Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kerja Sampingan yang Menghasilkan Uang Banyak, Bisa Online!

Simak beberapa daftar kerja sampingan yang bisa kamu lakukan di waktu senggang, dan ada yang bisa dilakukan secara online.
10 Kerja Sampingan yang Menghasilkan Uang Banyak, Bisa Online!/Freepik.
10 Kerja Sampingan yang Menghasilkan Uang Banyak, Bisa Online!/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini ada banyak jenis kerja sampingan online bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Adanya internet memunculkan berbagai usaha sampingan online dengan jam kerja fleksibel yang dapat disesuaikan dengan jadwal pekerjaan utama kamu. 

Terbatasnya lapangan pekerjaan sepertinya bukan lagi alasan untuk tidak memiliki penghasilan. Karena kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan, ada banyak sekali peluang kerja online tanpa modal yang mengandalkan skill dan pengetahuan memadai tentang internet.

Berikut ini adalah beberapa kerja sampingan yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Dropship online shop

Menggunakan sistem dropship, kamu bisa menjual aneka barang di internet tanpa harus mengeluarkan uang atau memiliki stok barang. Karena biasanya sistem jual beli dropship hanya meminta penjual untuk menjual foto dan deskripsi barang. Jika ada yang tertarik, penjual hanya perlu melakukan pemesanan ke distributor dan barang pun siap dikemas lalu dikirim langsung ke pembeli.

2. Content writer

Selain menjadi penerjemah, profesi online lain yang tidak perlu memiliki modal dan mengandalkan keterampilan berbahasa (dalam hal ini menulis) adalah penulis konten, content writer, atau freelance writer (penulis lepas). Untuk kerja sampingan ini, kamu hanya perlu menulis artikel atau konten sesuai kebutuhan klien. Jika beruntung bukan tidak mungkin kamu mendapat job dari klien asing dan menghasilkan uang dalam bentuk dolar.

3. Penerjemah 

Di era pasar bebas ini, orang dengan keahlian berbahasa sangat dibutuhkan. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk jadi kerja sampingan. Apalagi kalau kamu punya kemampuan berbahasa asing lebih dari dua. Pasang iklan untuk kamu mempromosikan diri sebagai penerjemah. Acuan harga untuk penerjemah dari Himpunan Penerjemah Indonesia tahun 2016 saja, Rp160 ribu per lembar dengan 250 kata.

4. Jasa konsultan 

Selain menjual barang, kamu juga bisa memilih ide kerja sampingan online tanpa modal dengan cara menawarkan jasa konsultasi. Bidang yang dikonsultasikan pun beragam, tergantung keahlian dan latar belakang pendidikan kamu. Beberapa jasa konsultan yang biasanya bisa dilakukan secara online adalah konsultan kesehatan, keuangan, atau psikologi.

5. Program affiliate

Saat ini ada banyak sekali produk yang menawarkan program afiliasi atau affiliate. Affiliate adalah salah satu strategi digital marketing di mana seseorang mendapatkan komisi ketika terjadi pembelian pada link produk yang diiklankan. Strategi semacam ini belakangan banyak digunakan oleh marketplace seperti Shopee untuk meningkatkan penjualan.

6. Bisnis katering

Bisnis katering atau menjalankan usaha makanan rumah bisa menjadi pilihan bagi yang sedang mencari sampingan pekerjaan. Lebih menguntungkan lagi, kerja sampingan ini bisa dijalankan di rumah. Terutama bagi yang tinggal di kawasan pendidikan atau perkantoran. Kita tidak perlu kesulitan lagi mencari pelanggan.

7. Membuka jasa jahit

Punya hobi atau kebiasaan menjahit? Duh, jangan disia-siakan keterampilan ini. Luangkan waktu untuk menambah keahlian menjahit, dan mulai buka usaha kecil-kecilan. Kamu bisa manfaatkan dengan menerima jahitan dari rekan sekantor atau tetangga di sekitar rumah. Lebih bagus lagi jika kamu ada spesialisasi khusus, misalnya menjahit kebaya, jas, atau baju pengantin. 

8. Usaha laundry 

Sama seperti menjalankan usaha katering, bagi yang menjalankan usaha ini di tengah kawasan pendidikan atau perkantoran bisa mengantarkan untung yang menjanjikan. Mahasiswa dan para pekerja kantoran biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaian, dan memilih untuk menggunakan usaha laundry. Dari hal ini pemasukan tambahan akan mengalir setiap bulannya.

9. Fotografer atau videographer

Kemampuan fotografi dan videografi yang dimiliki juga bisa diarahkan untuk jasa dokumentasi kegiatan. Yang paling ramai dilakukan adalah jasa dokumentasi pernikahan, atau wedding documentation. Ditambah, uang yang didapatkan dalam menjalankan bisnis dokumentasi pernikahan lumayan tinggi. Terutama jika kualitas foto dan video yang dihasilkan sangat memuaskan, hal ini bisa menaikan daya tawar kita.

10. Jasa pembuatan website

Membuat website merupakan pekerjaan yang tidak mudah, kita akan berhubungan dengan coding dan bahasa komputer lainnya. Bagi yang memiliki kemampuan membuat website, bisa menjadikan kerja sampingan online tanpa modal sebagai ladang untuk mendapatkan pemasukan tambahan setiap bulannya. Sebab, lowongan kerja sampingan online di rumah satu ini terbilang menjamur alias banyak dibutuhkan.

Itulah beberapa rekomendasi kerja sampingan yang bisa kamu kerjakan secara online juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper