Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Olahan Daun Kelor jadi Bisnis yang Menyehatkan

Daun kelor juga bisa dijadikan teh, hal inilah yag dilirik oleh Nasrin pemilik teh kelor Kidom.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 November 2022  |  16:08 WIB
Olahan Daun Kelor jadi Bisnis yang Menyehatkan
Teh Kelor Kidom
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daun kelor memang banyak mengandung zat yang sangat baik untuk tubuh.

Tak heran organisasi WHO menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor.

Manfaatnya yang banyak itu dijadikan peluang usaha oleh Kidom, produsen teh kelor asal NTB. Bahkan, karena kesuksesannya, UMKM binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) itu, terpilih menjadi Officialy Merchant G20.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang mengungkapkan olahan Moringa atau Daun kelor terpilih menjadi souvenir resmi acara KTT G20.

Teten Masduki menjelaskan bahwa Daun Kelor merupakan produk yang memiliki manfaat tinggi atau dijuluki super food. Produk olahan Daun Kelor diproduksi dalam skala besar dan telah diperkenalkan di KTT G20.

Perjalananan Bisnis Teh Kelor Kingdom

Teh kelor Kingdom digagas oleh Nasrin, anak Desa Malaju, Kecamatan Kilo Dompu yang melihat potensi Kelor yang tumbuh subur di desanya.

Dia kemudian terinspirasi untuk mengolah daun kelor tersebut seperti teh sehingga dikenal sebagai Teh Kelor Moringa Kidom.

Awalnya, Nasrin merupakan salah satu alumni dari program Desainer Dispatch System (DDS) dari Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Provinsi NTB khusus untuk Kemasan Produk Olahan yang berpotensi menjadi unggulan ekspor daerah pada Tahun 2019.

Ternyata sambutan pasar sangat positif sehingga permintaan terus meningkat. Distribusi pasar Teh Kelor Moringa sudah menyebar di Provinsi di NTB bahkan sampai ke luar negeri yaitu Brunei Darussalam, Malaysia dan Taiwan walaupun masih melalui distributor di Jakarta.

Teh Kelor Kidom aktif mengikuti berbagai pameran, salah satunya Pameran Produk Ekspor terbesar di Indonesia yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di ICE BSD Tangerang dengan Brand dan kemasan berbeda yang menonjolkan kekhasan daerah Gunung Tambora sebagai asal Bahan Baku Teh Kelor Kidom.

Dengan Kemasan yang lebih menarik ternyata tidak sedikit permintaan dari buyer luar negeri yang ingin bekerjasama dengannya di Negara asal mereka pada event Trade Expo Indonesia tersebut.

Teh Kelor Kidom adalah bagian dari UMKM binaam PNM yang selalu mengajak para nasabah untuk meningkatkan wawasan kewirausahaan (entrepreneurship) dan kemampuan dalam mengelola usaha serta peningkatan efisiensi dalam usaha, termasuk soal pengembangan potensi lain sebagai usaha alternatif melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). 

Sebagai informasi, hingga 3 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 156,8 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 4197 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 5640 Kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daun kelor kelor umkm
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top