Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menantu Peter Sondakh Bangun Kerajaan Properti Senilai Rp3,03 Triliun

Evan Kwee yang jadi menantu Peter Sondakh terus memperluas bisnis properti keluarganya
Evan Kwee dan Claudia Sondakh/instagram
Evan Kwee dan Claudia Sondakh/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Menantu Peter Sondakh, Evan Kwee dikabarkan terus mengerjakan proyek perhotelan mewah dunia, salah satunya di Australia. 

Setelah tujuh tahun perencanaan dan pekerjaan konstruksi dengan biaya sedikitnya US$197 juta atau setara dengan Rp3,03 triliun, Capella Sydney pun akhirnya dibuka pada 13 Maret 2023. 

Capella Sydney, yang memiliki 192 kamar, merupakan bagian dari proyek hotel mewah yang bertempat di dua bangunan batu pasir bersejarah di kawasan pusat bisnis kota Australia.

“Minat untuk membawa merek Capella ke pasar lain tetap kuat,” kata Wakil ketua Capella Hotel Group dan kepala perhotelan dan desain Pontiac Land, Evan Kwee dilansir dari Forbes, Kamis (16/3/2023). 

Evan Kwee yang merupakan putra Kwee Liong Tek, ketua Pontiac Land, mengatakan grup tersebut akan membuka satu hotel di Taipei tahun depan, dengan enam tambahan baru lainnya di Yangyang Korea Selatan, Kyoto dan Osaka Jepang, Nanjing China, Maladewa, sampai Riyadh Arab Saudi pada 2025.

Saat ini, Capella Hotel Group, salah satu unit Pontiac Land, mengelola delapan hotel. Dari jumlah tersebut, Pontiac Land memiliki Capella Singapore, Capella Sydney dan Patina Maldives.

Pada pertengahan 2021, Pontiac Land meluncurkan proyek pengembangan perhotelan seluas 88 hektar di Maladewa. Dipimpin oleh Evan Kwee, fase pertama Kepulauan Fari menelan biaya sekitar US$400 juta atau setara dengan Rp6,1 triliun. 

Pontiac Land adalah salah satu grup properti milik keluarga swasta terbesar di Singapura. Sekarang memiliki lebih dari US$7,4 miliar atau sekitar Rp114,08 triliun dalam aset yang dikelola di seluruh pengembangan perhotelan, penggunaan campuran, komersial dan perumahan yang mencakup Singapura, New York, Sydney, dan Maladewa.

Dengan kekayaan gabungan sebesar US$5,8 miliar ataus ekitar Rp89,4 triliun, Kwee bersaudara— Kwee Liong Keng, Kwee Liong Tek , Kwee Liong Seen dan Kwee Liong Phing — menduduki peringkat ke-10 dalam daftar 50 Orang Terkaya di Singapura yang diterbitkan pada bulan September 2022 lalu. 

Mendiang ayah mereka, Henry Kwee sendiri merupakan seorang pedagang tekstil kaya Indonesia, pindah ke Singapura pada tahun 1958 dan mendirikan Pontiac Land pada tahun 1961.

Evan Kwee adalah wakil ketua Capella Hotel Group dan kepala perhotelan dan desain untuk Pontiac Land.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper