguran pada 2014.

Alasan mengapa Alexandra dan Katharina sudah menerima kekayaan sebesar itu di usia mudanya, disebabkan adanya peraturan yang berlaku di negara Norwegia, di mana setiap orang kaya harus membayar pajak hampir 1 persen dari kekayaan yang dimilikinya. Hal ini membuat ayah mereka, Johan H. Andersen, segera mengurangi kekayaan miliknya dengan memberikan warisan kepada anak mereka setelah anaknya berusia 17 tahun. Tujuannya tidak lain untuk mengurangi pajak yang harus dibayar.

9. Ryan Breslow

Disebutkan oleh Forbes, bahwa Ryan Breslow keluar dari Stanford pada tahun 2014 untuk meluncurkan startup pembayaran Bolt. Lalu, pada Januari 2022 dia pun mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif.
Breslow telah mendapatkan dana sebesar US$1,3 miliar dari kepemilikannya di Bolt, termasuk US$355 juta pada Januari 2022, di mana nilai perusahaan mencapai US$11 miliar. Bolt telah menarik investor seperti BlackRock, General Atlantic, dan SAP dengan menjanjikan pembayaran bergaya Amazon kepada jutaan pengecer online.

Saat ini, kekayaan Breslow mencapai US$2 miliar atau sekitar Rp 28,7 triliun, dan menduduki posisi ke-1.524 dari daftar orang terkaya di dunia. Namun dari daftar orang kaya termuda di bawah usia 30 tahun versi Forbes, Breslow menduduki posisi ke-8 dengan usia Breslow saat ini yakni 28 tahun.

10. Gary Wang

Gary Wang merupakan pendiri sekaligus Chief Technology Officer perusahaan pertukaran cryptocurrency FTX. Pria yang berusia 29 tahun ini merupakan lulusan dari MIT. Sebelum bergabung bersama dengan sang miliarder yakni Sam Bankman-Fried untuk meluncurkan FTX pada 2019, diketahui dirinya sempat bekerja di Google, membangun sistem untuk menggabungkan harga di jutaan penerbangan.

Wang memiliki sekitar 16% bursa FTX, dan berhasil meraup dana sebesar US$ 400 juta dengan penilaian US$ 32 miliar pada Januari 2022, dan sekitar 18% dari operasinya di AS. Saat ini, kekayaan Wang mencapai US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp84,7 triliun, dan menduduki posisi ke-434 dari daftar orang terkaya di dunia. Namun dari daftar orang kaya termuda versi Forbes, Wang menduduki posisi ke-9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper