Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Nadia Habibie, Cucu BJ Habibie yang jadi Staf Luhut Binsar Pandjaitan

Berikut profil singkat Nadia Habibie. Cucu Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang kini menjabat sebagai staf Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Nadia Sofia Putri Dahlia atau Nadia Habibie, cucu Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dok Linkedin.
Nadia Sofia Putri Dahlia atau Nadia Habibie, cucu Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dok Linkedin.

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memperkenalkan cucu dari Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, Nadia Habibie ke publik di acara Indonesia Net Zero-Summit (INZS) 2023 di Djakarta Theater.

Dalam acara yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Menko Luhut kagum terhadap sosok Nadia Habibie atau Nadia Sofia Putri Dahlia yang juga merupakan anak sulung dari Ilham A. Habibie.

Luhut mengaku tidak banyak anak muda seperti Nadia, yang mau putar arah dari pekerjaan sektor swasta (private sector) ke ranah pemerintah.

“Waktu bapaknya [Ilham Habibie] datang ke saya, Pak Ilham bilang ‘Pak Luhut, Nadia pengin kerja di kantornya Pak Luhut’,” kata Luhut bercerita.

Dengan posisi berdiri di samping kiri Menko Luhut, Nadia mendengar runtutan cerita tersebut sambil mengangguk tanda setuju dan mengatakan “Iya” jika dirinya ingin bekerja dengan Menko Luhut.

“Terus saya bilang ‘Eh, Ham [Ilham Habibie], gue nggak bisa gaji mahal-mahal, gaji pemerintah ini berat,” lanjut Menko Luhut.

Lantas, siapa sebenarnya Nadia Habibie, cucu dari Presiden ke-3 RI, BJ Habibie?

Profil Nadia Habibie 

Merujuk pada akun sosial media di LinkedIn, Nadia Sofia Putri Dahlia atau Nadia Habibie bekerja di Kantor Wakil Menteri Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) sejak Januari 2022 hingga sekarang.

Nadia Habibie merupakan lulusan dari University of Chicago dengan menyandang gelar Bachelor of Arts (B.A.) itu berfokus pada ranah electric vehicle (kendaraan listrik) dan transisi energi.

Sebelum memutuskan bekerja di bawah Menko Luhut, Nadia pernah bekerja di perusahaan rintisan (startup) Xendit selama empat tahun, sejak 2017-2022.

Selain itu, Nadia juga pernah menjadi Consultant Relations & Technology Sales Summer Analyst di J.P. Morgan selama tiga bulan.

Untuk jenjang pendidikan, Nadia Habibie merupakan lulusan dari Imperial College Business School dengan gelar Master of Science (MSc).

Di samping itu, Nadia mencantumkan bahwa dirinya pernah menyandang gelar kehormatan dan penghargaan Dean's Award for Pioneering Practical Solutions dari Imperial College Business School pada September 2016. Penghargaan itu diberikan karena mendirikan Imperial College Women in Business (ICWB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper