Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesalahan Branding, Berisiko Dalam Kegagalan Bisnis

Ada beberapa manfaat memiliki merek yang kuat antara lain peningkatan pengenalan merek hingga sensitivitas harga yang lebih rendah.
Membangun brand perusahaan.
Membangun brand perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Merek pribadi yang Anda miliki merupakan sebuah komponen penting dalam keberlangsungan bisnis Anda. Ketika Anda dapat menampilkan citra yang konsisten, menarik, dan otentik, Anda bisa membangun kredibilitas dan membangun reputasi yang kuat. 

Ada beberapa manfaat dengan memiliki merek yang kuat antara lain peningkatan pengenalan merek, sensitivitas harga yang lebih rendah, pemasaran dari mulut ke mulut yang positif, karyawan yang terlibat, loyalitas pelanggan yang lebih baik, dan efektivitas iklan yang lebih tinggi pada pelanggan.

Namun, akan menjadi hal yang sangat fatal apabila Anda memiliki kesalahan dalam branding.

Dilansir dari enterpreneur.com, berikut adalah kesalahan yang perlu dihindari:

1. Tidak konsisten

Konsistensi adalah elemen penting dalam personal branding. Ketika Anda konsisten terhadap visual, pesan yang ingin disampaikan, dan nilai-nilai lainnya, Anda dapat membangun citra yang jelas dan mudah diingat di benak audiens Anda. sebaliknya, jika pesan dan visual Anda tidak konsisten, akan berisiko membingungkan dan diasingkan oleh audiens Anda.

Untuk itu, perlu dipastikan bahwa Anda menyusun strategi personal branding yang jelas dan konsisten. Hal ini harus mencakup pesan yang selaras dengan nilai-nilai Anda, identitas visual yang konsisten di semua saluran, dan memahami dengan jelas siapa target audiens Anda.

2. Tidak terlibat dengan audiens Anda

Gagal berinteraksi dengan audiens akan berdampak bari personal branding Anda. ketika Anda tidak menanggapi komentar, pertanyaan, atau umpan balik dari audiens Anda, otomatis mereka akan berpikir bahwa Anda tidak tertarik untuk membangun relasi dengan mereka. 

Untuk menghindari hal tersebut,  pastikan Anda secara aktif berinteraksi dengan audiens Anda di semua saluran. Anda dapat membangun relasi dengan cara menanggapi komentar dan pertanyaan, meminta umpan balik untuk meningkatkan brand yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan dapat membangun  kepercayaan dan loyalitas yang akan berdampak bagi bisnis Anda di masa depan. 

3. Tidak menjadi otentik

Keaslian itu penting dalam personal branding. Ketika Anda mencoba menjadi seseorang yang bukan diri Anda, audiens akan dengan mudah melihat bahwa Anda tidak tulus dan tidak dapat dapat dipercaya. Jangan mencoba untuk mempromosikan sesuatu secara berlebihan yang tidak sesuai dengan apa yang Anda miliki. 

Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan Anda bersikap jujur tentang pencapaian dan kekuatan Anda, serta keterbatasan dan kelemahan Anda. Dengan kejujuran, Anda akan dapat membangun kredibilitas dan audiens akan lebih percaya dengan Anda dan bisnis yang Anda jalani. 

4. Tidak berhati-hati

Dalam hal personal branding, tidak memperhatikan konten yang Anda bagikan bisa berdampak pada kehancuran. Mengunggah konten yang tidak pantas atau tidak profesional dapat merusak reputasi Anda.

Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan bahwa Anda memperhatikan konten yang Anda bagikan. Hindari konten yang dapat menyinggung dan tidak selaras dengan personal branding yang Anda bentuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper