Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mencari Uang Tambahan untuk THR Untuk Rayakan Ramadan

Bagi Anda yang ingin mencari uang tambahan untuk THR, maka bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.
Ide bisnis untuk menambah uang THR
Ide bisnis untuk menambah uang THR

Bisnis.com, JAKARTA - Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan pendapatan yang wajib dibayarkan para pekerja menjelang hari raya tiap agama masing-masing. Umat Islam mendapatkan THR-nya menjelang hari raya Idul Fitri.

Pemerintah Indonesia menetapkan dasar hukum THR melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Pasal 3 angka 2 Permenaker 6/206 menyebutkan bahwa pekerja atau buruh yang mempunyai masa kerja satu bulan diberikan secara proporsional sesuai masa kerja.

Adapun cara untuk mendapatkan uang tambahan menjelang hari raya:

1. Berbisnis makanan buka puasa atau takjil

Ngabuburit menjadi kegiatan yang hampir selalu dilakukan oleh masyarakat ketika bulan puasa. Ngabuburit biasanya mencari makanan atau takjil untuk berbuka puasa. Ketika Ramadan, banyak yang berjualan makanan di manapun, khususnya pinggir jalan. Anda bisa mencoba untuk berjualan juga.

Anda bisa berjualan makanan kecil, seperti es buah, puding, atau lainnya. Carilah produk yang menarik dan memiliki harga terjangkau.

2. Berbisnis daring

Berbisnis daring juga menjadi pilihan dalam menambah uang menjelang hari raya. Bekerja daring bisa dalam bentuk apapun. Saat ini, membuat konten di media sosial adalah salah satu yang populer. Kreator konten mendapatkan pendapatannya dari endorse, promosi berbayar, atau proyek.

3. Berbisnis kue kering

Kue kering, seperti kastangel, nastar, lidah kucing, dan lainnya, hampir ada saat hari raya Idul Fitri. Anda bisa membuka bisnis kue kering dengan sistem pre-order atau langsung hari H Idul Fitri.

4. Berbisnis parsel

Parsel atau hampers biasanya diberikan untuk ucapan selamat saat hari raya. Isi dalam parsel sendiri berbeda-beda tergantung yang memberi. Isi parsel biasanya ada makanan, bahan baku, atau barang pecah belah yang disusun secara rapi dan bagus. Berbisnis parsel dapat menambah pendapatan menjelang hari raya.

5. Ikut dalam kegiatan Ramadan

Kegiatan Ramadan pasti banyak jenisnya, seperti panitia buka bersama atau bazaar Ramadan. Anda bisa mendaftar sebagai panitia dan mendapatkan tambahan pendapatan dari fee dari sana. Selain itu, Anda juga mendapatkan pengalaman dan koneksi jika mengikuti kegiatan-kegiatan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler