Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Axton Salim, Jurnalis Fotografi yang Banting Setir jadi Bos Indomie, Penerus Salim Group

Penerus Salim Group Axton Salim pernah jadi Jurnalis fotografi, berikut profil lengkapnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 13 Januari 2023  |  18:51 WIB
Axton Salim, Jurnalis Fotografi yang Banting Setir jadi Bos Indomie, Penerus Salim Group
Axton Salim penerus tunggal Salim Group.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Axton Salim belakangan ini menjadi sorotan publik, sebab kedekatannya dengan Luna Maya.

Axton sendiri merupakan anak dari Anthony Salim, sosok konglomerat Indonesia dengan harta kekayaan sebesar US$5,45 miliar atau setara dengan Rp82,7 triliun per Januari 2023. 

Meski bukan artis atau publik figur, namun sosok Axton diketahui memiliki banyak teman dari kalangan selebriti, mulai Dian Sastro hingga Vidi Aldiano. Bahkan, beberapa kali, dirinya juga terlihat kerap liburan ke berbagai wilayah bersama.

Berkat keaktifannya dalam mengunggah aktivitas keseharian, mulai dari fesyen hingga kuliner serta dikenal punya sifat yang receh dan santai, tak heran jika sosoknya kini  populer di media sosial, terlihat dari banyaknya followers di akun Instagramnya yang mencapai 156.000 lebih pengikut. 

Lantas, seperti apa sosok dari Axton Salim? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

Sebagai putra pertama dari Anthony Salim, kini Axton tengah menjabat sebagai Direktur di PT Indofood Sukses Makmur Tbk sejak 2009 lalu dan menjadi generasi ketiga penerus dari perusahan terbesar di Indonesia, yaitu Salim Group.

Melansir dari Linkedin, pria kelahiran 1979 ini menamatkan pendidikan sarjananya di Universitas Colorado, Amerika Serikat, jurusan Science Business pada 2002.

Usai pendidikannya, ternyata Axton tidak serta merta terjun ke perusahaan keluarga, tapi dirinya memilih untuk lebih dulu mencicipi pengalaman kerja di luar perusahaan keluarga, yakni sebuah perusahaan keuangan bidang invesitasi bernama Credit Suisse, Singapura.

Sempat Tertarik Jadi Wartawan Foto 

Menariknya, sebelum Axton terjun secara resmi sebagai Brand Manager PT Indofood Fritolay Makmur pada tahun 2004. Dia mengatakan, bahwa jika tidak berada di keluarga pebisnis, maka dirinya punya cita-cita sebagai wartawan foto. 

“Jadi, dulu cita-cita gue beragam, saat kecil mau jadi scientist. Tapi, mulai dewasa minat gue makin besar di fotografi. Bahkan, pernah ambil kelas fotografi tersendiri yang lebih ke arah jurnalistik. Tapi, makin lama digeluti, kayaknya ini bukan keahlian gue deh. Jadi, akhirnya gue masuk ke marketing,” kata Axton dilansir dari kanal Youtube Vidi Aldiano, Jumat (13/1/2023).

Terkait pilihan untuk masuk ke dunia marketing itu sendiri memang murni keputusan Axton. 

“Saat pilih jurusan, ya gue pilih marketing, karena tahu ada bisnis keluarga. Nah, kebetulan I have a good teacher. Dia ngajar bagus banget, sehingga gue merasa sepertinya memang jalan gue di marketing deh. Ditambah, dengan adanya ketertarikan gue yang besar untuk terus mempelajari strategi marketing, membawa diri gue bisa sampai di titik ini,”

Dirinya pun sedikit menyentil soal didikan keluarga. Bagi Axton, kedua orang tua memberikan kebebasan penuh untuk mencoba berbagai hal. 

“Orang tua gue sama sekali tidak mengekang. Sebagai anak tengah, gue dikasih kesempatan untuk mengeksplorasi segalanya. Jadi nggak heran, gue sampe bisa ikut kelas foto jurnalistik atau sempat mau jadi scientist. Bahkan, untuk sekarang ini. Misal nih,  gue bilang sekarang lagi liburan ke X atau sama siapanya, ya orang tua tidak masalah. Asal tidak melupakan tanggung jawab di perusahaan,” ungkap Axton. 

Perjalanan Karier Axton Salim

Kini diketahui telah berkarier selama 19 tahun dalam mengurus perusahaan keluarga. 

Axton bercerita, ketika dirinya kembali ke Tanah Air, dengan segera pada tahun 2004 dia diberikan tanggung jawab untuk mengemban tugas sebagai Brand Manager PT Indofood Fritolay Makmur (2004-2007). 

Sambil mempelajari bagaimana perusahaannya bekerja sesuai dengan minatnya, Axton pun terus memberikan terobosan baru soal strategi pemasaran dengan gaya yang sangat milenial.

Berkat kepiawaian dan terobosan ciamik yang dirinya buat, menjadikan Axton Salim dipercaya menjabat sebagai Assistant CEO Indofood (2007-2009) di usianya ke-30 tahun. Posisi ini membuat Axton Salim berada di jajaran direksi anak perusahaan lain dari Salim Group, sekaligus memberikan kebanggaan tersendiri sebab menjadi anggota termuda di jajaran direksi PT Indofood.

Setelah berbagai jabatan dilakoninya, pria ini juga pernah menempati posisi sebagai seorang direktur non-eksekutif di Indofood Agri Resources.  

Di tahun yang sama pula, Axton pun sempat menjabat sebagai komisaris di PT Salim Ivomas Pratama Tbk hingga akhirnya dia akhirnya dipercaya untuk memegang jabatan sebagai direktur Indofood. Berdasarkan RUPST tahun 2009 dengan pengangkatan kembali pada tahun 2018. 

Deretan Bisnis Axton Salim

Selain memegang jabatan tinggi di Indofood. Diketahui, dirinya juga turut mengepakkan sayapnya dengan melakukan investasi ke industri digital, salah satunya BLOCK71.

Melansir dari situs resmi perusahaan, startup BLOCK71 adalah inisiatif National University of Singapore (NUS) Enterprise dengan Salim Group's Innovation Factory, yang berfokus pada teknologi dan penghubung global dalam mengkatalisasi dan mengumpulkan komunitas startup di Indonesia guna memberikan bimbingan dan peluang pertumbuhan  untuk pasar lokal, regional, hingga top global. 

Tidak hanya itu saja, berdasarkan Tatler Asia, Jumat (13/1/2023) Axton juga menjabat sebagai ketua bersama global Dewan Penasihat Jaringan Bisnis Peningkatan Nutrisi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan duduk di Dewan Penasihat Sekolah Bisnis Nanyang di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. 

Dirinya juga terlihat kerap menjalani kegiatan endorse. Di mana, jika dilihat dari akun Instagram pribadinya, Axton sering membuat konten untuk brand-brand besar, seperti Samsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Axton Salim anthoni salim grup salim
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top