Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat dan Biaya Buka Franchise Wendy's, Peluang Cuan Bisnis Fast Food

Restoran cepat saji Wendys menawarkan konsep franchise bagi pelaku usaha yang berminat membuka cabang baru di Indonesia.
Wendy's/Trans studio mal Cibubur
Wendy's/Trans studio mal Cibubur

Bisnis.com, JAKARTA - Wendy's adalah jaringan restoran dan waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam hamburger.

Perusahaan ini didirikan pada 1969 oleh Dave Thomas di Dublin, Ohio. Wendy's sekarang ini merupakan restoran hamburger berantai terbesar ketiga di dunia, dengan hampir 6.700 restoran, kios pengantaran-ambil ke luar di lebih dari 27 negara.

Wendy’s pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1991 dengan gerai pertamanya di Jakarta.

Pada tahun 2006, pemegang hak waralaba Wendy’s di Indonesia diambil alih oleh Sierad Produce resmi mengakuisisi PT Wendy Citrarasa. Kemudian pada tahun 2012, pemegang hak waralaba Wendy’s di Indonesia diambil alih oleh Trans Corp, yang merupakan anak perusahaan CT Corp.

Konsep kemitraan Wendy's di Indonesia juga bisa dibuka dengan sistem franchise.

Lantas, seperti apa syarat dan biaya yang dipersyaratkan? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Syarat Bisnis Franchise Wendy’s di Indonesia

Adapun ketika seorang pebisnis memutuskan menjadi mitra pihak Wendy’s Internasional telah mempersyaratkan beberapa kriteria, sebagai berikut:

1. Seorang mitra harus punya pengalaman di Multi-unit Quick Service Restaurant (QSR), retail, dan/atau layanan makanan

2. Punya kemampuan dalam mengoperasikan dan tiap struktur organisasi dan mendukung jaringan beberapa restoran di kota-kota besar di wilayah atau negara yang besar

3. Punya kemampuan finansial yang cukup

4. Bahkan, dalam melakukan perekrutan calon mitra, apihak Wendy's tertarik untuk mengejar peluang multi-unit restoran melalui akuisisi restoran yang sudah ada atau pengembangan restoran baru. Jadi, bukan hanya satu unit restoran saja yang akan didirikan.

Biaya Franchise Wendy’s

Melansir dari Wendy’s Franchising, disebutkan bahwa calon mitra harus memiliki aset likuid sebesar US$500.000 dengan total kekayaan bersih sebesar US$1 juta.

Lalu, ada biaya tambahan lainnya, yaitu sebesar US$$50.000 untuk perjanjian waralaba dengan jangka waktu 20 tahun. Biaya ini digunakan untuk membantu membiayai sebagian biaya Wendy's dalam memberikan bantuan teknis dalam pengembangan setiap restoran Wendy, pelatihan awal operator dan dalam memberikan bantuan lain yang terkait dengan pembukaan restoran.

Calon mitra juga harus membayar biaya pengajuan awal sebesar US$5.000 untuk membantu membiayai sebagian biaya orientasi awal dan pemrosesan aplikasi, bersama dengan biaya verifikasi dokumen sebesar US$500. Tidak ada biaya tambahan untuk pelatihan, tetapi calon mitra mungkin dikenakan biaya perjalanan atau biaya tambahan untuk kelas tertentu tertentu.

Dengan biaya sebesar itu, Wendy’s nantinya akan memfasilitasi pelatihan operasional hingga periklanan sebesar 0,5 persen dari dari pendapatan bersih per restoran.

Terkait lisensi Wendy’s untuk menggunakan nama, merek dagang, citra dan logo, maka calon mitra harus membayar biaya royalti sebesar 4 persen dari penjualan bersih per restoran kepada Wendy's.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler