Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Buka Bisnis Toko Peralatan Olahraga yang Hasilkan Keuntungan Maksimal

Berikut ini beberapa tips bisnis untuk membuka toko peralatan olahraga buat Anda yang ingin menjajalnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 04 September 2022  |  13:58 WIB
Tips Buka Bisnis Toko Peralatan Olahraga yang Hasilkan Keuntungan Maksimal
Ilustrasi toko peralatan olahraga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kini, masyarakat makin sadar mengenai pola hidup sehat. Olahraga menjadi hobi baru yang mendatangkan kesenangan tersendiri dan mereka pun membutuhkan peralatan olahraga tertentu.

Adanya permintaan terhadap peralatan olahraga yang kian meningkat berpengaruh pada besarnya peluang untuk memulai usaha toko perlengkapan olahraga.

Peluang usaha jual alat olahraga bisa dikatakan cukup besar dan bagus. Apalagi, melihat banyak orang cenderung memilih beragam peralatan olahraga dari yang murah hingga mahal, tentunya dengan menyesuaikan tren yang sedang berkembang.

Tips Buka Bisnis Toko Peralatan Olahraga

Tentunya, jika Anda menghadirkan peralatan secara lengkap, dijamin bisnis ini akan memberikan hasil yang sangat menguntungkan. Sehingga, apabila Anda tertarik untuk bisa mengambil peluang ini, maka berikut ini beberapa tips bisnis untuk membuka toko peralatan olahraga.

1. Buatlah rencana bisnis dan persiapkan modal

Berdasarkan Small Business Chron, langkah awal adalah dengan menulis rencana bisnis untuk toko olahraga Anda. Teliti pesaing lokal dan tentukan siapa target pelanggan mereka, apakah mereka berspesialisasi dalam peralatan untuk olahraga tertentu dan apa yang membedakan mereka dari toko olahraga lain di area tersebut.

Pertimbangkan juga bagaimana Anda dapat membedakan diri Anda dari kompetitor. Temukan juga spesialisasi produk olahraga yang Anda tawarkan, seperti berburu dan memancing dan beberapa peralatan olahraga air. Selain, Anda fokus menjual peralatan olahraga, Anda juga membuka usaha alat olahraga yang bergerak di bidang persewaan, penjualan, dan perbaikan alat atau bahkan menawarkan pelatihan.

Teliti biaya sewa ruang dan peralatan. Tentukan berapa banyak karyawan yang Anda perlukan dan berapa banyak Anda akan membayar mereka. Buat strategi pemasaran untuk mengiklankan layanan Anda. Nantinya, dari rencana bisnis ini Anda dengan mudah bisa melakukan budgeting yang harus Anda keluarkan sebagai modal awal membuka bisnis toko peralatan olahraga.

2. Selalu ikuti tren

Tren dalam dunia olahraga selalu berubah-ubah. Sebagai pelaku usaha di bidang olahraga, ikutilah perkembangan yang ada. Upgrade stok Anda agar mengikuti tren pasar. Dengan demikian, toko Anda selalu menyediakan stok peralatan yang fresh yang dibutuhkan orang-orang sepanjang waktu.

3. Tentukan lokasi toko yang strategis

Penting untuk memiliki lokasi toko yang baik dan toko dengan ruang yang cukup untuk bisnis Anda. Hubungi agen real estate atau cari toko jualan online, seperti e-commerce. Memiliki toko di lokasi terbaik tentu akan menguntungkan bisnis dalam banyak hal.

Pertimbangkan untuk membeli atau menyewa toko di lokasi ramai seperti di pusat perbelanjaan atau di dekat stasiun kereta api untuk meningkatkan jangkauan bisnis baru Anda. Anda juga bisa membuka toko di lokasi strategis, seperti di sekolah, perguruan tinggi atau bahkan akademi olahraga, yang tentunya bisa menjadi pilihan potensial dalam menarik pelanggan

4. Bentuk strategi penetapan harga

Mengutip dari Mage Store, beberapa toko peralatan olahraga lebih memilih untuk menjual kepada pelatih tim olahraga karena mereka sering membeli peralatan olahraga dalam jumlah besar untuk pemain dalam tim sepanjang tahun. Selain itu, pelanggan yang lebih menyukai peralatan olahraga kelas atas seringkali bersedia membayar mahal untuk barang-barang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, ini akan membawa margin keuntungan yang lebih signifikan dan menentukan model penetapan harga Anda. Karena pakaian olahraga hadir dalam berbagai harga, tetapkan harga Anda sesuai dengan pesaing Anda, dan pelanggan Anda akan tetap setia.

5. Urus izin usaha dan asuransi

Anda harus lakukan perizinan usaha kepada pemerintah setempat sebelum membuka toko peralatan olahraga. Memiliki izin usaha sangat penting untuk memiliki reputasi bisnis yang baik dan menghindari tindakan hukum. Penting juga untuk mendiskusikan kepada agen asuransi terpercaya terkait perlunya tanggung jawab keselatan untuk melindungi diri Anda sendiri jika terjadi cedera pelanggan di toko Anda.

6. Cari supplier terbaik

Melansir dari OkCredit, sebelum Anda membeli peralatan dan perlengkapan olagraga. Cari penawaran terbaik dari grosir baik online maupun offline. Fokus pada pemasok barang olahraga grosir yang menawarkan penawaran lebih baik jika Anda membeli dalam jumlah besar. Pertimbangkan juga untuk menjual peralatan baru dan bekas untuk menghemat uang dan menarik lebih banyak pelanggan.

7. Rekrut SDM terbaik

Bukan merupakan hal yang wajib, tapi akan lebih baik untuk memilih karyawan yang sudah memiliki pengalaman dalam bisnis perlengkapan olahraga atau yang memang seorang sport enthusiast. Terutama untuk bagian store manager atau bagian yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. Sebelum membeli tentu ada kalanya pembeli akan bertanya banyak hal tentang produk. Selain bisa menjelaskan tentang produk sejelas mungkin, tentu dibutuhkan juga orang yang memiliki kemampuan sales untuk posisi ini.

8. Lakukan promosi

Untuk mendapatkan omzet penjualan yang besar, tidak hanya cukup dengan membuka toko offline di lokasi strategis. Anda perlu membuatkan branding dan promosi melalui media sosial. Buatlah semua akun media sosial untuk toko Anda. Ada baiknya juga membuka lapak di situs e-commerce. Beri potongan dan promo-promo menarik dan informasikan melalui media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga tips bisnis tips bisnis online peluang bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top