Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olahan Daun Kelor jadi Bisnis yang Menyehatkan

Daun kelor juga bisa dijadikan teh, hal inilah yag dilirik oleh Nasrin pemilik teh kelor Kidom.
Teh Kelor Kidom
Teh Kelor Kidom

Bisnis.com, JAKARTA - Daun kelor memang banyak mengandung zat yang sangat baik untuk tubuh.

Tak heran organisasi WHO menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor.

Manfaatnya yang banyak itu dijadikan peluang usaha oleh Kidom, produsen teh kelor asal NTB. Bahkan, karena kesuksesannya, UMKM binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) itu, terpilih menjadi Officialy Merchant G20.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang mengungkapkan olahan Moringa atau Daun kelor terpilih menjadi souvenir resmi acara KTT G20.

Teten Masduki menjelaskan bahwa Daun Kelor merupakan produk yang memiliki manfaat tinggi atau dijuluki super food. Produk olahan Daun Kelor diproduksi dalam skala besar dan telah diperkenalkan di KTT G20.

Perjalananan Bisnis Teh Kelor Kingdom

Teh kelor Kingdom digagas oleh Nasrin, anak Desa Malaju, Kecamatan Kilo Dompu yang melihat potensi Kelor yang tumbuh subur di desanya.

Dia kemudian terinspirasi untuk mengolah daun kelor tersebut seperti teh sehingga dikenal sebagai Teh Kelor Moringa Kidom.

Awalnya, Nasrin merupakan salah satu alumni dari program Desainer Dispatch System (DDS) dari Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Provinsi NTB khusus untuk Kemasan Produk Olahan yang berpotensi menjadi unggulan ekspor daerah pada Tahun 2019.

Ternyata sambutan pasar sangat positif sehingga permintaan terus meningkat. Distribusi pasar Teh Kelor Moringa sudah menyebar di Provinsi di NTB bahkan sampai ke luar negeri yaitu Brunei Darussalam, Malaysia dan Taiwan walaupun masih melalui distributor di Jakarta.

Teh Kelor Kidom aktif mengikuti berbagai pameran, salah satunya Pameran Produk Ekspor terbesar di Indonesia yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di ICE BSD Tangerang dengan Brand dan kemasan berbeda yang menonjolkan kekhasan daerah Gunung Tambora sebagai asal Bahan Baku Teh Kelor Kidom.

Dengan Kemasan yang lebih menarik ternyata tidak sedikit permintaan dari buyer luar negeri yang ingin bekerjasama dengannya di Negara asal mereka pada event Trade Expo Indonesia tersebut.

Teh Kelor Kidom adalah bagian dari UMKM binaam PNM yang selalu mengajak para nasabah untuk meningkatkan wawasan kewirausahaan (entrepreneurship) dan kemampuan dalam mengelola usaha serta peningkatan efisiensi dalam usaha, termasuk soal pengembangan potensi lain sebagai usaha alternatif melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). 

Sebagai informasi, hingga 3 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 156,8 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 4197 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 5640 Kecamatan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper