Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Jaga Motivasi dan Semangat Kerja Saat Mengelola Bisnis

Sarila Danubrata dan Renato Akbar memberikan tips agar pengusaha pemula bisa terus termotivasi dalam merintis bisnis.
Trip Bisnis/ilustrasi
Trip Bisnis/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai pengusaha, tak jarang kita menghadapi berbagai tantangan dan kegagalan di sepanjang perjalanan. 

Meski harus menghadapi situasi sulit seperti kebangkrutan atau produk yang tidak laku di pasaran. 

Namun, menurut penuturan Sarila Danubrata sebagai pemilik bisnis Bruule sajian spaghetti panggang ada beberapa cara yang dapat membantu Anda tetap bahagia dan termotivasi sebagai pebisnis

“Bisnis itu enggak ada yang mudah, aku mengawali bisnis ini karena di perusahaan sebelumnya mengalami kebangkrutan,” ujarnya pada Bisnis, Selasa (09/5/2023). 

Di sisi lain, pendiri Universa Sajadah pun menyampaikan membangun bisnis bukanlah perkara yang mudah, terutama pada seseorang yang baru memulainya dari nol. 

“Rasa kesepian itu ada, makanya kita perlu sejumlah pegangan,” katanya. 

Berikut bisnis telah merangkum beberapa cara yang bisa diterapkan berdasakan pengalaman dua pendiri bisnis ini, simak ulasannya, 

1. Temukan arti dan visi yang kuat

Salah satu cara terpenting untuk tetap bahagia sebagai pengusaha adalah memiliki tujuan yang jelas dan visi yang kuat.  Menemukan arti dalam apa yang Anda lakukan akan memberikan motivasi dan kepuasan yang mendalam. 

“Sebagai pengusaha ketika kita melewati masa sulit, kita harus identifikasi nilai-nilai inti dan percaya pada visi Anda. Ini bisa memberikan energi untuk bisa termotivasi lagi,” ujar Sarila atau biasa dipanggil Ila. 

Menurutnya, dengan mengingat alasan seseorang memulai perjalanan ini dan apa yang ingin capai dalam jangka waktu yang lebih luas. 

Hal tersebut bisa memberikan gambaran besar akan membantu Anda melihat kegagalan dan tantangan saat ini sebagai bagian dari proses yang normal dan sementara. 

2. Bangun jaringan dan temukan mentor

Menghubungkan diri dengan pengusaha lain dan mencari mentor dapat memberikan dukungan dan motivasi tambahan. Temui orang-orang yang berbagi minat dan ambisi Anda dalam lingkungan bisnis. 

Diskusikan tantangan dan pengalaman Anda dengan mereka, dan jangan ragu untuk meminta saran atau pandangan mereka. Memiliki jaringan dan mentor yang solid dapat memberikan perspektif baru, inspirasi, dan dukungan yang diperlukan dalam menghadapi kesulitan.

3. Ciptakan momen kecil untuk merayakan kesuksesan

Akbar mengatakan, kemungkinan seseorang menghadapi kegagalan dan hambatan sangatlah besar. Sehingga, jangan lupakan untuk merayakan setiap kesuksesan kecil yang dicapai. 

Bekerja sebagai pengusaha membutuhkan ketekunan dan tekad yang kuat. Ketika Anda mencapai target atau mencapai langkah signifikan dalam bisnis Anda, ambil waktu untuk merayakannya. 

“Bisa berupa makan malam bersama teman atau keluarga, berlibur sejenak, atau memberi hadiah pada diri sendiri sehingga makin semangat,” katanya. 

4. Perhatikan keseimbangan hidup dan jaga kesehatan fisik serta mental

Keseimbangan hidup adalah kunci untuk tetap bahagia sebagai pengusaha. Menurutnya, jangan biarkan diri tenggelam sepenuhnya dalam pekerjaan tanpa waktu untuk istirahat atau menikmati kehidupan pribadi. 

Luangkan waktu untuk menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga, tidur yang cukup, dan pola makan yang seimbang. 

Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan mental dengan mengelola stres, bermeditasi, atau menemukan kegiatan yang dinikmati di luar pekerjaan.

5. Bersyukur dan menghargai pencapaian kecil

Terakhir, penting untuk bersyukur dan menghargai pencapaian kecil dalam perjalanan Anda sebagai pengusaha. 

“Dengan bersyukur kita akan selalu merasa tercukupi,” ucap Akbar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper