Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Skill Penting untuk Jadi Orang Kaya

Untuk menjadi orang kaya, ada beberapa skill atau keterampilan yang harus Anda miliki berikut ini
Ilustrasi orang kaya/Istimewa
Ilustrasi orang kaya/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kebanyakan orang ingin hidup nyaman dengan menjadi orang kaya. Uang dan aset lainnya merupakan komponen yang mungkin banyak didambakan.

Miliarder di dunia, termasuk Indonesia, memiliki peringkatnya sendiri, tetapi juga banyak jutawan atau miliarder yang tidak terekspos.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka mengumpulkan kekayaan tersebut dan ingin mengikuti jejaknya. Tiap orang memiliki jalannya sendiri dalam meraih kekayaan.

Dilansir dari New Trader U, berbagai tokoh jutawan atau miliarder membagikan kisah mereka dari awal hingga berada di posisi yang makmur secara finansial.

Banyak keterampilan yang telah menjadikan mereka sebagai orang kaya. Menguasai keterampilan ini dapat membuka jalan bagi siapa pun yang bercita-cita untuk membangun kekayaan yang sama.

Berikut beberapa keterampilan penting untuk dikembangkan jika Anda ingin kaya.

1. Literasi keuangan

Keterampilan pertama merupakan keterampilan dasar untuk membangun kekayaan. Keterampilan ini melibatkan pemahaman bagaimana uang bekerja, termasuk prinsip investasi, pasar keuangan, akuntansi, neraca, dan strategi pajak. Tingkat literasi keuangan yang tinggi memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, seperti tempat berinvestasi, cara mengoptimalkan pengembalian, cara mengoperasikan bisnis, atau cara melindungi kekayaan.

2. Koneksi

Membangun dan memelihara hubungan yang bermanfaat itu penting untuk membangun kekayaan. Bukan hanya mengenal banyak orang, tetapi juga menjalin hubungan dengan orang-orang yang bisa memberikan saran, kemitraan, atau peluang. Kekayaan seringkali datang dari peluang dan peluang seringkali datang dari koneksi.

3. Keahlian menjual

Keahlian menjual meyakinkan orang lain untuk membeli ide, produk, atau layanan yang dimiliki. Menghasilkan kekayaan sering melibatkan penjualan sesuatu. Mereka yang menguasai keterampilan ini dapat menghasilkan nilai yang signifikan. Setiap orang menjual sesuatu sebagai berikut.

- Karyawan menjual nilai mereka kepada atasan mereka.
- Bisnis menjual produk mereka ke pelanggan.
- Politisi menjual janji mereka kepada pemilih.
- CEO menjual keterampilan mereka kepada dewan direksi.
- Perusahaan menjual saham mereka kepada investor.
- Penulis menjual buku mereka kepada pembaca.

4. Pemikiran strategis

Pemikiran strategis melibatkan perencanaan untuk jangka panjang dan membuat keputusan yang akan membawa Anda menuju tujuan akhir. Pemikiran strategis berarti melihat gambaran besar dan menetapkan jalan untuk mencapai visi.

5. Kepemimpinan

Kemampuan untuk menginspirasi dan membimbing orang lain dapat berguna di perusahaan sendiri atau di organisasi tempat Anda terlibat. Pemimpin yang kuat dapat membangun tim berkinerja tinggi, menginspirasi loyalitas, dan membimbing perusahaan menuju kesuksesan finansial.

6. Pengambilan keputusan yang efektif

Pengambilan keputusan secara efektif melibatkan penilaian situasi yang kompleks, menganalisis potensi risiko dan manfaat, dan membuat pilihan terbaik. Membuat keputusan tepat waktu dapat memimpin bisnis menuju kesuksesan dan menghindari kesalahan.

7. Manajemen risiko

Manajemen risiko melibatkan identifikasi, evaluasi, dan mitigasi risiko. Orang kaya sering mengambil risiko yang diperhitungkan untuk menghasilkan pengembalian yang tinggi, tetapi juga tahu bagaimana mengelola risiko ini untuk mencegah kerugian yang sangat besar.

8. Negosiasi

Mencapai kesepakatan agar kedua belah pihak merasa telah mendapatkan sesuatu dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik dan meningkatkan penghasilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper