Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Perusahaan Pembuat Pesawat Terbesar di Dunia

Dari Fortune 500 hingga Northrop Grumman Corporation, ini 5 perusahaan pembuat pesawat terbang terbesar di dunia
Boeing 737-8. /Boeing
Boeing 737-8. /Boeing

Bisnis.com, JAKARTA – Sama seperti industri otomotif, manufaktur pesawat terbang adalah bagian yang berkembang pesat dalam perdagangan global.

Tidak seperti raksasa industri mobil, produsen pesawat terbang sebagian besar tidak dikenal oleh masyarakat umum karena biasanya tidak relevan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Tapi, merekalah yang merakit dan membuat pesawat terbang yang kita gunakan sehari-hari saat 

Dilansir dari laman Insider Monkey, berikut 5 perusahaan manufaktur pesawat terbesar di dunia

1. Perusahaan Industri Penerbangan China 

Pendapatan 2022: US$79 miliar

Perusahaan Industri Penerbangan China adalah perusahaan Fortune 500 yang dimiliki oleh pemerintah China dan berkantor pusat di Beijing, China.

Memiliki lebih dari 100 anak usaha, perusahaan ini memproduksi semua jenis pesawat terbang, mulai dari pesawat terbang, jet tempur, pesawat angkut, kendaraan udara tak berawak, pesawat pengebom, patroli maritim, dan pesawat perang elektronik.

2. The Boeing Company (NYSE:BA)

Pendapatan 2022: US$66 miliar

The Boeing Company (NYSE: BA) adalah raksasa manufaktur jet tempur dan komersial. Pesawat penumpangnya dapat mengangkut ratusan penumpang, dan divisi militernya membuat jet tempur mematikan seperti F/A-18.

3. Lockheed Martin Corporation (NYSE:LMT)

Pendapatan 2022: US$65,9 miliar

Lockheed Martin Corporation (NYSE: LMT) adalah produsen pesawat jet tempur yang memproduksi beberapa jet paling terkenal dalam portofolionya.

F-16 Fighting Falcon adalah pesawat yang paling banyak digunakan di dunia dan F-22 Raptor adalah jet tempur generasi kelima terkemuka di dunia.

4. Airbus SE (EPA: AIR.PA)

Pendapatan 2022: US$62,17 miliar

Airbus SE (EPA: AIR.PA) adalah salah satu produsen pesawat terbang terbesar di dunia. Jet penumpangnya dapat mengangkut penumpang mulai dari 108 hingga 853 orang. Perusahaan ini juga membuat dan menjual pesawat tanker untuk pengisian bahan bakar jet tempur.

Selain itu, Airbus SE (EPA: AIR.PA) juga memiliki joint venture (perusahaan patungan) untuk memproduksi Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, ATR, dan Panavia Tornado.

5. Northrop Grumman Corporation (NYSE:NOC)

Pendapatan 2022: US$36 miliar

Northrop Grumman Corporation (NYSE: NOC) adalah kontraktor pertahanan Amerika yang telah memproduksi pesawat terbang selama hampir satu abad.

Saat ini, perusahaan ini membuat dan menjual berbagai macam pesawat seperti jet tempur, pesawat pengebom dengan teknologi siluman, pesawat pengangkut kargo, pesawat tanpa awak (UAV), dan pesawat tempur supersonik. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler