Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beragam Ide Bisnis Berpotensi Cuan di IKN Ibu Kota Baru

Ibu Kota Negara (IKN) sudah mulai dibangun, lantas kira-kira bisnis apa yang prospektif di sana? Ini rekomendasinya.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara - Dok. Kementerian PUPR.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara - Dok. Kementerian PUPR.

10. Bisnis spa

Perawatan spa dan massage atau pijat kian digemari. Apalagi spa Indonesia identik dengan penggunaan bahan alami, menjadikan perawatan kecantikan ini menjadi sangat khas akan khasiatnya. Lantaran perawatan spa banyak disukai, tak mengherankan jika bisnis spa ini terus berkembang dan terus menawarkan peluang.

Tak hanya untuk mempercantik diri, spa dan massage juga dicari guna melepaskan stres ketika selesai bekerja agar membuat tubuh lebih rileks, apalagi dengan adanya variasi treatment yang tepat untuk mereka, salah satunya adalah refleksi kaki dan tubuh. 

Tentu saja bisa untuk membuat bisnis Anda kian diminati, Anda bisa menggunakan produk organik, mulai dari produk perawatan rambut hingga lulur alami yang ramah lingkungan. 

11. Usaha pengomposan

Dengan bisnis ini, Anda akan mengumpulkan sisa makanan dan bahan organik lainnya untuk membuat kompos. Kompos ini kemudian bisa dijual ke petani, tukang kebun, atau siapa saja yang berminat. 

12. Bisnis desain kemasan

Bisnis ini akan sangat menguntungkan, mengingat akan banyak bisnis yang menjajal wilayah IKN. Untuk bisnis ini, Anda akan membuat kemasan berkelanjutan untuk bisnis lain yang memerlukannya, di mana bisnis ini dapat mencakup penggunaan bahan daur ulang, bahan yang dapat terurai secara organik, atau bahkan kemasan yang dapat dimakan. 

13. Toko bisnis mainan

Membuka bisnis toko mainan anak terbilang menjadi salah satu yang punya prospek menjanjikan. Hal ini semakin menarik, karena tiap tahun pasti ada saja mainan baru yang muncul dan digemari anak-anak. Terlebih banyak orang tua yang rela merogok kocek yang cukup dalam, demi memenuhi permintaan buah hati mereka. Dengan begitu, membuka bisnis toko mainan anak bisa dijadikan salah satu pilihan usaha yang menggiurkan.

Anda juga bisa memulai bisnis pembuatan mainan anak ramah lingkungan yang terbuat dari bahan hijau yang tentunya aman bagi lingkungan. Hal ini akan sangat menarik, mengingat tak hanya menjual mainan tapi Anda juga secara tidak langsung telah memberikan dampak positif, dengan memperkenalkan kepada generasi muda soal ramah lingkungan. 

14. Jasa besih-bersih

Memulai bisnis dengan menggunakan produk dan pembersih ramah lingkungan akan menjadi cara yang bagus untuk membantu orang menjalani gaya hidup yang lebih berkelanjutan. 

15. Jual lampu hemat energi

Anda bisa memulai bisnis yang menjual lampu hemat energi. Ini bisa termasuk lampu LED, CFL, atau bahkan lampu bertenaga surya. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu orang menghemat energi dan uang. 

16. Bisnis furnitur daur ulang

Anda bisa memulai bisnis penjualan furnitur dari bahan daur ulang. Ini adalah cara yang bagus untuk menggunakan kembali bahan yang seharusnya dibuang. Plus, ini adalah cara yang bagus untuk melengkapi rumah atau kantor Anda sendiri dengan cara yang berkelanjutan. 

17. Bisnis produk herbal

Jika Anda seorang ahli herbal, tentu Anda paham terkait penggunaan berbagai tanaman obat. Anda bisa memulai bisnis menanam dan menjual tanaman ini, sekaligus Anda bisa memberikan layanan konsultasi kepada mereka yang ingin menggunakannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler