Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Bisnis Buka Toko Mainan Anak yang Menjanjikan Keuntungan

Simak ulasan Bisnis terkait berbagai tips bisnis jualan mainan anak yang bisa Anda terapkan agar bisnis lancar.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  21:10 WIB
Tips Bisnis Buka Toko Mainan Anak yang Menjanjikan Keuntungan
Toko-toko Kidz Station akan menampilkan berbagai mainan FAO Schwarz. - MAP
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka bisnis toko mainan anak terbilang menjadi salah satu yang punya prospek menjanjikan.

Hal ini semakin menarik, karena tiap tahun pasti ada saja mainan baru yang muncul dan digemari anak-anak. Terlebih banyak orang tua yang rela merogok kocek yang cukup dalam, demi memenuhi permintaan buah hati mereka.

Dengan begitu, membuka bisnis toko mainan anak bisa dijadikan salah satu pilihan usaha yang menggiurkan. Lalu bagaimana cara membuka bisnis toko mainan anak yang memiliki peluang besar ini?

Simak ulasan Bisnis terkait berbagai tips buka bisnis toko mainan anak yang bisa Anda terapkan agar bisnis lancar.

Mainan memang merupakan hal yang tidak terpisahkan dari dunia anak-anak. Secara naluriah, anak-anak sangat suka mainan karena memang secara usia, tugas perkembangan mereka adalah bermain dan melatih perkembangan motorik. Jika Anda tertarik menjalani bisnis di bidang ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Siapkan Modal

Mempersiapkan modal adalah langkah awal yang wajib dimiliki oleh para pebisnis. Untuk memulai membuka toko bisnis mainan anak, tentunya Anda perlu membidik siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Sehingga, Anda bisa mempunyai gambaran modal yang dipersiapkan, misalnya biaya sewa tempat hingga biaya operasional

Terlebih, jika Anda ingin membuka toko bisnis mainan yang besar, tentu Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, apabila hanya berfokus pada satu kategori mainan saja, maka modal yang perlu Anda siapkan pun tidak terlalu besar.

2. Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi faktor penting penentu suksesnya suatu usaha atau bisnis, termasuk membuka toko mainan. Jika Anda memiliki modal yang kurang untuk mendirikan atau menyewa toko, maka manfaatkan ruang kosong yang ada di rumah Anda. Namun, pastikan lokasi rumah Anda juga strategis, misalnya di sekitar perumahan yang ramai penduduk, atau tidak jauh dari jalan raya, tetapi memiliki lahan parkir cukup luas.

Jika Anda memiliki modal cukup besar, maka bisa melakukan berbagai hal, Anda bisa mendirikan toko di pusat kota yang ramai, di dekat pusat taman bermain anak-anak, dekat sekolah anak TK dan SD atau dengan menyewa tempat di dalam pusat perbelanjaan populer.

3. Perhatikan Tata Letak

Berdasarkan Toy Shop UK, apabila Anda memilih toko fisik, maka Anda harus perhatikan keleluasaan ruangan agar para orang tua dapat bergerak dengan mudah ketika menemani anak mereka. Jangan lupa bahwa anak-anak lebih pendek dari orang dewasa, jadi pastikan Anda menempatkan produk lebih rendah dari biasanya. Keluarkan beberapa mainan 'touchy feely' dari kotaknya sehingga bisa dipegang dan dimainkan.

Pelanggan juga terkenal dengan kebiasannya meletakkannya barang secara sembarangan di tempat lain, jadi penting untuk terus memeriksa bahwa toko Anda rapi dan semuanya diberi label dengan baik. Pelajari cara supermarket melakukan bisnis: sering-seringlah mengganti tata letak dan buatlah pelanggan tergoda dengan penawaran dan penawaran khusus, dan terus perbarui stok Anda.

4. Tentukan Jenis Mainan yang Punya Banyak Peminat

Agar bisnis Anda selalu menjadi incaran pembeli, maka penting bagi Anda untuk melakukan survei mengenai jenis mainan anak yang tengah booming. Atau Anda juga bisa menjual mainan yang tak termakan zaman, seperti boneka, mobil-mobilan, masak-masakan, dan balok.

Terdapat banyak ragam jenis produk mainan yang dapat Anda jual seperti mainan action figure, mainan boneka, mainan robot-robotan, mainan mobil-mobilan. Bahakan terdapat juga mainan edukasi, mainan miniatur, mainan rumahan, mainan alat musik, mainan tradisional, mainan hewan dan lainnya. Pastikan juga pilihan stok mainan Anda sudah sesuai dengan rancangan anggaran.

5. Cari Supplier yang Tepat

Dalam sebuah bisnis, mencari supplier yang tepat dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda, karena Anda dapat mendapatkan harga ataupun penawaran yang terbaik sesuai yang Anda inginkan sekaligus bisa melakukan negosiasi pembayaran, meminta diskon ataupun bonus.

Anda dapat menjalin kerjasama atau kemitraan dengan para distributor besar atau importir mainan yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Biasanya para supplier besar tersebut, sudah memiliki website tersendiri untuk memudahkan orang lain dalam pencarian untuk bermitra, di mana kisaran modal antara Rp1 juta hingga Rp5 juta rupiah. Tentunya, hal tersebut harus Anda tentukan sesuai dengan kelas pasar dan target konsumen yang dituju.

Tak hanya itu, ada beberapa supplier yang dapat memberikan pinjam barang sehingga Anda dapat mengembalikan stok yang tidak laku dipasaran dan membayar barang yang telah laku terjual. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis pemula yang hanya memiliki modal kecil.

6. Lakukan Promosi Secara Tepat

Seperti yang kita ketahui, bahwa persaingan bisnis mainan anak cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus menciptakan branding yang efektif, seperti pemilihan nama toko hingga melakukan promodi di media sosial atau bahkan menjualnya di e-commerce untuk mempermudah pembeli yang berada di luar kota.

Untuk menarik kembali pembeli, alangkah baiknya gunakan trik dan tips dalam berdagang, misalnya dengan memberikan harga promosi dan juga potongan harga atau bonus tertentu kepada pembeli pada saat momen tertentu, misalnya dengan memberikan diskon saat kenaikan kelas, natal atau bahkan tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

permainan anak Mainan Anak-anak industri mainan anak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top