Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ide Bisnis Jelang Ramadan 2023, Bisa Tambah Cuan untuk Lebaran

Guna mendapat tambahan cuan saat lebaran, berikut beberapa ide bisnis bulan ramdan yang bisa dijalani.
Hampers Kembang Desa. /Hampers Kembang Desa
Hampers Kembang Desa. /Hampers Kembang Desa

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia baru saja meluncurkan laporan yang memberikan panduan bagi pelaku usaha terkait sejumlah tren pada Ramadan yang dapat menjadi rujukan pada 2023.

Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi mengungkapkan selama Ramadan 2022, terjadi peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50 persen dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77 persen. 

Maka tak heran, produk yang paling dicari jelang ramadan hingga pasca Ramadan 2023 sudah banyak tersedia di pasaran. Ini bisa menjadi ide bisnis yang bisa menghasilkan.

Berikut ini adalah lima produk paling dicari yang bisa dimanfaatkan untuk meraih cuan atau peluang bisnis. 

1. Peralatan Masak

Memasak adalah salah satu kegiatan rutin yang istimewa. Berdasarkan data statistik, barang ini paling dicari selama karena tiap keluarga ingin menyajikan menu untuk berbuka, sahur hingga membuat kreasi khas Lebaran agar momen puasa lebih bermakna. 

2. Pakaian Muslim

Menjual pakaian muslim merupakan ide yang berpotensi membawa banyak keuntungan. Bahkan, pencarian baju muslim meningkat pesat sejak awal minggu puasa. 

Dengan ketatnya persaingan, pastikan bahwa pakaian yang ditawarkan memang menyesuaikan tren yang ada. Pastikan juga untuk menjual baju muslim dengan harga yang kompetitif dan tentukan kelompok pasar yang lebih spesifik.

“Misalnya, menyasar kelompok remaja perempuan, atau menyasar kelompok pekerja. Nah, dari situ sesuaikan sesuai trennya, misal baju muslim kasual. Dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi pemasaran dengan sempurna,” ujar Edwin. 

3. Logam Mulia dan Perhiasan

Di Indonesia, PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) adalah salah satu perusahan tambang BUMN. Antam menambang dan memproduksi berbagai jenis bahan tambah seperti emas, nikel, bauksit, dan sebagainya. Namun, Antam lebih terkenal dengan logam mulia atau emasnya.

Hingga saat ini, Antam melayani penjualan untuk individu hingga reseller perseroan. Bahkan, Antam kini menjual emas langsung melalui Indogold dan Pegadaian serta melalui belasan toko online.

“Logam mulia dan perhiasan ini meningkat pada masa-masa tertentu seperti menjelang Lebaran. Biasanya emas dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang bisa dijual belikan sesuai dengan kebutuhan,” kata Edwin. 

4. Makanan dan Minuman

Berdasarkan data statistik, permintaan makanan dan minuman meningkat pesat di waktu jelang Ramadan dan di akhir Ramadan, jelang idul fitri. 

Makanan ringan atau snack adalah salah satu dagangan yang laris menjelang bulan puasa dan lebaran. 

5. Hadiah Lebaran dan THR

Hadiah lebaran identik dengan THR. Kebiasaan masyarakat Indonesia saat lebaran yaitu memberikan salam tempel kepada kerabat bisa menginspirasi perusahaan untuk memberikan hal yang serupa.

Sehingga, berbisnis amplop yang dapat dipersonalisasi bisa menjadi pilihan. Adapun, beberapa hadiah lebaran yang jadi favorit, mulai dari mug, kue kering hingga produk kue kering. 

6. Hampers

Masyarakat Indonesia sangat lekat dengan budaya memberikan parcel jelang idul fitri. Biasanya, parcel ini diberikan untuk keluarga, kerabat, atau bahkan rekan kerja menjelang Hari Raya. 

Parcel paling umum berisi kue kering, makanan ringan, serta kebutuhan pokok. Namun seiring berjalannya waktu, konsumen sudah semakin kreatif dalam menyiapkan hampers lebaran. 

Marketing Director Garudafood, Ferry Haryanto, mengatakan dengan 55 varian hampers secara saat Ramadan tahun lalu, mereka berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143 persen  dan peningkatan pendapatan sebesar 179 persen selama Ramadan 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper