Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanda-Tanda Pekerjaan Anda Tidak Sesuai dengan Kepribadian

JIka pekerjaan Anda tidak sesuai dengan kepribadian, berikut tanda-tandanya yang harus Anda sadari
Ilustrasi/Briozone
Ilustrasi/Briozone

Bisnis.com, JAKARTA - Lelah karena pekerjaan adalah hal yang wajar bagi semua orang. Namun, Anda yang lelah karena pekerjaan bisa didasari berbagai faktor, seperti ketidaksesuaian kepribadian dengan pekerjaan tersebut.

Pekerjaan dan kepribadian dapat memiliki hubungan yang erat karena berbagai alasan. Jika memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, Anda bisa menjadi lebih termotivasi, lebih terampil, lebih sejahtera, dan lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kepribadian Anda cocok dengan pekerjaan yang dilakukan?

Dilansir dari Hack Spirit, berikut adalah tanda-tanda pekerjaan tidak sesuai dengan kepribadian Anda.

1. Tidak mengikuti hasrat

Seseorang yang tidak memiliki minat pada pekerjaannya bisa menjadi salah satu tanda kepribadiannya tidak cocok dengan pekerjaan. Minat tidak harus unik atau sangat menarik bagi saya atau orang lain, tetapi harus menjadi sesuatu yang membuat Anda benar-benar terpesona dan unggul. Ketika Anda suka melakukannya dan juga bisa menggunakan keahlian Anda, itu bisa memaksimalkan kinerja.

2. Kurang memanfaatkan keterampilan

Terkadang, pekerjaan yang tidak cocok membuat keahlian Anda tidak benar-benar digunakan. Anda mungkin dibayar dengan baik dengan jam kerja yang adil, tetapi masih merasa tidak menggunakan keterampilan. Pekerjaan membuat bosan dengan tugas-tugas berulang yang tidak menantang kecerdasan atau kreativitas dengan cara apa pun.

3. Lingkungan kerja yang tidak bersahabat

Tidak semua pekerjaan bisa menjadi tempat yang ramah dan bersahabat, tetapi itu sebenarnya bisa menjadi hal yang baik. Anda mungkin mengalami pertumbuhan dalam pengetahuan atau ketangguhan Anda di bawah atasan dan kolega yang kurang cocok kepribadiannya. Namun, jika lingkungan kerja Anda menjadi beracun hingga benar-benar merasa diintimidasi atau tidak lagi termotivasi, inilah saatnya untuk pergi.

4. Pekerjaan tidak sesuai dengan ambisi

Ketika tidak ada lagi peluang untuk berkembang dalam pekerjaan, bisa jadi itu adalah sebuah tanda. Jika Anda memiliki kepribadian yang mencari rutinitas dan stabilitas serta tidak ingin melakukan banyak perubahan vertikal dalam karier, ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda. Namun, jika Anda ambisius dan ingin sering berpindah-pindah dalam karier, pekerjaan yang tidak memberi Anda ruang untuk berkembang adalah tempat yang salah.

5. Masa depan perusahaan tidak sejalan dengan rencana masa depan

Pasti Anda memiliki rencana tahun depan bahkan sepuluh tahun ke depan. Perusahaan atau pekerjaan Anda tidak sejalan dengan Anda mungkin bisa dilihat ketika mereka tidak berpikiran maju dan ambisius atau bahkan terlalu ambisius. Perkembangan menuju ke arah yang berlawanan dengan tujuan Anda atau gaya hidup yang ingin dijalani sudah tentu cenderung tidak sesuai dengan Anda.

6. Pekerjaan bertentangan dengan etika atau nilai-nilai inti yang Anda miliki

Contoh mudahnya adalah korupsi. Anda adalah orang yang jujur, tetapi ketika menemui hal ini di lingkup pekerjaan Anda, itu bisa merusak kecocokan Anda dengan pekerjaan. Jika pekerjaan Anda bertentangan dengan apa yang diperjuangkan dan pedulikan, inilah saatnya untuk keluar dari pekerjaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper