Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

Untuk menambah penghasilan bulanan, kamu bisa mencari ide bisnis sampingan di sini.
Ilustrasi bisnis sampingan
Ilustrasi bisnis sampingan

Bisnis.com, JAKARTA - Side hustle atau pekerjaan sampingan saat ini memang menjadi incaran banyak orang. Dengan adanya internet dan kemajuan teknologi, semakin banyak pilihan side hustle yang bisa dipilih tanpa modal besar.

Namun, tidak semua side hustle bisa menghasilkan uang cepat. Ada beberapa side hustle yang membutuhkan waktu dan usaha lebih untuk bisa menghasilkan uang. 

Pengalamannya ini pun didokumentasikan oleh sosok Ryan yang merupakan pekerja full time dan memiliki dua anak. 

"Saya terjebak dalam lubang side hustle. For You Page (FYP) TikTok saya hanya berisi side hustle dan side hustle. Jadi saya sudah mencoba itu satu persatu," kata Ryan dikutip dari Insider,  Senin (8/5/2023)

Sayangnya berdasarkan ide-ide yang dia lihat di internet, Ryan mengaku mengalami kesulitan dalam memilih side hustle yang tepat. 

Melalui akun TikTok-nya @sidehustlereview, dia pun merangkum sederet pekerjaan sampingan yang mampu menghasilkan uang dengan waktu yang cepat. 

Side Hustle yang Hasilkan Cuan secara Instan 

1. User Generated Content

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

UGC adalah ketika merek atau perusahaan meminta pengguna atau konsumen untuk membuat konten untuk mereka, seperti foto atau video produk, yang kemudian dapat digunakan sebagai iklan atau diposting di halaman media sosial merek. 

Dalam kasus Ryan, dia menghasilkan uang dengan membuat dan memberikan konten UGC kepada merek tertentu. UGC sendiri bisa berupa tulisan, foto, atau video yang diunggah ke platform tertentu, seperti media sosial atau website.

“Saya memberikan foto ketika saya menggunakan sepatu suatu brand tertentu, hasilnya saya dibayar sebesar US$15 atau Rp220.912 sekaligus menerima produk senilai sekitar US$60 atau Rp883.650,”katanya. 

Ada dua jenis UGC: organik, yang diposting di halaman merek untuk meningkatkan jumlah pengikut; dan media berbayar, yang diluncurkan sebagai iklan untuk menciptakan penjualan. 

Ryan mengatakan orang yang suka mengambil foto dan mampu berbicara di depan kamera dapat mempertimbangkan UGC sebagai pilihan bisnis sampingan dengan modal yang sedikit.  

2. Affiliate Marketing 

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

Meskipun Ryan berhasil menghasilkan uang dengan UGC, namun itu bukan satu-satunya side hustle yang menarik minatnya. 

Dia juga tertarik pada affiliate marketing karena memiliki potensi besar untuk menghasilkan pendapatan pasif. Akan tetapi, Ryan menyadari affiliate marketing memerlukan usaha yang lebih besar dalam hal upaya dan membangun komunitas. 

Ryan menyarankan agar orang-orang yang tertarik untuk memfokuskan konten pada niche yang mereka sukai dan menjadi passion mereka.

3. Virtual Assistant

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

Dia pun merekomendasikan menjadi virtual assistant atau asisten virtual adalah seseorang yang bekerja dari jarak jauh dan memberikan dukungan administratif, kreatif, atau teknis kepada klien mereka. 

Sebagai contoh, tugas-tugas seorang virtual assistant bisa termasuk menjawab email, menjadwalkan janji, mengatur perjalanan, mengelola akun media sosial, mengedit dokumen, dan banyak lagi.

Menurutnya, menjadi seorang virtual assistant bisa menjadi pilihan yang menarik karena dapat dilakukan dari rumah atau di mana saja dengan menggunakan komputer dan internet. 

Dengan keterampilan dan pengalaman yang tepat, seseorang dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang signifikan.

Side Hustle yang Sulit Hasilkan Cuan

1. Fotografer 

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

Shutterstock bukanlah side hustle yang disarankan, karena platform ini lebih berfokus pada fotografer atau kreator konten yang sudah berpengalaman dan memiliki portofolio karya yang sudah terverifikasi. 

Pasalnya, shutterstock memiliki persyaratan dan standar kualitas yang ketat untuk karya yang diunggah ke platform mereka, dan persaingan di platform tersebut sangat ketat.

2. Jasa Voice Over

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

Ryan juga tidak merekomendasikan jasa voice over sebagai side hustle yang cocok untuk orang awam yang belum memiliki pengalaman atau keterampilan dalam bidang tersebut. 

Hal tersebut lantaran, jasa voice over memerlukan keterampilan dan keahlian yang spesifik, serta perlengkapan teknis yang cukup mahal seperti microphone, audio interface, dan perangkat lunak editing audio. 

3. Youtube

Sederet Bisnis Sampingan Banjir Cuan Versi TikTokers

Dia pun mengatakan YouTube bukan side hustle yang tepat untuk sebagian orang. 

Berdasarkan pengalamannya, dia tidak menghasilkan uang apapun ketika memulai saluran musik yang menggunakan AI untuk membuat musik dan seni untuk video. 

Ryan mencatat dalam satu video bahwa ini bukanlah side hustle yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan cepat karena Anda membutuhkan 1.000 pelanggan dan juga 4.000 jam ditonton dalam satu tahun terakhir atau 10 juta tampilan dalam 90 hari terakhir dari YouTube Shorts publik terlebih dahulu. 

"Walaupun YouTube memiliki potensi besar. Namun, saya tidak akan merekomendasikannya kepada siapa pun untuk membuat Youtube dan mengandalkan konten AI demi mendapatkan uang dengan cepat,” jelasnya. 

Meski Ryan mendapat begitu banyak pesan pribadi yang berisi ucapan terimakasih dari ratusan followersnya. Akan tetapi, Ryan menyadari side hustle tidak selalu cocok untuk semua orang. 

“Ada beberapa cara lain untuk meningkatkan penghasilan di luar side hustle seperti mengelola anggaran pribadi dengan lebih baik dan mencari cara untuk memotong pengeluaran, meminta kenaikan gaji, atau mencari pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper