Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Bisa dikerjakan dari rumah, ini 10 peluang bisnis sampingan yang bisa menghasilkan cuan
Ilustrasi dropshipper
Ilustrasi dropshipper

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini, berbisnis bisa dilakukan dari mana saja. Cukup dengan memanfaatkan internet dan keterampilan, Anda bisa memulai bisnis, bahkan dari rumah.

Berbisnis dari rumah juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang belum memiliki lokasi bisnis sendiri, masih mengumpulkan modal, atau ibu rumah tangga yang harus sering berada di rumah.

Melakukan bisnis sendiri dari rumah juga bisa dilakukan dengan modal sangat kecil, bahkan nol. Jika Anda sedang mencari sumber penghasilan tambahan, atau mau mencoba berbisnis skala kecil, bisnis dari rumah adalah pilihan pertama yang tepat.

Anda cukup menerapkan keterampilan atau bidang keahlian Anda dalam menjalankan bisnis. Selain itu, Anda butuh internet sebagai “tempat” Anda memasarkan produk/jasa Anda.

Melansir Entrepreneur dan Forbes, Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah:

1. Membuka Toko Daring

Jika Anda punya keterampilan dalam merakit sesuatu atau membuat kerajinan tangan, cobalah untuk membuka toko sendiri. Misalnya membuat perhiasan, anyaman, dan seni lainnya. Banyak marketplace tersedia secara daring dan Anda bisa membuka akun toko Anda di sana. Selanjutnya, Anda perlu mempromosikan produk di media sosial.

2. Menjadi Afiliasi

Menjadi afiliasi artinya Anda mempromosikan produk milik orang lain. Ini bisa Anda terapkan jika Anda memiliki blog atau akun media sosial yang aktif.

Anda cukup membuat tulisan atau unggahan tentang suatu produk dan rekan pemilik produk akan memberikan keuntungan bagi Anda. Saat ini, marketplace juga membuka program afiliasi, contohnya Shopee Affiliate.

3. Kerja Lepas

Freelance atau freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat waktu, hanya bekerja untuk satu atau beberapa proyek tertentu saja.

Anda bisa mengatur kapan Anda bekerja dan berapa lama durasinya. Biasanya, kerja lepas ini memanfaatkan keterampilan industri seperti penulisan konten, desain grafis, dan programming.

4. Membuka Jasa Penitipan Anak

Jika Anda punya banyak waktu luang, rumah yang luas, dan suka anak-anak, Anda bisa mencoba membuka jasa penitipan anak di rumah.

Jasa ini dibutuhkan oleh para orang tua yang harus bekerja. Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa pada teman dan keluarga dekat Anda.

5. Merilis Podcast

Podcast adalah jenis siaran pribadi yang populer belakangan ini, terlebih setelah kebijakan pembatasan sosial pada masa pandemi. Namun, sampai sekarang, banyak podcast yang masih bertahan dan memiliki pendengar. Jika Anda senang bercerita, cobalah untuk menyalurkannya dengan podcast.

Tidak perlu peralatan mahal, cukup rekam dengan ponsel dan unggah di aplikasi streaming.

6. Manajer Media Sosial

Pekerjaan ini hanya memerlukan gawai dan internet. Anda hanya diminta untuk mengelola akun media sosial dan mengembangkan audiens.

Jasa ini dibutuhkan oleh perusahaan atau pemilik usaha yang hendak melakukan promosi di media sosial.

7. Asisten Virtual

Menjadi asisten berarti membantu pebisnis dan eksekutif lain menjalankan tugas hariannya. Seorang asisten biasa dibutuhkan untuk menjadwalkan tugas, rapat, menulis artikel, mengelola media sosial, dan mengatur perjalanan.

Tugas ini memerlukan kemampuan organisasi dan manajemen yang baik tapi bisa dilakukan sepenuhnya dari rumah. Anda hanya perlu siaga saat dibutuhkan.

8. Membuka Kelas Daring

Jika Anda memiliki keahlian tertentu dan bisa mengajar, sebaiknya Anda memanfaatkan kemampuan itu untuk membuka kelas daring.

Ada banyak jenis kelas yang dibutuhkan orang-orang, mulai dari kelas yoga, kursus bahasa, kursus pelajaran sekolah, persiapan tes, dan yang lain-lain. Untuk menjangkau calon siswa Anda, promosikan kelas ke komunitas seperti Udemy dan LinkedIn.

9. Menjadi Dropshipper

Berbeda dari afiliasi, menjadi dropshipper artinya Anda menjadi pihak yang memasarkan dan mengelola transaksi jual-beli. Namun, produk akan dikirimkan langsung oleh distributor grosir ke pembeli tanpa melalui Anda.

Anda juga berperan dalam memasang harga yang bisa diterima pasar dan mempromosikannya di internet.

10. Layanan Manajemen Penginapan

Pekerjaan ini dibutuhkan terutama di daerah lokasi wisata. Tugas layanan manajemen adalah mengelola data pengunjung, check-in dan check-out, kebersihan, dan memonitor ulasan.

Beberapa pekerjaan juga bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah, terutama untuk penginapan yang menyediakan check-in mandiri, dan outsourcing kebersihan ke layanan profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper