Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memahami Seluk Beluk Pelatihan Bisnis Personal Agar Usaha Lebih Berkembang

Pelatihan bisnis secara personal atau private dari para ahli, bagi perusahaan dan para pengusaha atau orang-orang yang memiliki perusahaan.
Tips bisnis strategi/istimewa
Tips bisnis strategi/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pernah mendengar Private Business Coaching? Itu adalah pelatihan bisnis secara personal atau private dari para ahli, bagi perusahaan dan para pengusaha atau orang-orang yang memiliki perusahaan, dengan tujuan agar bisnis mencapai sukses dengan hasil yang maksimal.

Segala persoalan bisnis dibahas dan diselesaikan secara personal dengan bantuan seseorang yang disebut coach. Mulai dari masalah manajemen yang belum professional, masalah karyawan, masalah sistem yang belum ada atau belum berjalan dengan baik, masalah keuangan, strategi untuk ekspansi usaha, menghadapi masalah internal sehingga sulit berkembang, dan lainnya.

Menurut Coach Yusman, yang sudah lebih dari 15 tahun berpengalaman dalam bidang business coaching, coaching itu tidak sama dengan diskusi atau seminar bisnis. Biasanya kalau seminar itu diikuti banyak orang, maka business coaching biasanya hanya diikuti 1-4 orang yang memang merupakan owner atau direktur dari satu perusahaan yang sama.

"Dalam program coaching, secara berkala saya datang ke tempat client untuk langsung mengevaluasi, langsung melihat apa yang terjadi dengan tempat bisnis mereka dan langsung coaching mereka di sana,” terang Coach Yusman yang adalah lulusan Curtin University, Perth, Australia dalam keterangan tertulis kepada Bisnis, Senin (28/11/2022).

Proses coaching ini membutuhkan waktu minimal satu tahun. Dimana pertemuannya, intens dilakukan hampir setiap minggu dan lamanya program ini bisa lebih dari satu tahun. Bahkan, ada pengusaha yang coaching dengan Coach Yusman selama 2 tahun, 3 tahun bahkan ada yang sampai 8 tahun lebih, karena mereka sudah merasakan sendiri bagaimana bisnisnya terus berkembang dan semakin bagus.

Menurut Coach Yusman program coaching dirancang khusus untuk masalah bisnis client dan target apa yang ingin dicapai dalam bisnis. Materi ini berbeda untuk setiap pengusaha, dilihat dari model bisnis, besaran bisnis dan struktur bisnis yang tentunya berbeda-beda.

Terkait hal tersebut, ada tiga hal penting yang perlu anda tahu tentang program coaching yang disediakan oleh Coach Yusman. Pertama, Ide plus strategi bisnis plus implementasi. Kedua,  apa yang kurang di bisnis client seperti marketing dan sales, operasional dan manajemen hingga masalah keuangan. Ketiga, pertemuan Private Coaching yaitu pertemuan satu lawan satu. Hanya owner yang bertatap muka dengan Coach Yusman sehingga dapat dibahas detail bisnis secara menyeluruh.

Ketika ditanya mengenai biaya coaching yang mahal karena durasinya tahunan, Coach Yusman berterus terang mengakui harga private coaching itu tergantung kualitas coachnya, dengan range Rp288 juta sampai Rp 750 juta.

“Semua coach tidaklah sama. Meski namanya sama–sama coach, tapi belum tentu semuanya sama. Seperti dokter yang sama-sama belajar medis di sekolahnya, memiliki gelar dokter, akan tetapi memiliki keahlian yang berbeda. Sama seperti mobil, ada mobil yang mahal, ada juga yang murah, jadi ada perbedaan,” ucap Coach Yusman.

Coach Yusman sendiri memiliki klien private coaching dari 15-18 perusahaan selama 15 tahun lebih. “Bagi saya mungkin mahal tapi client bisa merasakan dengan pertemuan setiap minggu. Mungkin terasa mahal pada awalnya tapi setelah menjalani coaching mereka akan merasakan harga itu tidak mahal.”

Tak heran dengan private coaching ini perusahaan-perusahaan yang dicoaching oleh Coach Yusman banyak yang memperoleh penghargaan secara internasional, antara lain finalist for Best Wholesaler Company, Winner of Fastest Growing Company, Winner of Most Improved Company, Winner of Best Service Based Company dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper