Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Tips Agar Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Olahraga dan aktivitas fisik lainnya tidak akan membuat masalah atau stres Anda hilang.
Ilustrasi/Popsugar
Ilustrasi/Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA – Merasa bahagia di tempat kerja bisa menjadi hal yang penting untuk berbagai alasan, termasuk meningkatkan kesehatan mental, produktivitas, dan reputasi Anda.

Jika Anda bekerja penuh waktu, kantor adalah salah satu tempat di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dalam seminggu, sehingga mengembangkan pola pikir positif di sana dapat bermanfaat bagi Anda.

Mempelajari berbagai cara agar bisa bahagia di tempat kerja dapat membantu Anda berkembang secara pribadi dan profesional.

Ini tips untuk menemukan kebahagiaan di tempat kerja:

1. Berolahraga

Olahraga dan aktivitas fisik lainnya tidak akan membuat masalah atau stres Anda hilang, tetapi akan mengurangi intensitas emosional dan memberi Anda ruang mental untuk memilah-milah masalah serta membuat Anda tetap bugar secara fisik.

2. Pelajari keterampilan baru

Menjaga agar tetap "aktif secara kognitif" sangat penting untuk kesejahteraan psikologis dan mental, serta dapat memberikan peluang baru dalam hal pengembangan karier Anda.

Anda bisa mencoba untuk mengembangkan keterampilan baru atau pelajari hobi baru. Memiliki kesibukan di luar pekerjaan juga penting untuk kesehatan emosional dan mental Anda.

3. Beristirahatlah sejenak

Meskipun Anda sibuk, penting untuk mengambil waktu istirahat sejenak agar tidak terlalu stres. Anda bisa mengambil waktu untuk beristirahat selama 10 menit di antara setiap tugas utama. 

Istirahat dapat berupa berjalan-jalan di sekitar gedung atau melakukan peregangan di meja kerja Anda.

4. Ucapkan terima kasih

Basa-basi yang umum, seperti mengucapkan terima kasih, dapat membuat perbedaan besar dalam interaksi Anda sehari-hari di tempat kerja. 

Ketika Anda mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja Anda, hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan pengetahuan mereka. Hal ini juga dapat dapat berkontribusi pada hubungan yang lebih kuat antara Anda dan rekan kerja Anda.

5. Mendekorasi ruang kerja

Ruang kantor atau meja kerja yang mencerminkan kepribadian Anda dapat membuat Anda merasa bahagia. Anda dapat menaruh foto, tanaman atau benda lain yang Anda sukai. 

Benda-benda pribadi ini juga dapat membantu Anda untuk rileks dan merasa lebih nyaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas Anda.

6. Mengambil cuti

Jika Anda mendapatkan cuti berbayar, cobalah untuk menggunakannya setiap tahun. Anda bisa mengalokasikan waktu untuk berlibur jauh dari kantor. 

Meskipun Anda hanya menjelajahi kota tempat Anda tinggal, ini bisa menjadi waktu istirahat yang menyenangkan dari rutinitas kerja, dan Anda bisa kembali dengan perasaan segar dan bahagia. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper