Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Memilih Bank untuk Pinjaman Modal Bisnis

Mau mencari pinjaman modal bisnis di bank, berikut cara memilih bank yang tepat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 Maret 2023  |  17:37 WIB
Tips Memilih Bank untuk Pinjaman Modal Bisnis
Ilustrasi bank. - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ada begitu banyak pilihan bank yang menawarkan layanan keuangan, termasuk untuk kebutuhan modal bisnis Anda.

Biaya, opsi pinjaman, dan fasilitas yang ditawarkan sangat bervariasi baik itu bagi usaha kecil maupun perusahaan baru.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih bank untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda yang dikutip dari Accion Opportunity Fund.

1. Ukuran itu penting

Ukuran menjadi hal yang penting dalam dunia perbankan. Namun, bukan berarti bank yang lebih besar selalu lebih baik. Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan bisnis dan tingkat kenyamanan Anda untuk memutuskan apakah Anda lebih suka bekerja sama dengan bank komunitas kecil atau bank nasional besar.

Keuntungan bank besar adalah mereka memiliki banyak cabang, banyak penawaran berbeda, dan banyak sumber daya. Mereka dapat memberi Anda berbagai macam pilihan kredit dan mungkin dapat menawarkan fasilitas untuk membuka rekening atau jalur kredit.

Sementara itu, bank dengan bank yang lebih kecil mungkin lebih selaras dengan kondisi pasar lokal dan lebih memungkinkan untuk bekerja sama dengan Anda yang baru akan memulai bisnis.

Bank-bank yang lebih kecil mungkin saja akan memberikan suku bunga yang lebih baik atau biaya yang lebih rendah untuk memenangkan bisnis Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk berbicara dengan pihak bank dan melihat apa yang dapat mereka tawarkan kepada Anda .

2. Periksa kredit Anda

Bank-bank besar di luar sana dapat memilih bisnis seperti apa yang ingin mereka ajak kerja sama. Akan sulit bagi Anda untuk masuk ke bank besar apabila bisnis Anda masih terbilang baru atau memiliki skor kredit yang rendah.

Dalam hal ini, bank lokal yang kecil mungkin lebih menerima bisnis lokal baru dan mungkin nantinya memiliki persyaratan kredit yang tidak terlalu ketat untuk membuka rekening dan jalur kredit.

Penting bagi Anda untuk memeriksa persyaratan kredit dari bank yang dituju untuk mengetahui apakah Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam rekening bisnis Anda atau tidak.

3. Dekati bank digital dengan hati-hati

Bagian dari aktivitas perbankan adalah membangun hubungan bisnis dan membangun kredit bisnis Anda. Keduanya mungkin lebih mudah dilakukan secara offline daripada online.

Ada kalanya Anda perlu bertemu langsung dengan pegawai bank untuk membahas kebutuhan perbankan Anda. Hal seperti itu tidak dapat Anda jumpai di bank online karena hanya menggunakan internet dan tidak memberikan layanan pribadi.

Namun, jika masih dalam tahap awal, bank online dapat menjadi pilihan bagi Anda yang hanya membutuhkan layanan bisnis yang sangat sederhana.

4. Lokasi

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan lokasi dan kedekatan bank dengan area tempat Anda beraktivitas. Pertimbangkan pula sifat bisnis yang ingin Anda jalani dan seberapa sering Anda perlu mengunjungi bank saat mengambil sebuah keputusan.

5. Apa saja kebutuhan digital Anda?

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mengukur seberapa sering Anda menggunakan teknologi untuk kebutuhan perbankan Anda karena Anda mungkin ingin memiliki lebih banyak opsi digital saat berurusan dengan bank yang Anda tuju.

Jika teknologi penting untuk kebutuhan bisnis, Anda dapat mencari dan memilih bank mana yang menggunakan teknologi terbaru dan memiliki platform untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda.

6. Layanan apa yang Anda butuhkan

Layanan tertentu harus tersedia di semua bank. Setidaknya, Anda harus memilih bank yang menyediakan produk bisnis berikut ini.

Layanan Rekening Bisnis Dasar:
- Rekening giro
- Rekening tabungan
- Kartu kredit/kartu debit
- Kartu khusus deposito
- Perbankan bisnis online
- Rekening giro karyawan

Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu detail masing-masing produk yang ditawarkan dengan melihat biaya dan persyaratan yang diajukan oleh bank. Penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk melakukan perbandingan dan melihat detail penawaran yang diberikan oleh masing-masing bank.

7. Apa saja fasilitasnya

Beberapa bank di luar sana akan menawarkan voucher menarik untuk pelanggan baru. Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik keputusan apa yang hendak Anda pilih, bukan hanya didasarkan oleh fasilitas yang bagus saja. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk memutuskan apabila Anda mengalami kesulitan dalam memilih antara 2 bank.

8. Dukungan seperti apa yang Anda butuhkan?

Beberapa bank menyediakan staf untuk membantu Anda mengelola dan mengembangkan bisnis Anda dan hal itu bermanfaat dalam pengembangan bisnis.

Saat memilih akun, penting bagi Anda untuk memikirkan seberapa banyak bantuan yang Anda butuhkan di masa mendatang seiring dengan perkembangan bisnis Anda.

9. Percaya pada insting Anda

Pada akhirnya, Anda akan membangun sebuah relasi dengan bank yang Anda pilih. Penting bagi Anda untuk menemukan bank yang benar-benar terkoneksi dengan Anda dan bisnis Anda nantinya.

Apabila dalam perjalanannya Anda tidak merasa cocok, cobalah mencari bank yang sekiranya cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis online tips bisnis peluang bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top