Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Pakai Fitur Terbaru Instagram Notes untuk Pebisnis

Pebisnis, berikut cara pakai fitur terbaru dari instagram yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis Anda
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram Notes kini sudah bisa digunakan oleh semua pengguna, setelah beberapa waktu lalu baru diujikan dengan jumlah pengguna yang terbatas. 

Adapun, Instagram Notes sendiri menjadi fitur baru yang memungkinkan pengguna Instagram membuat postingan singkat hingga 60 karakter yang bisa diisi menggunakan teks dan emoji. 

Menurut Meta, cara kerja fitur baru ini seperti Instagram Stories, di mana Instagram Notes akan ditampilkan di bagian DM dan menghilang dalam 24 jam. Bedanya, pengguna tidak dapat melacak siapa saja yang melihat unggahan ‘notes’ tersebut. 

Nantinya, Instagram Notes yang diposting tidak akan mengirimkan pemberitahuan ke pengikut Anda tetapi unggahan tersebut akan terlihat di bagian DM, sehingga semua orang yang mengikuti Anda memungkinkan mereka untuk melihat dan mengomentari status ‘notes’ Anda. Adapun, balasan dari tiap notes itu akan muncul di DM. 

Jika Anda tidak melihat fitur Instagram Notes di DM, Anda mungkin perlu memperbarui aplikasi. Instagram meluncurkan fitur ini secara global pada 13 Desember 2022.

Manfaatkan Instagram Notes untuk Pemasaran Produk

Fitur ini bisa menjadi cara untuk berinteraksi dengan komunitas Anda dalam suasana yang lebih dekat. Meskipun ini mungkin bukan tempat utama untuk membagikan status seperti Instagram Stories, tapi ini bisa menjadi sarana sekunder untuk berkomunikasi dengan audiens Anda.

Selain itu, bagi sebuah brand, Instagram Notes yang punya konsep Post-It ini bisa sangat efektif strategi pemasaran. Anda bisa membagikan penawaran atau diskon eksklusif kepada loyal customers yang Anda percayai. 

Lantas, seperti apa cara menggunakan fitur Instagram Notes ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

Dilansir dari Cashify, Kamis (15/12/2022), mencoba fitur baru Instagram Notes cukup mudah. Anda hanya perlu menuliskan teks dan emoji yang sekiranya Anda ingin sebarkan di media sosial. Perlu diingat, sebaiknya Anda tidak menyebarkan informasi penting atau sangat rahasia di fitur ini yang sekiranya berdampak buruk bagi Anda. Berikut cara menggunakan Instagram Notes. 

1. Perbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru di iOS atau Android.

2. Buka aplikasi Instagram.

3. Masuk ke bagian Direct Messaging (DM), di pojok kanan atas, dengan ikon balon pesan.

4. Anda akan melihat bagian di bagian atas halaman yang disebut, 'Notes/Catatan.'

5. Klik tombol “+” untuk menambahkan notes baru.

6. Anda dapat memilih untuk membagikan catatan tersebut dengan “Teman Dekat” atau followers

7. Klik 'Bagikan' untuk memposting catatan Anda.

Mengomentari Notes Teman

Instagram juga memberikan kemampuan pengguna untuk mengomentari Notes orang yang dia follow. Meta menuliskan Notes ini akan muncul di bagian atas kotak masuk selama 24 jam. Berikut cara mengomentari Notes teman:

1. Buka aplikasi Instagram

2. Buka menu Direct Messages di bagian atas layar

3. Bagi mereka yang update Notes, maka akan muncul pada lingkaran foto profile pictures mereka seperti bentuk stiker post it. Klik untuk mengomentarinya

4. Tulis pesan pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai klik Send

5. Balasan ke Notes akan hadir ke DM di dalam inbox.

Fitur Instagram Lainnya

Selain Notes, Instagram juga menguji coba fitur baru Instagram Candid Stories. Sepertinya, Instagram ingin menyediakan fitur yang serupa dengan RealMe, bertujuan untuk membantu pengguna untuk berbagi momen dengan spontan dan menyenangkan sehingga membentuk koneksi yang lebih erat.

Seperti di aplikasi BeReal, pengguna akan menerima notifikasi setiap hari untuk mengirim Candid Story. Dengan Candid Story, pengguna juga bisa menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Namun untuk pengguna yang tidak ingin mengikuti tren ini, maka  " notifikasi harian bisa dimatikan.

Sementara itu, fitur Instagram Group Profiles dan Collaborative Collections kini masih dalam tahap pengujian. 

Dengan Group Profiles, pengguna dapat membuat dan bergabung dengan jenis profil baru untuk berbagi postingan dan Stories dalam profil khusus dan dibagikan dengan anggota grup, bukan pengikut Anda, dan hanya diposting ke Profil Grup, bukan profil Anda sendiri.

Profiles Group diklaim untuk mempermudah pengguna yang memiliki grup seperti grup kantor, sekolah dan lainnya. Mereka bisa dengan mudah memposting konten ke grup itu sendiri.

Group Profiles saat ini sedang diuji di Canada, Chili, dan Taiwan. Belum diketahui pasti apakah Instagram akan meluncurkannya secara global. Untuk membuat profil grup baru, ketuk + dan pilih Group Profiles.

Tak hanya itu, Instagram juga sedang menguji fitur Collaborative Collections. Fitur ini memungkinkan seseorang yang memiliki kesamaan minat, dapat menyimpan postingan ke koleksi kolaboratif di grup atau DM.

Pengguna dapat memulai atau menambah Collaborative Collections dengan menyimpan postingan langsung dari feed atau membagikan postingan ke teman melalui DM dan menyimpannya dari sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper