Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beragam Ide Bisnis Berpotensi Cuan di IKN Ibu Kota Baru

Ibu Kota Negara (IKN) sudah mulai dibangun, lantas kira-kira bisnis apa yang prospektif di sana? Ini rekomendasinya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  21:15 WIB
Beragam Ide Bisnis Berpotensi Cuan di IKN Ibu Kota Baru
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Penajem Paset Utara, Kalimatan Timur ini kian dinilai memberikan berdampak positif pada sejumlah hal, salah satunya membuka banyak peluang bisnis. 

Meski, sudah ada banyak investor di bidang properti yang menyatakan minat berinvestasi di IKN dan antre menunggu Surat Izin Prakarsa Proyek (SIPP) dari pemerintah. Bahkan, tiga di antaranya sudah mendapatkan SIPP atau letter to proceed untuk membangun hunian bagi para ASN dan aparat.  

Namun, tidak perlu khawatir. Pasalnya, masih ada beberapa sejumlah peluang bisnis yang menggiurkan, di mana selain properti, nantinya para warga yang akan tinggal di kawasan IKN juga akan membutuhkan suplai pangan, pakaian, jajanan dan lainnya. 

Lantas, apa saja ide bisnis yang bisa yang bisa dipersiapkan dan memiliki potensi mendatangkan cuan? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Membuka toko pakaian

Bepergian ke kota besar untuk membeli pakaian pada acara-acara khusus atau untuk kebutuhan sehari-hari bisa menjadi ide bisnis yang punya peluang menguntungkan. 

Memulai toko pakaian dengan merek, kain, dan variasi yang bagus adalah cara yang pasti untuk sukses asalkan pemiliknya memiliki kontak yang baik dari pemasok garmen dan rantai pasokannya utuh.

Jika Anda dapat menyediakan mode, desain, dan gaya pakaian terbaru, akan ada permintaan yang bagus untuk produk di desa dan kota kecil. Anda juga dapat mengatur layanan menjahit dan menyediakan produk buatan tangan untuk klien di toko.

2. Penyedia jasa

Layanan jasa bisa menjadi bisnis yang potensial di IKN sebab bisa menyediakan berbagai kebutuhan harian. Berikut adalah beberapa layanan jasa yang tidak pernah sepi peminat, di mana dengan modal yang sedikit dan mengandalkan keahlian Anda dengan mempertimbangkan ini menjadi peluang bisnis Anda.

- Toko jahit

- Jasa perbaikan elektronik

- Salon

- Mekanik kendaraan roda dua/empat

- Jasa servis TV/Radio/Ponsel

- Jasa perbaikan listrik/tukang ledeng

3. Bisnis kuliner dan katering yang berkelanjutan

Bisnis kuliner juga menjadi peluang bisnis di IKN yang memiliki potensi menjanjikan. Anda bisa membuka bisnis kuliner yang bisa diterima oleh banyak orang dari berbagai kalangan. 

Anda bisa mempertimbangkan usaha seperti warung tegal, rumah makan Padang  atau bahkan katering  yang mudah diterima banyak orang dan menjadi serbuan pegawai hingga perusahaan yang memesan dalam jumlah banyak. 

Bahkan, jika Anda ingin mengadopsi bisnsi restoran keberlanjutan, Anda bisa otomatis menjadi pusat perhatian, sebab ini sesuai dengan misi IKN. Tentunya, Anda harus akan memastikan restoran tersebut punya prinsip yang ramah lingkungan. Ini dapat mencakup penggunaan makanan dan bahan organik yang bersumber secara lokal, pengomposan limbah makanan, dan penggunaan peralatan hemat energi. 

4. Buka bisnis SPKLU dan SPBKLU

Kendaraan listrik kini tengah digencarkan oleh Pemerintah. Hal ini, bisa Anda manfaatkan, di mana Anda memulai bisnis franchise fasilitas pengecasan baterai, yakni SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) untuk mobil, sementara Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk motor. 

Apalagi, pemerintah kini punya program mewujudkan Indonesia tanpa emisi (net zero emission) pada 2060, tentunya bermitra dengan perusahaan besar seperti PLN menjadi suatu keuntungan bagi seorang pengusaha. 

5. Layanan transportasi

Mengingat lokasi ini masih baru, tentu masih membutuhkan layanan transportasi yang bisa memudahkan mereka untuk pulang pergi ke tempat kerja. Anda bisa membuka rental kendaraan atau bahkan Anda bisa menawarkan jasa ojek atau taksi lokal

6. Bisnis sayur dan buah organik

buah-buahan dan sayuran organik tidak akan pernah sepi peminat. Namun, tidak mudah untuk memulai bisnis dan membutuhkan lahan pertanian atau kontrak dengan petani untuk menanam hasilnya. Selain itu, ini adalah barang yang mudah rusak dan membutuhkan pendinginan untuk penyimpanan. Dianjurkan untuk memulai bisnis lebih dekat dengan vendor dengan biaya transportasi dan logistik yang lebih sedikit. 

7. Bisnis daur ulang

Ada banyak bisnis daur ulang yang dapat Anda mulai untuk memberi manfaat bagi lingkungan setempat, seperti layanan penjemputan sampah atau limbah di rumah, layanan daur ulang komersial, atau layanan konsultasi pengelolaan limbah. 

8. Layanan pengiriman tanaman

Sesuai rencana, IKN akan dibangun dengan konsep green city, yang akan dipadukan dengan kota yang smart, forest, sustainable, dan blue, maka kika Anda memiliki kepiawaian berkebun dan bercocok tanam, Anda bisa memulai layanan pengiriman tanaman. Bahkan, Anda dapat mengkhususkan diri dalam layanan pengiriman untuk tanaman hias, tanaman kantor, atau bahkan tanaman kebun. Sebab, tidak semua orang punya keahlian menilai sebuah kondisi tanaman 

9. Kafe

Alasan pertama bisnis cafe atau bisnis coffee shop ini memiliki peluang yang menjanjikan adalah karena bisnis satu ini memiliki pasar yang luas. Tak jarang mereka juga membutuhkan tempat santai baik untuk sendiri maupun untuk bertemu dengan rekan. Konsep ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pegawai pemerintah pusat yang pindah ke IKN. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN peluang bisnis peluang usaha peluang Peluang Pasar
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top